Sukses

10 Cara Atasi Canggung Hadapi Lawan Jenis, Cobalah Berbasa-Basi

Beberapa cara perlu dipelajari untuk mengatasi rasa canggung dan grogi pada lawan jenis.

Liputan6.com, Jakarta Pertemuan dengan lawan jenis sering kali bisa menjadi momen yang penuh dengan ketegangan dan rasa canggung, terutama bagi mereka yang tidak terbiasa berinteraksi dalam konteks sosial tersebut. Situasi ini dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman dan sulit untuk menemukan kata-kata yang tepat.

Rasa canggung ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perasaan gugup, ketidakpastian, atau bahkan ekspektasi yang terlalu tinggi terhadap pertemuan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk memiliki strategi yang efektif agar interaksi dapat berlangsung lebih lancar dan menyenangkan.

Apa saja cara yang bisa kita coba untuk mengatasi rasa canggung saat bertemu lawan jenis? Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Bangun kepercayaan diri

Dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri, kamu perlu melakukan beberapa hal. Misal kamu bisa membaca buku atau mendengarkan podcast yang membahas tentang percintaan. Dengan cara ini, kamu dapat memperoleh pengetahuan yang lebih luas dan memotivasi diri untuk meningkatkan kepercayaan diri. 

3 dari 11 halaman

2. Terapkan pengaruh pikiran positif

Pelajari cara menggunakan afirmasi harian dan pengaruh pikiran positif. Hal ini membutuhkan kerja keras, tetapi kekuatan untuk mengubah rasa malu menjadi percaya diri bisa datang hanya dengan mengatakan hal-hal kepada diri sendiri setiap hari, seperti “Aku menyukai diriku sendiri” atau “Aku seorang pemenang”.

4 dari 11 halaman

3. Kesan pertama

Mungkin kamu sering lupa memperhatikan pepatah umum lainnya, yaitu ‘Jangan menilai buku dari sampulnya’. Seringkali kesan pertama terhadap orang lain berubah seiring berjalannya waktu seiring semakin dalamnya ikatan dan kamu mungkin terkejut dengan kualitas dan sifat lain yang mereka miliki, yang mungkin tidak terlihat pada interaksi awal. 

5 dari 11 halaman

4. Berikan pertanyaan

Mungkin kamu berada dalam percakapan yang canggung karena sebenarnya tidak tahu apa-apa tentang lawan bicaramu. Dalam situasi seperti ini, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan untuk mencoba menemukan minat bersama yang dapat berubah menjadi percakapan. 

6 dari 11 halaman

5. Mencari kompromi

Terkadang percakapan menjadi canggung karena perbedaan pendapat. Dalam situasi seperti ini, selalu berusaha mencari kompromi. Latihlah empati terhadap orang lain, dan cobalah memahami cara dia memandang situasi secara berbeda darimu. Dengan melakukan hal ini, Sahabat Fimela bisa menerima sudut pandang orang lain tanpa harus mengubah sudut pandangmu.

7 dari 11 halaman

6. Temukan humor

Jika percakapan terasa canggung, pertimbangkan untuk melakukan sesuatu untuk meringankan suasana. Sahabat Fimela dapat melakukan ini dengan menceritakan lelucon atau cerita lucu, mengolok-olok diri sendiri, atau menemukan humor dalam situasi tersebut. Menjaga suasana hati tetap ringan akan membantumu mencairkan suasana dan memajukan percakapan. 

8 dari 11 halaman

7. Latihan di depan cermin

Melatih percakapan dalam skenario sosial di mana seseorang biasanya mengalami kebuntuan atau blank dapat menjadi langkah untuk mengatasi rasa kurang percaya diri. Kamu tidak bisa mengharapkan perubahan dalam semalam, namun teknik ini telah terbukti membantu meningkatkan rasa percaya diri. Saat kamu berlatih menjadi percaya diri, hal itu akan segera menjadi kebiasaan.

9 dari 11 halaman

8. Berlatih dengan orang-orang terdekat

Kamu dapat mengatasi rasa takut berinteraksi dengan memulainya bersama anggota keluarga, sepupu, atau kerabat yang membuatmu merasa nyaman dan kemudian beralih ke kenalan, sampai kamu merasa bahwa telah mencapai tingkat kepercayaan di mana kamu dapat mendekati orang asing. Mengenal seseorang secara mendalam dari lawan jenis dalam keluarga mungkin akan mengungkap kekhawatiran kita tentang hal yang sama.

10 dari 11 halaman

9. Jangan Takut dengan Keheningan

Keheningan dalam percakapan adalah hal yang wajar. Cobalah untuk tidak merasa tertekan dengan momen hening dan gunakan sebagai kesempatan untuk berfokus pada hal lain. Dengan demikian pikiranmu akan tenang untuk mencari topik obrolan yang pas dengan lawan jenis.

 

 

11 dari 11 halaman

10. Berpikir tentang Tujuan Obrolan

Alihkan fokus dari perasaan canggung dengan memikirkan tujuan pertemuan dan obrolan. Apakah kamu ingin menjalin hubungan, berdiskusi, atau hanya bersenang-senang? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu dapat lebih mudah mengarahkan percakapan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.