Sukses

Memahami 5 Jenis Love Languages, Begini Cara Identifikasinya

Menurut Gary Chapman, Ph.D., penulis buku The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts, ada lima jenis bahasa cinta yang mendasari cara kita berkomunikasi tentang cinta.

Liputan6.com, Jakarta Konsep love languages atau bahasa cinta mengacu pada cara-cara spesifik di mana seseorang mengekspresikan dan menerima cinta. Konsep ini tidak hanya berlaku dalam hubungan romantis, tetapi juga dalam interaksi antara orang tua dan anak, kakak dan adik, serta di antara sahabat.

Menurut Gary Chapman, Ph.D., penulis buku The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts, ada lima jenis bahasa cinta yang mendasari cara kita berkomunikasi tentang cinta. Bahasa-bahasa cinta ini meliputi,  words of affirmation (kata-kata afirmasi), quality time (menghabiskan waktu bersama), physical touch (sentuhan fisik), acts of service (tindakan pelayanan), and receiving gifts (menerima hadiah)., 

Mengenal  love anguages dan mengungkapkannya dengan cara yang sesuai dengan preferensi mereka dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan saling menghargai. Menurut terapis pernikahan dan keluarga Sunny Motamedi, Psy.D., setiap orang mungkin berhubungan dengan lebih dari satu bahasa cinta, tetapi biasanya ada satu bahasa cinta utama yang paling beresonansi dengan individu tersebut.

Berikut ulasan lebih lanjut tentang jenis-jenis love languages yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Words of Affirmation

Love languages words of affirmation melibatkan pengungkapan kasih sayang melalui kata-kata. Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini, kata-kata yang mendukung, memuji, dan menyatakan rasa cinta sangat berarti. Ini termasuk ungkapan verbal seperti "Aku mencintaimu," pujian, ucapan terima kasih, dan dorongan positif.

Untuk mengaplikasikan bahasa cinta ini, Anda bisa secara rutin mengungkapkan perasaan Anda secara lisan. Berikan pujian yang tulus dan spesifik, seperti memuji pencapaian pasangan atau mengungkapkan rasa terima kasih atas hal-hal kecil yang mereka lakukan. Pesan teks atau catatan kecil juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengungkapkan kasih sayang. 

2. Quality Time

Love language quality time berfokus pada mendedikasikan waktu dan perhatian penuh kepada orang terkasih. Orang yang mengutamakan bahasa cinta ini merasa paling dicintai ketika pasangan mereka secara aktif ingin menghabiskan waktu bersama tanpa gangguan.

Untuk menerapkan bahasa cinta ini, penting untuk memberikan perhatian penuh selama waktu yang dihabiskan bersama. Ini berarti menghindari gangguan seperti ponsel atau televisi dan fokus pada komunikasi yang mendalam dan kegiatan bersama yang berarti. Kontak mata dan keterlibatan aktif dalam percakapan atau aktivitas bersama sangat penting dalam bahasa cinta ini.

3 dari 4 halaman

3. Acts of Service

Love languages act of service melibatkan menunjukkan kasih sayang melalui tindakan yang membantu atau meringankan beban pasangan. Ini bisa berupa tugas-tugas sehari-hari atau bantuan dalam situasi yang membutuhkan perhatian.

Untuk menggunakan bahasa cinta ini, Anda perlu secara aktif mencari cara untuk membantu pasangan dan meringankan beban mereka. Tindakan kecil seperti membuatkan kopi di pagi hari atau mengambilkan laundry adalah contoh konkret dari bahasa cinta ini. 

4. Receiving Gifts

Love languages receiving gift melibatkan memberikan simbol-simbol cinta dalam bentuk barang atau hadiah. Bagi orang dengan bahasa cinta ini, hadiah bukan hanya tentang nilai materi tetapi lebih pada makna dan usaha yang terkandung di dalamnya.

Dalam bahasa cinta ini, penting untuk memilih hadiah yang berarti dan mencerminkan nilai-nilai atau minat pasangan. Proses pemberian hadiah, mulai dari pemilihan hingga pemberian, adalah aspek yang sangat dihargai. Ini menunjukkan perhatian terhadap apa yang penting bagi pasangan.

5. Physical Touch

Love languages physical touch melibatkan ungkapan kasih sayang melalui kontak fisik. Ini bisa berupa pelukan, ciuman, atau sekadar berpegangan tangan. Bagi mereka yang memiliki bahasa cinta ini, sentuhan fisik sangat penting dalam menciptakan rasa kedekatan emosional.

Untuk menerapkan bahasa cinta ini, Anda perlu secara aktif menunjukkan kasih sayang melalui sentuhan fisik. Sentuhan dapat meningkatkan koneksi emosional dan memberikan rasa hangat dan nyaman. Selalu pastikan bahwa sentuhan dilakukan dengan persetujuan dan kenyamanan pasangan.

4 dari 4 halaman

Mengidentifikasi Love languages

Mengidentifikasi Love languages Anda dan pasangan sangat penting untuk memastikan bahwa kasih sayang Anda tersampaikan. Konsep bahasa cinta, yang diperkenalkan oleh Gary Chapman dalam bukunya The 5 Love Languages: The Secret to Love That Lasts, mengklasifikasikan cara kita mengekspresikan dan menerima cinta menjadi lima kategori. Berikut adalah cara untuk mengidentifikasi Love languages.

1. Words of Affirmation

Ciri-ciri

  • Anda merasa bahagia dan dihargai ketika mendengar ungkapan seperti "Aku mencintaimu" atau pujian dari pasangan.
  • Anda menghargai saat pasangan mengakui dan memuji usaha atau pencapaian Anda, baik yang besar maupun kecil.
  • Detail kecil, seperti perubahan penampilan atau usaha yang Anda lakukan, mendapatkan perhatian khusus dan pujian dari pasangan membuat Anda merasa diperhatikan.

Cara Identifikasi

  • Perhatikan bagaimana Anda merespons pujian atau ungkapan cinta dari pasangan. Jika Anda merasa sangat dihargai dan bersemangat mendengarnya, kemungkinan besar bahasa cinta Anda adalah kata-kata afirmasi.
  • Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa lebih diperhatikan ketika pasangan memberikan pujian secara lisan atau melalui pesan?

2. Quality Time

Ciri-ciri

  • Anda merasa terhubung dan bahagia ketika menghabiskan waktu tanpa gangguan dengan pasangan, seperti melakukan kegiatan bersama tanpa distraksi teknologi.Anda menghargai saat pasangan secara aktif membuat waktu untuk Anda dan tidak membatalkan rencana.
  • Menghabiskan waktu berkualitas bersama, bahkan tanpa melakukan aktivitas khusus, membuat Anda merasa dicintai dan dihargai.

Cara Identifikasi

  • Evaluasi seberapa pentingnya waktu yang dihabiskan bersama bagi Anda. Jika Anda merasa paling bahagia saat mendapatkan perhatian penuh dan waktu tanpa gangguan, kemungkinan bahasa cinta Anda adalah waktu berkualitas.
  • Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa lebih diperhatikan ketika pasangan membuat waktu khusus untuk Anda dan berfokus pada kehadiran mereka?

3. Acts of Service

Ciri-ciri

  • Anda merasa dicintai ketika pasangan melakukan tindakan kecil atau besar untuk membantu atau meringankan beban Anda, seperti menyelesaikan tugas rumah tangga atau melakukan pekerjaan untuk Anda.
  • Anda lebih menghargai tindakan nyata daripada kata-kata semata, dan merasa lebih diperhatikan ketika pasangan menunjukkan kepedulian melalui tindakan mereka.

Cara Identifikasi

  • Perhatikan bagaimana Anda merespons tindakan pasangan yang bertujuan untuk membantu atau meringankan beban Anda. Jika Anda merasa sangat dihargai dan bahagia ketika pasangan melakukan hal-hal untuk Anda, bahasa cinta Anda kemungkinan adalah tindakan pelayanan.
  • Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa lebih dicintai ketika pasangan melakukan sesuatu yang membuat hidup Anda lebih mudah, daripada hanya mengucapkan kata-kata manis?

4. Receiving Gifts

Ciri-ciri

  • Anda merasa dicintai ketika menerima hadiah yang memiliki makna, bukan hanya nilai materialnya. Hadiah tersebut adalah simbol perhatian dan pemikiran pasangan.
  • Anda menghargai proses pemberian hadiah dan merasa bahwa hadiah yang penuh makna memperkuat ikatan emosional.

Cara Identifikasi

  • Perhatikan bagaimana Anda merespons pemberian hadiah dari pasangan. Jika Anda merasa sangat bahagia dan dihargai ketika menerima hadiah yang berarti, kemungkinan bahasa cinta Anda adalah pemberian hadiah.
  • Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa lebih dicintai ketika pasangan memberikan hadiah yang memiliki makna khusus, daripada hanya kata-kata atau tindakan lainnya?

5. Physical Touch

Ciri-ciri

  • Anda merasa terhubung dan dicintai melalui sentuhan fisik, seperti pelukan, ciuman, atau berpegangan tangan. Sentuhan fisik memberikan rasa kedekatan dan kenyamanan.
  • Anda merasa lebih bahagia dan lebih dekat dengan pasangan ketika ada interaksi fisik yang sering dan konsisten.

Cara Identifikasi

  • Perhatikan bagaimana Anda merespons sentuhan fisik dari pasangan. Jika Anda merasa sangat dihargai dan terhubung melalui kontak fisik, bahasa cinta Anda kemungkinan adalah sentuhan fisik.
  • Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda merasa lebih dicintai ketika ada sentuhan fisik yang konsisten, seperti pelukan atau ciuman, dibandingkan dengan bentuk kasih sayang lainnya?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.