Sukses

10 Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga Super Kreatif, Modal Kecil Tapi Hasil Menjanjikan

Mari kita lihat bisnis-bisnis yang bisa dijalankan dari kenyamanan rumah, tanpa perlu repot bepergian ke sana kemari.

Liputan6.com, Jakarta Di era modern ini, semakin banyak ibu rumah tangga yang mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dikerjakan di mana saja. Para ibu dapat memanfaatkan keterampilan dan hobi yang dimiliki untuk menciptakan usaha yang tidak hanya bermanfaat secara finansial, tetapi juga memuaskan secara pribadi.

Dengan perkembangan teknologi dan akses mudah ke internet, peluang bisnis yang fleksibel dan sesuai dengan waktu yang dimiliki semakin terbuka lebar. Catatan pentingnya, usaha tersebut tentu tidak akan mengganggu kewajiban utama dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Lalu apa saja ide bisnis yang sekiranya cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Membuat paket hadiah

Jika kamu memiliki kemampuan-kemampuan kreatif dan gemar merakit hadiah sebagai buah tangan, bisnis ini cocok sekali untuk dilakukan. Sekarang banyak sekali kesempatan untuk seseorang memberikan hadiah kepada orang lain, sehingga banyak kesempatan yang dapat diambil sebagai peluang bisnis. Sahabat Fimela dapat membuat kado berupa buket yang berisi berbagai macam hal atau kado yang dikemas dengan balon atau berbagai hal kreatif lainnya.

3 dari 11 halaman

2. Membuat lauk-pauk

Bagi yang gemar memasak, ide bisnis ini mungkin cocok untuk dilakukan. Kamu dapat menjual lauk yang dimasak untuk keluarga sendiri, sehingga tidak perlu bekerja dua kali. 

Kamu dapat membuatnya dalam porsi yang agak lebih banyak untuk dijual. Biasanya, ibu rumah tangga lain tertarik untuk membelinya karena sudah yakin dengan rasa yang ditawarkan. Bisa saja nanti ada permintaan untuk katering atau permintaan pesanan untuk sebuah acara.

4 dari 11 halaman

3. Membuat lilin

Banyak sekali tipe lilin yang bisa dijadikan hadiah di berbagai kesempatan, seperti untuk ulang tahun atau acara sosial. Jika kamu membutuhkan bisnis yang dapat menyalurkan kemampuan kreatif, membuat lilin dapat menjadi pilihan bisnis yang baik. Tidak memerlukan dana yang besar untuk memulai, tetapi cukup banyak keuntungan yang bisa diperoleh.

5 dari 11 halaman

4. Menerbitkan e-book

Menerbitkan buku elektronik merupakan cara yang bisa diambil untuk menambah penghasilan sebagai ibu rumah tangga. Proses penerbitan buku elektronik tidak sesulit dan serumit penerbitan buku cetak. Kamu dapat menerbitkan buku melalui Kindle atau tempat lain. Kamu tidak memerlukan modal apapun dan keuntungan diraih sesuai dengan apa yang dikerjakan.

6 dari 11 halaman

5. Membuat paper bag

Salah satu ide bisnis yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuat kantong kertas. Permintaan pasar terhadap barang tersebut sangatlah tinggi mengingat kebijakan menjaga lingkungan yang semakin digencarkan beberapa waktu ke belakang. 

Paper bag adalah sebuah barang yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali. Kantong tersebut biasa digunakan untuk membawa atau membungkus barang dari toko. 

7 dari 11 halaman

6. Salon atau bisnis di dunia kecantikan

Kamu yang memiliki keterampilan di dunia kecantikan dapat mempertimbangkan untuk memulai membuka salon atau jasa lainnya yang menawarkan potong rambut hingga riasan. Pada dasarnya, bisnis tersebut membutuhkan sertifikasi, tetapi kamu dapat mencoba berlatih melalui video-video yang tersebar di internet. Selain itu, kamu juga dapat membuka kelas untuk mengajarkan orang lain keterampilan yang sudah dimiliki.

8 dari 11 halaman

7. Kelas memasak

Jika kamu suka memasak, tetapi enggan untuk menjual hasil masakannya, mungkin kelas memasak dapat menjadi ide bisnis yang baik. kamu dapat memulai bisnis ini baik secara online maupun offline. kamu dapat membagikan keterampilan memasak yang dimiliki dengan orang lain serta mendapatkan keuntungan darinya. 

9 dari 11 halaman

8. Instruktur tari

Perempuan biasanya memiliki kemampuan menari yang baik, sehingga cocok untuk menjadi instruktur atau pelatih tari. Kamu dapat membuka kelas tari dan mengajarkan orang lain tanpa membutuhkan modal yang besar atau waktu yang banyak. Bisnis ini cukup menguntungkan karena semakin banyak orang yang ingin mendalami tari dan menjadikan tari sebagai profesi.

10 dari 11 halaman

9. Merancang busana

Perempuan senang sekali untuk membeli pakaian, terutama pakaian-pakaian dari merek ternama. Jika kamu pandai dalam merancang sesuatu, mungkin perancang busana menjadi opsi yang menarik.

Kamu dapat mencoba membuka bisnis rancangan busana sendiri dan menawarkan berbagai pakaian dengan harga terjangkau. Salah satu ide yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah merancang busana yang digemari oleh masyarakat.

11 dari 11 halaman

10. Dropshipping

Memulai bisnis dropshipping memungkinkan Anda menjual produk tanpa harus menyimpan stok. Anda hanya perlu memasarkan produk, dan supplier akan mengurus pengiriman langsung kepada pelanggan.

Dengan memilih ide bisnis yang sesuai dengan minat dan keterampilan, ibu rumah tangga dapat menghasilkan pendapatan tambahan sambil tetap menjalankan tugas sehari-hari di rumah. Selamat mencoba!   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.