Sukses

4 Cara Simpan Pisang Kupas agar Tahan Hingga 3 Minggu, Awet dan Tidak Lembek

Ingin pisang tetap segar dan praktis? Coba trik ini agar pisang yang sudah dikupas bisa tahan hingga tiga minggu! Jangan sampai ketinggalan ya!

Liputan6.com, Jakarta Ketika pisang sudah matang dan tidak segera dikonsumsi atau diolah, kemungkinan besar pisang tersebut akan menjadi lembek dan akhirnya membusuk. Sayang sekali jika pisang harus terbuang sia-sia tanpa dinikmati.

Selain itu, pisang yang sudah lembek atau terlalu matang biasanya memiliki kadar gula yang tinggi. Hal ini pun membuat pisang menjadi kurang disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Untuk mengatasi masalah ini, berikut adalah beberapa tips dan trik tentang cara menyimpan pisang yang telah dikupas agar tetap segar dan tidak menjadi lembek, yang dihimpun oleh Liputan6.com dari fimela.com, Kamis (1/8/2024). Metode ini juga lebih praktis ketika pisang dibutuhkan untuk disiapkan sebagai camilan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Simpan Pisang Kupas agar Tahan Hingga 3 Minggu

1. Pastikan Pisang Sudah Matang Sempurna

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan pisang yang akan dikupas sudah mencapai kematangan yang ideal. Jika pisang masih belum matang, rasanya akan cenderung pahit dan kurang nikmat.

2. Gunakan Wadah Kedap Udara

Memasukkan pisang yang sudah dikupas dan matang ke dalam wadah kedap udara sangat penting untuk mencegah proses oksidasi. Dengan begitu, pisang dapat disimpan lebih lama. Wadah yang bisa digunakan antara lain toples kedap udara atau plastik vakum.

3. Simpan Pisang di Kulkas

Setelah pisang disusun dengan rapi, letakkan potongan pisang tersebut di dalam lemari pendingin. Tidak perlu membekukannya, cukup simpan di bagian pendingin saja untuk menjaga kesegarannya.

4. Pisang Kupas Tahan Hingga 2-3 Minggu

Pisang yang sudah dikupas bisa disimpan selama 2-3 minggu sebelum mulai kehilangan kualitasnya. Sebaiknya konsumsi pisang tersebut dalam rentang waktu tersebut untuk memastikan rasa dan nutrisinya tetap optimal. Jangan biarkan pisang disimpan lebih dari tiga minggu agar kualitas gizi dan teksturnya tetap terjaga.

3 dari 3 halaman

Tips Memilih Pisang yang Berkualitas

1. Pilihlah pisang yang mengeluarkan aroma harum yang khas, menandakan buah tersebut segar.

2. Hindari memilih pisang yang tandannya sudah layu atau berubah warna menjadi kecoklatan.

3. Pilihlah pisang dengan kulit yang lebih halus, karena ini menunjukkan buah tersebut telah matang sempurna.

4. Hindari pisang yang memiliki bercak coklat besar pada kulitnya, karena ini bisa menandakan buah tersebut sudah terlalu matang atau rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.