Sukses

Manfaat Air Zamzam untuk Kesehatan, Baca Doa Sebelum Meminumnya

Kisah ajaib manfaat air Zamzam bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim di wilayah gurun yang kering dan tandus.

Liputan6.com, Jakarta Air Zamzam dikenal sebagai salah satu keajaiban dengan kisahnya yang sudah masyhur sejak 2.000 tahun sebelum Masehi. Terletak di lembah gurun pasir di Mekah, sumur Zamzam menjadi sumber air yang tak pernah kering dan selalu dinantikan oleh para jamaah haji dan umrah. Keberadaan sumur Zamzam tidak hanya tercatat dalam sejarah Islam, tetapi juga dalam berbagai kitab suci seperti Taurat, Alkitab, dan Alquran.

Kisah ajaib manfaat air Zamzam bermula dari kegelisahan Siti Hajar bersama putranya, Ismail, yang ditinggal Nabi Ibrahim di wilayah gurun yang kering dan tandus. Dalam pencariannya akan air, Siti Hajar berlari antara Bukit Marwah dan Shafa. Keajaiban pun terjadi saat Ismail yang terus menangis dan menghentak-hentakkan kakinya ke tanah, lalu dari tempat tersebut memancarlah air yang kemudian dikenal sebagai air Zamzam.

Manfaat air Zamzam juga memiliki nilai spiritual dan dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta kecantikan. Para ulama menyarankan agar sebelum meminum air Zamzam, seseorang sebaiknya memohon ampunan, kesehatan, atau menyatakan suatu keinginan kepada Allah SWT. Hal ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Ahmad dari Jabir RA

 مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ 

Artinya: Air zamzam sesuai dengan apa yang diniatkan peminumnya. (HR Ibnu Majah)

Berikut ulasan lebih lanjut tentang manfaat air Zamzam yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mencegah dan Mengatasi Dehidrasi

Air Zamzam kaya akan elektrolit dan mineral, menjadikannya sangat efektif dalam mencegah dan mengatasi dehidrasi. Ini sangat berguna terutama di iklim yang kering dan panas, serta selama berpuasa ketika tubuh lebih rentan terhadap kekurangan cairan.

Sifatnya yang basa dan kandungan mineral yang tinggi membuat manfaat air Zamzam diyakini dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya sel-sel kanker. Namun, untuk efektivitas pencegahan kanker, penting juga untuk menjalani pola hidup sehat, termasuk tidak merokok, menjauhi alkohol, rutin berolahraga, dan mengelola stres.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Kandungan zat bikarbonat dalam air Zamzam dapat menetralkan pH air liur, sehingga mencegah kerusakan dan karies gigi. Selain itu, kandungan fluoride dan kalsium yang tinggi membantu melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah gigi sensitif.

4. Mencegah Osteoporosis

Air Zamzam memiliki kandungan kalsium yang lebih tinggi dibandingkan air biasa, sekitar 300-340 mg/L. Kalsium ini membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis, menjadikannya minuman yang baik untuk kesehatan tulang.

5. Melancarkan Pencernaan

Kandungan mineral dan bikarbonat dalam air Zamzam bermanfaat untuk menetralkan kelebihan asam lambung, membantu mencegah dan mengatasi masalah asam lambung naik, sehingga memperlancar pencernaan.

3 dari 5 halaman

6. Mencegah Infeksi

Air Zamzam mengandung mineral seperti natrium, kromium, dan nitrogen yang memiliki sifat antibakteri. Ini membantu mencegah infeksi yang disebabkan oleh kuman. Namun, untuk infeksi serius, tetap diperlukan penanganan medis dan langkah-langkah kebersihan yang tepat.

7. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam air Zamzam penting untuk mengatur detak jantung, tekanan darah, dan pergerakan otot. Dengan asupan kalium yang cukup, tekanan darah dapat lebih terkontrol, mengurangi risiko hipertensi. Kombinasikan dengan pola hidup sehat seperti mengurangi garam, berolahraga, dan menjauhi stres untuk hasil yang optimal.

8. Memelihara Fungsi dan Kesehatan Ginjal

Ginjal membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk berfungsi dengan baik. Manfaat air Zamzam dengan kandungan elektrolit, antioksidan, dan mineralnya, merupakan pilihan yang baik untuk membantu menjaga kesehatan ginjal dan fungsinya dalam menyaring serta membuang zat beracun dari tubuh.

4 dari 5 halaman

Kandungan Air Zamzam

Air Zamzam dikenal memiliki kandungan mineral dan elemen unik yang menjadikannya memiliki manfaat kesehatan lebih banyak dibandingkan air biasa. Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah, air Zamzam menunjukkan kualitas yang konsisten dan tahan lama, bahkan setelah disimpan selama dua tahun. Selain itu, mikroba tidak dapat tumbuh dalam air yang berasal dari sumur Zamzam. 

Kandungan Mineral Utama

Penelitian yang dilakukan oleh Naeem dan Alsanussi pada tahun 1983 menemukan 34 elemen yang terkandung dalam air Zamzam. Beberapa kandungan mineral utama yang ditemukan dalam air Zamzam adalah sebagai berikut.

Kalsium (Ca)

Magnesium (Mg)

Sodium (Na)

Klorida (Cl)

Kandungan mineral ini lebih tinggi dibandingkan air biasa, yang menjadikannya memiliki potensi manfaat kesehatan yang lebih baik.

Kandungan Elemen Lain

Selain kandungan mineral utama, air Zamzam juga mengandung elemen-elemen lainnya dalam jumlah yang sangat kecil, di bawah 0,01 ppm.

Antimony (Sb)

Beryllium (Be)

Bismuth (Bi)

Bromine (Br)

Kobalt (Co)

Iodine (I)

Molybdenum (Mo)

Jejak elemen seperti kromium (Cr), mangan (Mn), dan titanium (Ti) juga terdeteksi dalam jumlah yang sangat kecil.

Karakteristik Radiologis

Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa air Zamzam mengandung beberapa isotop radioaktif alami, seperti berikut.

Seri Uranium (238U): termasuk 226Ra (Radium) dan 214Bi (Bismuth)

Seri Thorium (232Th): termasuk 228Ra (Radium), 228Ac (Actinium), dan 208Ti (Titanium)

Kalium (40K)

Cesium (137Cs)

Kandungan Natrium Klorida

Penelitian hidrokimia menunjukkan bahwa air Zamzam mengandung natrium klorida yang berasal dari meteoritik, menambah keunikan komposisi air ini.

Kandungan Racun

Pada Februari 2012, sebuah penelitian meneliti kadar racun dalam air Zamzam setelah muncul kekhawatiran tentang potensi bahaya bagi tubuh. Air Zamzam memang mengandung beberapa elemen yang dianggap beracun dalam jumlah tertentu, berikut diantaranya.

Arsenik (As)

Kadmium (Cd)

Timbal (Pb)

Selenium (Se)

Meski begitu, penelitian oleh Alfadul dan Khan menunjukkan bahwa kadar racun ini berada di bawah ambang batas berbahaya menurut standar WHO, sehingga tetap aman untuk dikonsumsi. Beberapa tipe arsenik bahkan dapat digunakan sebagai obat, dan kandungan alkali dari arsenik dan lithium pada air Zamzam bisa menjadi kunci penyembuhan.

Kandungan Alkaline dan pH

Air Zamzam memiliki sifat alkaline dengan pH sekitar 8, dan rata-rata mengandung,

Lithium: 15 μg L−1

Arsenik: 27 μg L−1

Nitrate (NO3): 150 mg L−1 (tiga kali lebih tinggi dari standar WHO)

Kalsium: 95 mg L−1

Potassium: 50 mg L−1

Penelitian pertama tentang kandungan racun pada air Zamzam ini menunjukkan bahwa meskipun terdapat kandungan arsenik dan lithium yang tinggi, air ini masih dianggap aman dan bahkan berpotensi memiliki manfaat kesehatan tertentu. Peneliti merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi manfaat dan keamanan air Zamzam di masa depan.

5 dari 5 halaman

Doa dan Tata Cara Minum Air Zamzam

Menurut buku Keutamaan Doa & Dzikir Untuk Hidup Bahagia Sejahtera karya M. Khalilurrahman Al Mahfani dan Khasiat Air Zam-zam oleh Taufiqurrohman, M.Si, berikut adalah doa yang dapat dibaca saat meminum air Zamzam untuk memohon kesembuhan dan keberkahan.

Doa 1

اللهم اني اسألك علما نَافِعًا، وَرِزْقًا وَاسِعًا، وَشِفَاءً من كل داء

Allaahumma innii as-aluka 'ilman naafi'an, wa rizqan waasi'an, wasyifaa-an min kulli daa-in.

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari tiap penyakit.

Doa 2

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءٌ مِنْ كُلِّ دَاءٍ وَسَقَمِ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Allahumma inni as'aluka 'ilman nafi'an wa rizqan wasi'an wa shifa'an min kulli da'in wa saqamin bi rahmatika ya arhamarrahimin.

Artinya: Ya Allah! Sesungguhnya aku bermohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan penawar bagi segala penyakit; Dengan Rahmat-Mu, Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang!

Tata Cara Minum Air Zamzam

1. Membaca Basmalah Sebelum Meminumnya

Sebelum memulai untuk meneguk air Zamzam, sangat dianjurkan untuk membaca basmalah, yaitu "Bismillahirrahmanirrahim." Ini sebagai tanda penghormatan kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan.

2. Tidak Meminumnya dalam Satu Tegukan

Adab yang baik adalah untuk tidak meminum air Zamzam dalam satu tegukan. Sebaliknya, minumlah dengan perlahan-lahan, sambil menghargai nikmat yang Allah berikan.

3. Mendoakan dan Memohon Hajat Sebelum Meminumnya

Sebelum menikmati setiap tegukan air Zamzam, luangkan waktu untuk berdoa dan memohon hajat kepada Allah SWT. Ini adalah kesempatan untuk meminta apa yang dibutuhkan dalam hati Anda, karena air Zamzam dipercaya memiliki berkah dan keajaiban.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.