Sukses

5 Tips Mudah Mencegah Nasi Cepat Basi di Rice Cooker, Tak Perlu Minyak

Memastikan nasi tetap segar dan tidak cepat basi di dalam rice cooker bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, ada beberapa tips mudah yang bisa Anda coba tanpa perlu menambahkan minyak.

Liputan6.com, Jakarta Nasi adalah makanan pokok yang kerap hadir di meja makan, menemani beragam lauk dan sayur. Sebagai sumber utama karbohidrat, nasi sangat penting untuk menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh agar dapat beraktivitas dengan optimal. Tidak mengherankan jika banyak orang memilih untuk menanak nasi dalam jumlah besar menggunakan rice cooker, sehingga seluruh anggota keluarga dapat menikmati hidangan dengan puas.

Namun, seringkali nasi yang dimasak dalam porsi besar bisa cepat basi jika dibiarkan terlalu lama dalam rice cooker. Untuk mengatasi masalah ini, berbagai trik telah dicoba oleh banyak orang, seperti menambahkan sedikit minyak, jeruk nipis, atau bawang putih ke dalam beras sebelum dimasak. Namun, beberapa orang merasa tambahan bahan-bahan ini dapat mengubah rasa asli nasi.

Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut 5 tips mudah untuk mencegah nasi cepat basi di rice cooker tanpa menggunakan minyak dan tanpa mengubah rasa asli nasi, Kamis (01/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Mencegah Nasi Cepat Basi di Rice Cooker

1. Persiapan Rice Cooker: Sebelum mulai menanak nasi, pastikan rice cooker dan pancinya sudah siap.

2. Penggunaan Garam: Tambahkan sedikit garam ke dalam panci rice cooker. Garam ini akan menjadi bahan utama dalam trik ini. Setelah itu, isi panci dengan air secukupnya dan panaskan hingga mendidih.

3. Alternatif dengan Cuka: Jika Anda tidak ingin menggunakan garam, Anda bisa menggantinya dengan cuka. Tambahkan cuka dan air secukupnya ke dalam panci rice cooker, lalu masak hingga air mendidih.

4. Pendinginan dan Pembersihan: Setelah air mendidih, biarkan panci hingga dingin. Kemudian, bilas panci dengan air bersih dan panci siap digunakan untuk menanak nasi.

5. Manfaatkan Virgin Coconut Oil (VCO) dan Daun Salam: Anda juga bisa menambahkan virgin coconut oil (VCO) dan daun salam, atau mencuci beras dengan garam untuk hasil yang lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.