Sukses

6 Skill Wajib Bagi Perempuan Sebelum Mulai Bangun Bisnis, Tak Cukup Modal Nekat

Kenali Keterampilan Apa Saja yang Harus Dimiliki Para Perempuan Sebelum Memulai Bisnis

Liputan6.com, Jakarta Membuka usaha adalah langkah berani yang dapat membawa perempuan menuju kemandirian dan kesuksesan finansial. Apalagi pemberdayaan perempuan dan anak perempuan menjadi bagian penting dari tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030.

Namun, untuk menjalankan bisnis yang sukses, dibutuhkan lebih dari sekadar ide brilian. Menguasai berbagai keterampilan yang relevan sangat penting agar perempuan dapat menghadapi tantangan yang ada di dunia bisnis.  Dari manajemen waktu hingga keterampilan pemasaran, setiap kemampuan memiliki peran krusial dalam menentukan keberhasilan usaha yang dijalankan.

Selain itu ada beberapa keterampilan yang wajib dikuasai oleh perempuan pengusaha dalam memulai bisnisnya. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Manajemen keuangan

Memiliki pengetahuan keuangan adalah salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan oleh pengusaha perempuan. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh disepelekan sama sekali. Apalagi pendaftaran, kontrak, neracaa, pengecualian pajak, dan akuntansi pengeluaran sangat rumit namun penting di perusahaan mana pun.

Memahami neraca akan membantu memutuskan berapa banyak yang mampu kamu belanjakan. Melacak pengeluaran atau investasi usaha memungkinkan kamu memiliki gambaran yang lebih baik tentang ROI (Return on Investment) dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

3 dari 7 halaman

2. Kepemimpinan

Pengusaha perempuan yang mempekerjakan orang dalam usahaya juga perlu belajar untuk menjadi pemimpin yang lebih baik. Kepemimpinan adalah keterampilan penting bagi siapa pun yang mengambil peran manajerial atau memiliki bisnis. Pemimpin bertanggung jawab untuk menanamkan visi setiap perusahaan kepada karyawan dan terus-menerus memotivasinya untuk menjadi produktif.

4 dari 7 halaman

3. Komunikasi dan negosiasi

Skill ini sangat penting dalam operasi usaha bisnis sehari-hari. Skill menulis dan komunikasi lisan yang baik sangat penting. Hal tersebut meningkatkan caramu mempresentasikan bisnis dan membangun hubungan kerja yang langgeng.

Negosiasi dapat terjadi setiap hari dengan mitra, calon investor, pelanggan, atau bahkan karyawan. Oleh karena itu, menguasai cara berkomunikasi memastikan usaha memiliki representasi terbaik.

5 dari 7 halaman

4. Delegasi dan manajemen waktu

Kemampuan seorang pengusaha perempuan untuk merencanakan harinya dan mengatur waktunya sangatlah penting. Kamu harus mengetahui dengan jelas apa yang perlu dilakukan dan memiliki kapasitas untuk melakukan banyak tugas. Menjadi pemilik bisnis memerlukan banyak hal yang harus dilakukan dari pihak sendiri, seperti menulis email, menjabat sebagai direktur pemasaran, atau bertindak sebagai akuntan.

Agar tidak kewalahan, kamu perlu memiliki skill manajemen waktu yang tepat untuk memprioritaskan pekerjaan dan mampu mendelegasikan tugas kepada orang yang dipercaya. Menjadi pengusaha perempuan yang sukses bukan berarti kamu harus melakukan semuanya sendiri.

6 dari 7 halaman

5. Membangun jaringan

Sebagai seorang pengusaha perempuan, kamu perlu membangun jaringan dengan orang-orang yang relevan dengan industri. Pada saat yang sama, kamu juga harus mengetahui acara industri yang terjadi di kota seperti simposium, diskusi panel, dan pameran.

Mengetahui apa yang terjadi di komunitas atau industri memungkinkan kamu mengenal langsung orang-orang yang terbukti bermanfaat bagi usaha. Selain itu, mengenal orang-orang yang menduduki posisi penting di perusahaan akan membuat hidup sebagai pengusaha perempuan sedikit lebih mudah.

7 dari 7 halaman

6. Kreativitas dan Inovasi

Kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif sangat penting dalam menciptakan produk atau layanan yang menarik dan unik. Perempuan yang mampu menghadirkan ide-ide baru dan solusi kreatif akan lebih mudah bersaing di pasar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.