Sukses

Cara Mudah Merebus Daun Singkong untuk Urap, Hasil Tidak Pahit dan Lezat

Urap akan memberikan pengalaman rasa yang luar biasa ketika daun singkong direbus dengan sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya pecel, sayur urap juga nikmat disantap bersama nasi, terutama saat sarapan. Biasanya, urap terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, kecambah, kacang panjang, dan daun singkong.

Namun, di antara semua sayuran tersebut, daun singkong sering kali menjadi tantangan tersendiri dalam memasak. Pasalnya, banyak orang merasa kesulitan mengolahnya karena sering kali hasilnya pahit dan berubah warna menjadi hitam. Meski begitu, menambahkan daun singkong pada olahan urap juga menjadi favorit banyak orang.

Terdapat cara efektif untuk memasak daun singkong agar tidak terasa pahit. Liputan6.com telah mengumpulkan berbagai cara efektif untuk memasak daun singkong dari berbagai sumber, Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Rebus Daun Singkong untuk Urap

1. Gunakan Baking Soda

Mulailah dengan memanaskan air hingga mendidih, kemudian tambahkan setengah hingga satu sendok teh baking soda. Anda bebas memilih merek baking soda yang diinginkan, namun pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak. Penggunaan baking soda ini akan mempercepat proses pematangan daun singkong secara signifikan.

2. Rebus Daun Singkong

Setelah menambahkan baking soda, masukkan daun singkong ke dalam air mendidih. Aduk perlahan untuk memastikan semua daun terendam, kemudian periksa kematangannya. Berkat tambahan baking soda, daun singkong akan matang dalam waktu kurang dari satu menit. Warna hijau cerah dari daun singkong akan tetap terjaga, menyerupai sayur bayam yang segar.

3. Buat Bumbu Halus

Untuk membuat urap yang lezat, rebus berbagai jenis sayuran seperti tauge, kenikir, kacang panjang, dan kangkung. Lalu, haluskan bumbu yang terdiri dari tiga cabai merah dan dua siung bawang putih. Setelah bumbu halus, campurkan dengan parutan kelapa dan sayuran yang telah direbus. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

4. Tumis Bumbu

Panaskan wajan dengan sekitar satu sendok makan minyak goreng. Nyalakan kompor dengan api kecil dan masukkan bumbu halus ke dalam wajan. Tumis bumbu selama sekitar satu menit hingga harum. Setelah bumbu matang, angkat dan sajikan bersama daun singkong serta urap sayuran lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.