Sukses

Kumpulan Sholawat Nabi Arab, Latin dan Artinya

kumpulan Sholawat Nabi Arab, Latin dan artinya serta keutamaannya

Liputan6.com, Jakarta Sholawat Nabi adalah bentuk ekspresi cinta seorang Muslim kepada Nabi Muhammad SAW yang mendalam dan penuh makna. Dalam artikel ini, kita akan menyelami berbagai bacaan sholawat Nabi dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya. Bacaan sholawat Nabi Arab tidak hanya menjadi amalan yang sangat dianjurkan, tetapi juga membawa pahala dan berkah tersendiri bagi setiap yang mengamalkannya.

Tentu saja, manfaat dari melafalkan sholawat Nabi Arab juga diakui oleh Allah SWT dan malaikat-Nya, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 56. Melalui sholawat Nabi Arab ini, seorang Muslim dapat memperoleh rahmat dan keberkahan yang besar. Untuk memudahkan Anda dalam beramal, artikel ini akan membahas berbagai versi bacaan sholawat Nabi dalam Arab dan Latin serta maknanya.

Apakah Anda penasaran dengan ragam bacaan sholawat Nabi Arab dan bagaimana mengucapkannya dalam bahasa Latin? Penting untuk mengetahui panduan lengkap mengenai sholawat Nabi Arab, serta artinya yang akan memperdalam pemahaman dan praktik ibadah Anda. Dengan pemahaman yang tepat, Anda akan semakin mendekatkan diri kepada Nabi Muhammad SAW dan mendapatkan berkah yang melimpah.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum kumpulan Sholawat Nabi Arab, Latin dan artinya, pada Kamis (1/8).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sholawat Nabi Khidir

Bacaan sholawat ini dikenal karena kekuatan spiritualnya dalam menghindarkan dari berbagai bahaya. Sholawat Nabi Khidir adalah salah satu bentuk sholawat pendek yang sangat dianjurkan untuk membentengi diri dari keburukan.

Arab:

اَللهم صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَدْفَعُ بِهَا عَنَّا الطَّعْنَ وَالطَّاعُوْنَ , يَا أَمْرُهُ اِذَا اَرَادَ شَيْئًا اَنْ يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ

Latin:

Allahuma shalli wa sallim alaa sayidinaa Muhammadin wa ala ali sayidina Muhammadin shalatan tadfa'u bihaa 'annath tha'na wath tha'uuna yaa amruhu idzaa araada syai'an yaquula lahu kun fa yakuun.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan para keluarganya, yang dengan rahmat itu Engkau menolak dari kami tusukan jin dan tha'un, wahai Dzat yang jika menghendaki sesuatu dengan hanya berfirman kepadanya, 'Jadilah!' maka jadilah ia."

Keutamaan dari sholawat ini adalah dapat menghilangkan sifat pelupa dan memberikan keberkahan dalam kehidupan.

2. Sholawat Al-Fatih

Sholawat ini dikenal sebagai salah satu bacaan yang memancarkan rahmat dan keberkahan besar. Sholawat Al-Fatih mengandung makna mendalam dan sering dibaca untuk memohon kepada Allah agar membuka segala pintu kebaikan dan menutup segala keburukan.

Arab:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Latin:

Allaahumma shalli wa sallim wa baarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wan naashiril haqqa bilhaqqi, wal haadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallaallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihi wa miqdaarihil 'adziimi

Artinya:

"Ya Allah, curahkanlah rahmat takzim, salam sejahtera serta keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai pembuka sesuatu yang terkunci (tertutup) dan penutup sesuatu (para utusan) yang terdahulu. Dialah penolong kebenaran dengan kebenaran dan pemberi petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepada Nabi Muhammad, keluarganya, dan para sahabatnya dengan kekuasaan dan ukuran Allah Yang Maha Agung."

Bagi siapa saja yang membaca sholawat Al-Fatih, akan mendapatkan keutamaan besar seperti diampuni dosanya, dilindungi dari gangguan jin, dimudahkan dalam kesulitan, dan dilimpahkan rezeki yang luas.

3. Sholawat Qad Dhaqat

Sholawat Qad Dhaqat sangat dianjurkan untuk mereka yang merasa kesulitan dan memerlukan pertolongan khusus dari Nabi Muhammad SAW. Bacaan ini dipercaya dapat mendatangkan kemudahan dan pertolongan dalam berbagai situasi.

Arab:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَـدْ ضَاقَتْ حِيْلَــتِى أَدْرِكْـنِى يَارَسُوْلَ اللّـهِ

Latin:

Ash-shalaatu wassalaamu 'alaaika yaa Sayyidii yaa Rasuulullaah qad dhaaqats hiilatii adriknii

Artinya:

"Rahmat dan keselamatan semoga tetap atas engkau wahai penghulu kami, ya Rasulullah, habis daya upayaku, semoga engkau berkenan menolongku."

Keutamaan sholawat ini meliputi rezeki yang berlimpah, kemudahan dalam menghadapi masalah, pengabulan keinginan, dan kesembuhan dari kesurupan.

3 dari 4 halaman

4. Sholawat Nariyah

Sholawat Nariyah adalah salah satu bacaan sholawat yang memiliki manfaat sangat luas dan dahsyat. Ini adalah sholawat yang sering dibaca untuk memperoleh perlindungan, kelancaran rezeki, dan pemenuhan berbagai hajat.

Arab:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ

وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Latin:

Alloohumma sholi sholaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman 'alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil 'uqodu wa tanfariju bihil kurobu wa tuqdhoo bihil hawaa-iju

Wa tunaalu bihir-roghoo-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqol ghomaamu bi wajhihil kariimi wa 'alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi 'adadi kulli ma'luumin laka

Artinya:

"Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan, dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan serta husnul khotimah. Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau."

Sholawat Nariyah memiliki banyak keutamaan seperti terkabulnya hajat dan doa, kelancaran rezeki, perlindungan dari kejahatan, serta penjagaan dari malapetaka.

5. Sholawat Bani Hasyim

Sholawat ini dikenal karena kemampuannya dalam memberikan ketenangan dan kemudahan ketika menghadapi kesulitan. Membaca Sholawat Bani Hasyim sangat dianjurkan untuk menghadapi tantangan hidup.

Arab:

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى النَّبِىِّ الْهَاشِمِىِّ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا

Latin:

Allaahumma shalli 'alaan-nabiyul Haasyimiyyi Muhammadin wa 'alaa aalihi wa sallim tasliimaan.

Artinya:

"Ya Allah berikanlah rahmat serta salam kepada seorang nabi keturunan Bangsawan Hasyim, yakni Muhammad beserta keluarganya, semoga tetap selamat dan sejahtera."

Keutamaan sholawat ini adalah memberikan kemudahan jalan dan mengatasi kesulitan serta ketakutan.

6. Sholawat Ta'dzhimul Qiyam

Sholawat ini dikenal sebagai sholawat yang mempermudah pengampunan dosa. Membacanya dengan penuh kekhusyukan dapat menjadi amalan yang sangat bermanfaat.

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Latin:

Allaahumma shalli 'alaa Muhammadin wa 'alaa aalihi wa sallim

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad dan keluarganya."

Keutamaan sholawat ini adalah pengampunan dosa-dosa. Berdasarkan sabda Nabi SAW, barang siapa yang mengucapkan sholawat ini, dosa-dosanya akan diampuni sebelum ia bergerak atau berdiri dari tempat duduknya.

4 dari 4 halaman

7. Sholawat Munjiyat

Sholawat ini adalah pilihan bagi mereka yang ingin memohon keselamatan dan pengabulan hajat dari Allah. Membaca sholawat ini dipercaya dapat membawa banyak manfaat dan keberkahan.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٌ تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَابِهَاجَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَابِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ

Latin:

Allahumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammadin sholaatan tunjiinaa bihaa min jamii'il-ahwaali wal-aafaati wa taqdhii lanaa bihaa jamii'al-haajaati wa tuthahirunaa bihaa min jamii'is-sayyi'aati wa tarfa'unaa bihaa 'indaka a'lad-darajaati wa tuballigunaa bihaa aqshal-gaayaati min jamii'il-khairaati fil-hayaati wa ba'dal-mamaati

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad Saw yang melaluinya Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan membahayakan, dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan semua hajat kami dan membersihkan semua keburukan kami, mengangkat kami pada derajat tertinggi, menyampaikan kami pada puncak tujuan, dari semua kebaikan di waktu hidup dan sesudah mati."

Keutamaan sholawat Munjiyat meliputi penerangan hati, membuka pintu kebaikan, pengangkatan derajat, pemenuhan hajat, dan perlindungan dari musibah. Sholawat ini dipercaya dapat menyelesaikan masalah dan meluruskan harapan.

8. Sholawat Tibbil Qulub

Sholawat ini terkenal karena kemampuannya dalam memberikan kesehatan dan penyembuhan. Membacanya dengan penuh keikhlasan diharapkan membawa manfaat yang besar untuk kesehatan jasmani dan rohani.

صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ طِبِّ الْقُلُوْبِ وَدَوَائِهَا وَعَافِيَةِ الأَبْدَانِ وَشِفَائِهَا وَنُوْرِ الأَبْصَارِ وَضِيَائِهَا وَعَلٰى آَلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Arab Latin: Allâhumma shalli 'alâ Sayyidinâ Muhammadin thibbil qulûbi wa dawâ-ihâ wa 'âfiyatil abdâni wa syifâ-ihâ wa nûril abshâri wa dliyâ-ihaa wa 'alâ âlihî wa shahbihî wa sallim

Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat kepada baginda kami, Nabi Muhammad, sang penyembuh hati dan obatnya, memberikan kesehatan badan dan mengobatinya, menjadi cahaya mata hati dan sinarnya, juga kepada keluarga dan sahabat beliau, dan semoga Engkau memberikan keselamatan."

Keutamaan sholawat Tibbil Qulub termasuk kesehatan lahir dan batin, serta penyembuhan penyakit. Sholawat ini dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan dan keselamatan dari segala penyakit.

9. Sholawat Ibrahimiyah

Sholawat ini adalah bentuk penghormatan dan doa untuk mendapatkan keberkahan seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim. Membaca sholawat ini diyakini membawa banyak manfaat dan perlindungan dalam hidup.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ

Arab Latin: Allahumma shalli 'alaa muhammadin wa 'alaa aali muhammadin kamaa shallaita 'alaa ibraahiima wa 'alaa aali ibraahiima, wa baarik 'alaa muhammadin wa 'alaa aali muhammadin kamaa baarakta 'alaa ibraahiima wa 'alaa aali ibraahiima fil 'aalamiin, innaka hamiidum majiid.

Artinya: "Ya Allah, berikanlah sholawat dan keselamatan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan kepada keluarganya, sebagaimana Engkau memberikan sholawat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berikanlah berkah kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan kepada keluarganya, sebagaimana Engkau memberikan berkah kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya di seluruh alam. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia."

Keutamaan sholawat Ibrahimiyah termasuk keselamatan dari fitnah, perluasan rezeki, pemenuhan hajat, dan kedamaian hidup. Sholawat ini juga membantu dalam menghafal pelajaran dan mendekatkan diri kepada Allah.

10. Sholawat Kawwash

Sholawat ini adalah salah satu bentuk sholawat yang paling singkat namun sangat powerful dalam mendatangkan keberkahan dan perlindungan. Sholawat Kawwash dikenal karena kemampuannya dalam memberikan syafaat dan rahmat.

Arab:

صلى الله علی محمد

Latin:

Shallallaahu 'alaa Muhammadin

Artinya:

"Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad."

Keutamaan dari sholawat ini termasuk dilimpahi keberkahan dalam usaha, ditinggikan derajat, diselamatkan dari malapetaka, serta memperoleh syafaat dan rahmat dari Allah SWT.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.