Sukses

Manfaat Teh Serai sebagai Solusi Alami untuk Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Teh serai ternyata memiliki khasiat luar biasa dalam menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini adalah cara mudah membuatnya dan menikmati manfaat hebatnya.

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sedang mencari cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol? Jika iya, teh serai bisa menjadi solusi yang tepat untukmu.

Teh serai mengandung bahan-bahan alami yang telah terbukti efektif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Serai, yang juga dikenal sebagai lemon grass, memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat.

Lebih dari itu, serai juga mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL). Tak heran jika teh serai semakin populer sebagai minuman kesehatan.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, teh serai juga mudah dibuat dan memiliki rasa yang menyegarkan. Simak cara membuat teh serai untuk menurunkan kolesterol seperti yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membuat Teh Serai untuk Kolesterol

Bahan-bahan:

- 2 batang serai, cuci bersih dan memarkan

- 1 liter air

- Madu atau perasan lemon (opsional, untuk rasa lebih segar)

 

Cara Membuat:

1. Persiapan Serai: Cuci bersih 2 batang serai, lalu memarkan bagian putihnya untuk mengeluarkan aroma dan kandungan aktifnya.

2. Rebus Air: Didihkan 1 liter air.

3. Masukkan Serai: Tambahkan serai yang sudah dimemarkan ke dalam air mendidih. Biarkan mendidih selama 10-15 menit agar aroma dan rasa serai meresap sempurna.

4. Saring dan Sajikan: Angkat serai dari air rebusan dan saring teh ke dalam cangkir. Untuk sentuhan manis dan segar, tambahkan madu atau perasan lemon sesuai selera.

5. Nikmati: Minum teh serai ini secara rutin, terutama setelah makan, untuk membantu menurunkan kolesterol.

Teh serai juga bisa disimpan di lemari es dan dinikmati dingin sebagai minuman menyegarkan di siang hari. Selamat mencoba membuat teh serai di rumah dan rasakan manfaatnya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.