Sukses

7 Sebab Mengapa Menjaga Data Pribadi di Era Digital Sangat Penting, Batasi Pansos

Menjaga kerahasiaan data pribadi semakin penting demi menghindari bahaya penyalahgunaan informasi dan menjaga keamanan dirimu.

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini, privasi menjadi salah satu isu paling krusial yang perlu diperhatikan oleh setiap individu. Dengan meningkatnya penggunaan platform online, media sosial, dan aplikasi, data pribadi kita semakin mudah diakses dan berisiko untuk disalahgunakan.

Oleh karena itu, menjaga privasi diri menjadi semakin penting untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya untuk melindungi diri dari ancaman yang mungkin muncul, tetapi juga untuk melindungi segala hal yang terkait dengan diri kita.

Mari simak beberapa alasan mengapa menjaga privasi diri kita sangat penting, terutama di era digital yang sedang dijalani saat ini. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menghindari Penyalahgunaan Data Pribadi

Data pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, dan informasi keuangan sangat berharga. Jika jatuh ke tangan yang salah, informasi ini bisa disalahgunakan untuk penipuan, pencurian identitas, atau kejahatan lainnya.

Dengan menjaga privasi, kamu akan mengurangi risiko penyalahgunaan data. Pastikan untuk menjaga privasi sebaik mungkin. Termasuk dengan lebih bijak dalam menggunakan sosial media.   

3 dari 7 halaman

2. Melindungi Keamanan Diri

Menjaga privasi dengan baik akan membantu melindungi keamanan dirimu dari ancaman fisik dan digital yang mengintai. Saat kamu terlalu terbuka di media sosial, seperti membagikan lokasi terkini atau rutinitas harian, hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang jahat yang ingin melacak atau mengganggamu. Ketika privasimu terbuka untuk semua orang, risiko kejahatan yang ditujukan kepada kita pun semakin meningkat.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Reputasi dan Harga Diri

Apa yang kamu bagikan di internet risikonya dengan cepat menyebar dan sulit untuk dihapus. Informasi atau foto yang tidak pantas bisa merusak reputasi dan harga diri. Baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Oleh karena itu, penting untuk berpikir dua kali sebelum membagikan sesuatu secara online. Sangat penting untuk menjaga privasi yang tidak melulu memposting pun memfoto atau video hal-hal yang bisa merugikan diri sendiri. 

5 dari 7 halaman

4. Mengontrol Informasi Pribadi

Dengan menjaga kerahasiaan, kamu memiliki kekuasaan penuh atas informasi pribadi yang ingin kamu bagikan. Ini memungkinkanmu untuk membatasi akses orang lain terhadap informasi tersebut, sehingga kamu bisa merasa aman dan nyaman saat menggunakan teknologi.

Selain itu, menjaga privasi juga membuat kamu lebih mahir dalam berinteraksi dengan orang di sekitarmu. Ini juga membantumu mendapatkan penghargaan yang lebih tinggi. Meskipun terkadang orang lain menganggapmu misterius karena terlalu menjaga privasi, tetapi itu tidak masalah.

6 dari 7 halaman

5. Mencegah Pelanggaran Privasi

Banyak perusahaan dan organisasi yang mengumpulkan data pengguna untuk berbagai tujuan, termasuk pemasaran dan analisis. Dengan menjaga privasi dengan baik, kamu bisa mencegah pelanggaran privasi yang dilakukan oleh pihak ketiga tanpa izinmu. Ini tentunya akan memberikan keamanan yang cukup baik bagi dirimu sendiri. 

7 dari 7 halaman

6. Mencegah Diskriminasi dan Stigma

Informasi pribadi yang tersedia secara publik dapat digunakan untuk mendiskriminasi individu berdasarkan ras, gender, atau latar belakang lainnya. Menjaga privasi membantu melindungi diri dari penilaian dan stigma negatif yang mungkin timbul akibat informasi pribadi yang salah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.