Sukses

8 Langkah Mendapat Ketenangan Batin, Hidup Lebih Tenang dan Jauh dari Stres

Terdapat beragam cara agar hati dan pikiran tetap tenang saat sedang stres.

Liputan6.com, Jakarta Stres merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, yang dapat muncul akibat tuntutan pekerjaan, hubungan, atau masalah pribadi. Saat stres melanda, banyak orang merasa cemas dan sulit menemukan ketenangan batin.

Namun, penting untuk memahami bahwa ada berbagai cara untuk mengatasi stres dan menemukan kembali kedamaian dalam diri. Ketenangan batin tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan mental, tetapi juga berkontribusi pada kesejahteraan fisik dan emosional secara keseluruhan.

Tanpa berbasa-basi, mari membahas tentang langkah-langkah apa saja yang bisa dicapai untuk menciptakan ketenangan batin saat stres sedang melanda. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (1/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Habiskan waktu di alam

Mendapatkan ketenangan batin saat stres melanda bisa dengan cara memperbanyak kegiatan di alam terbuka. Sebut saja misalnya berjalan-jalan sebentar atau jelajah alam.

Saat sedang menjelajah alam, tariklah napas dalam-dalam.Hal itu dapat mencegah pikiranmu memikirkan hal-hal yang membuat stres. Ini bukan hal yang terjadi sekali saja, namun paparan jangka panjang terhadap alam adalah kesempatan bagimu untuk mengatasi stres hidup sehari-hari.

3 dari 8 halaman

2. Meditasi

Meditasi terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, emosional, dan mental. Secara khusus, berlatih meditasi kesadaran terbukti mengurangi kecemasan dan mencegah depresi.

Kamu misal dapat mencoba yoga, membaca buku tentang meditasi, mendengarkan meditasi terpandu di podcast, atau berlatih meditasi kesadaran selama 40-45 menit setiap hari di rumah. Ini semua dapat membantumu menemukan jalan menuju ketenangan dan kebahagiaan.

4 dari 8 halaman

3. Bersyukur

Temukan ketenangan dan jaga kesejahteraan sebagai penanda rasa syukur atas apa yang sudah kamu miliki. Ketika kamu menghargai apa yang dimiliki, kamu akan menemukan lebih banyak ketenangan. Telah ditemukan bahwa individu dengan hati bersyukur dan puas dengan berkah hidup mereka menemukan ketenangan dan kebahagiaan di dalam dirinya. 

5 dari 8 halaman

4. Cintai diri sendiri

Perawatan diri penting untuk menemukan ketenangan dan kebahagiaan. Bagaimana kamu bisa benar-benar bahagia dalam hidup jika kamu tidak bisa mencintai diri sendiri?

Mencintai diri sendiri berarti menjaga kesehatan fisik, emosional, mental, dan spiritual. Ini termasuk makan sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

6 dari 8 halaman

5. Bertanggung jawab atas tindakan

Mengambil tanggung jawab dan akuntabilitas atas semua tindakan membutuhkan tingkat kedewasan yang menyeluruh. Meski sulit, kamu akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan dengan mengakui kesalahan. Terima kritik dan gunakan untuk memperbaiki diri, karena menerima bahwa kamu melakukan kesalahan akan membuatmu menjadi orang yang lebih tangguh.

7 dari 8 halaman

6. Praktikkan penerimaan dan kepuasan

Dalam menemukan ketenangan dan kebahagiaan, penerimaan dan kepuasan adalah kuncinya. Terimalah bahwa kamu akan mempunyai masalah dalam hidup dan pelajari cara mengatasinya. Menjadi puas berarti memiliki kepuasan emosional, fisik, atau bahkan finansial. Keinginan akan materi dan kekayaan finansial tidak menggairahkan seseorang dengan ketenangan batin.

8 dari 8 halaman

7. Tulis Jurnal

Mencurahkan pikiran dan perasaan ke dalam jurnal dapat menjadi cara yang efektif untuk mengatasi stres. Dengan menulis, kamu dapat mengeluarkan emosi yang terpendam dan mendapatkan perspektif baru tentang masalah yang dihadapi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.