Sukses

5 Keterampilan Penting yang Harus Dimiliki Perempuan untuk Memulai Usaha, Jadi Faktor Krusial

Saat ini, para pengusaha perempuan memegang peran krusial dalam dunia bisnis yang terus berkembang dan dinamis.

Liputan6.com, Jakarta Pemberdayaan perempuan dan anak perempuan merupakan elemen vital dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030 dan penting untuk pertumbuhan serta pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Saat ini, para pengusaha perempuan memegang peran krusial dalam dunia bisnis yang terus berkembang dan dinamis. Untuk mendukung mereka menjadi wirausaha yang sukses, penting untuk membekali mereka dengan keterampilan memulai dan mengelola bisnis.

Walaupun jumlah usaha yang dimiliki perempuan terus meningkat, mereka masih dihadapkan pada tantangan unik dalam dunia wirausaha. Tantangan utama adalah mengubah wirausaha perempuan dari sekadar memenuhi kebutuhan menjadi pembangun bisnis berkelanjutan yang dapat menciptakan lapangan kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas keterampilan esensial yang dapat membantu pengembangan wirausaha perempuan, sehingga mereka dapat bersaing dalam lingkungan bisnis yang kompetitif.

Jadi, keterampilan apa saja yang perlu dikuasai oleh para pengusaha perempuan agar sukses? Berdasarkan informasi  yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh perempuan pengusaha dalam memulai bisnis mereka, Senin (7/10/2024).

2 dari 3 halaman

Keterampilan yang harus dimiliki perempuan untuk memulai usaha

1. Manajemen keuangan

Penguasaan pengetahuan keuangan merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting bagi pengusaha perempuan. Hal ini tidak boleh diabaikan.

Proses pendaftaran, pembuatan kontrak, neraca, pengecualian pajak, dan pengeluaran akuntansi mungkin terlihat rumit, tetapi semuanya memiliki kepentingan yang besar dalam setiap perusahaan. Memahami neraca akan membantu kamu dalam menentukan jumlah pengeluaran yang mampu dilakukan.

Melacak pengeluaran atau investasi usaha akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang ROI (Return on Investment) dan membantu dalam pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik.

2. Komunikasi dan negosiasi

Selain itu, kemampuan komunikasi dan negosiasi juga sangat penting dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Kemampuan menulis dan berkomunikasi lisan yang baik akan meningkatkan cara kamu dalam mempresentasikan bisnis dan membangun hubungan kerja yang langgeng.

Negosiasi dapat terjadi setiap hari dengan mitra, calon investor, pelanggan, atau bahkan karyawan. Oleh karena itu, menguasai cara berkomunikasi dengan baik akan memastikan bahwa usaha memiliki representasi terbaik.

3 dari 3 halaman

Keterampilan yang harus dimiliki perempuan untuk memulai usaha

3. Kepemimpinan

Pengusaha perempuan juga perlu meningkatkan kemampuan kepemimpinan mereka agar menjadi lebih baik. Keterampilan kepemimpinan sangat penting bagi siapa pun yang memiliki peran manajerial atau memiliki bisnis. Seorang pemimpin bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan visi perusahaan kepada karyawan dan terus memotivasi mereka agar tetap produktif.

4. Delegasi dan manajemen waktu

Delegasi tugas dan manajemen waktu juga merupakan hal yang penting bagi seorang pengusaha perempuan. Kemampuan untuk merencanakan hari dan mengatur waktu dengan baik sangatlah penting.

Seorang pengusaha perempuan harus memiliki kemampuan untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dan mampu melakukan berbagai tugas. Namun, menjadi pemilik bisnis tidak berarti harus melakukan semuanya sendiri.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pengusaha perempuan untuk memiliki keterampilan manajemen waktu yang baik dan mampu mendelegasikan tugas kepada orang-orang yang dapat dipercaya.

5. Membangun jaringan

Selain itu, membangun jaringan juga merupakan hal yang penting bagi seorang pengusaha perempuan. Kamu perlu membangun hubungan dengan orang-orang yang relevan dalam industri yang sama.

Mengetahui acara-acara industri yang terjadi di kota dan mengenal orang-orang yang menduduki posisi penting di perusahaan akan sangat membantu dalam menjalankan usaha sebagai pengusaha perempuan. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence