Sukses

4 Langkah Hilangkan Rasa Pahit Pare dengan Dua Bahan Dapur Sederhana, Terbukti Efektif!

Ada yang menikmati rasa pahit pare, sementara yang lain mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Pada dasarnya, pare memiliki rasa pahit yang khas. Meski begitu, banyak orang tetap mengonsumsinya. Ada yang menikmati rasa pahit pare, sementara yang lain mengonsumsinya untuk mendapatkan manfaat kesehatan dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Pare memang kaya manfaat kesehatan. Menurut redrickshaw.com, pare mengandung zat besi, magnesium, potasium, vitamin C, dan vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan saraf, mengatur gula darah, dan mengurangi risiko pembentukan batu ginjal.

Namun, banyak orang enggan mengonsumsi pare karena rasa pahitnya yang kuat. Meski begitu, rasa pahit pare dapat dikurangi melalui pengolahan yang tepat.

Salah satu metode yang umum digunakan adalah merendam pare yang sudah diiris dengan garam. Hal ini dapat mengurangi getah yang menyebabkan rasa pahit. Namun, ada kasus di mana metode ini tidak begitu efektif.

Oleh karena itu, beberapa orang memilih metode lain untuk menghilangkan rasa pahit pada pare. Untuk informasi selengkapnya, Liputan6.com telah melansir beberapa langkah untuk mendapatkan pare yang tidak pahit lagi dari berbagai sumber, Senin (7/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Cara Efektif Mengatasi Rasa Pahit Pare Tanpa Garam

Dalam video yang diunggahnya, pengguna TikTok @trihartatiiii menunjukkan cara yang lebih efektif untuk mengatasi rasa pahit pada pare daripada merendamnya dengan garam. Ia menggunakan dua bahan dapur lainnya dalam teknik yang diterapkannya.

3 dari 6 halaman

2. Langkah Pertama

Dalam proses memasak pare, kita dapat menggunakan bahan dapur berupa asam jawa dan daun jambu biji. Sebagai pengganti garam, pare dapat direbus bersama kedua bahan tersebut. Manfaat dari asam jawa dan daun jambu biji adalah untuk menghilangkan getah yang menyebabkan rasa pahit pada pare. Dengan cara merebus, diharapkan rasa pahit pada pare dapat berkurang secara signifikan.

4 dari 6 halaman

2. Langkah Kedua

Siapkan pare dalam jumlah yang cukup untuk langkah selanjutnya. Potong pare sesuai dengan kebutuhan tergantung pada jenis masakan yang akan dibuat. Dalam video tersebut, @trihartatiiii di TikTok memotong pare menjadi potongan bulat dan cukup besar karena akan digunakan untuk membuat siomay. Setelah itu, bersihkan pare dengan melakukan pencabutan dan pembuangan bagian dalamnya.

5 dari 6 halaman

4. Langkah Ketiga

Setelah itu, panaskan air dalam panci hingga mencapai titik didih. Kemudian, tambahkan beberapa keping asam jawa dan 5 lembar daun jambu biji. Aduk rata dan rebus hingga asam jawa larut dan daun menjadi layu. Selanjutnya, masukkan potongan pare yang telah dipersiapkan dan dibersihkan sebelumnya. Rebus pare selama 10 menit saja. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Agar pare lebih bersih dari getah dan tidak terlalu pahit, sebaiknya bilas lagi di bawah air mengalir untuk hasil yang optimal.

6 dari 6 halaman

5. tLangkah Keempat

Pare yang sudah matang dapat segera diolah. Pare dapat digunakan sebagai bahan untuk siomay atau dinikmati langsung sebagai lalapan. Pare juga bisa ditumis dengan berbagai macam bumbu untuk meningkatkan kelezatannya. Dengan menghilangkan rasa pahitnya, pare menjadi lebih enak untuk dinikmati.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence