Sukses

Cara Simpan Pisang Kupas Agar Tetap Segar Hingga 3 Minggu, Awet dan Tak Lembek

Pisang yang matang perlu segera diolah atau dikonsumsi, karena jika tidak, pisang berisiko menjadi lembek dan akhirnya membusuk.

Liputan.com, Jakarta Pisang yang matang perlu segera diolah atau dikonsumsi, karena jika tidak, pisang berisiko menjadi lembek dan akhirnya membusuk. Pisang yang sudah lembek atau terlalu matang biasanya mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga kurang cocok untuk penderita diabetes.

Untuk menjaga kesegaran pisang dan mencegahnya menjadi lembek setelah dikupas, Qta_Az, seorang YouTuber, membagikan beberapa tips dan trik penyimpanan. Cara ini juga lebih praktis ketika Anda ingin menjadikan pisang sebagai camilan.

Penasaran seperti aia? Simak penjelasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com, dari berbagai sumber, Senin (7/10/2024).

2 dari 6 halaman

1. Pastikan Pisang Sudah Matang

Penting untuk memastikan bahwa pisang yang sudah dikupas dan akan disimpan harus berada pada tingkat kematangan yang pas agar tidak terasa pahit.

3 dari 6 halaman

2. Gunakan Wadah Kedap Udara

Untuk memperpanjang umur simpan pisang, penting untuk menyimpan pisang yang sudah dikupas dan matang dalam wadah yang kedap udara. Wadah tersebut bisa berupa toples kedap udara atau plastik vakum, yang mencegah proses oksidasi pisang.

4 dari 6 halaman

3. Simpan Pisang di Kulkas

Menurut Qta_Az dalam videonya, setelah potongan pisang disusun rapi, cukup diletakkan di dalam bagian pendingin, tidak perlu dibekukan.

5 dari 6 halaman

Pisang Kupas Awet 2-3 Minggu

Disarankan untuk mengonsumsi pisang yang sudah dikupas secepat mungkin agar tetap segar, karena jika disimpan selama 2-3 minggu, pisang tersebut akan menjadi tidak layak konsumsi. Untuk mempertahankan kualitas gizi dan tekstur pisang, sebaiknya tidak melebihi tiga minggu.

6 dari 6 halaman

Tips Memilih Pisang yang Berkualitas

  1. Pilihlah pisang yang memiliki aroma yang khas dari buahnya
  2. Usahakan untuk tidak memilih pisang yang tandannya layu atau berwarna kecoklatan
  3. Pilihlah pisang yang kulitnya lebih halus sebagai tanda bahwa buahnya sudah matang
  4. Jangan memilih pisang yang memiliki bercak coklat besar di kulitnya

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence