Sukses

Trik Rahasia Memasak Bihun Agar Kenyal dan Tidak Lembek, Tambah 1 Bahan Saja

Anda hanya perlu memasak bihun sekali tanpa harus merendamnya terlebih dahulu, sehingga menghasilkan tekstur yang kenyal. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Liputan6.com, Jakarta Bihun dapat menjadi pilihan menarik sebagai pengganti nasi untuk makanan pokok, selain mie atau kentang. Bihun juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti bihun goreng atau bihun kuah.

Jika dibandingkan dengan mie, bihun memiliki tekstur yang lebih tipis dan mudah patah. Oleh karena itu, bihun seringkali perlu direbus lebih lama agar tetap kokoh dan kenyal.

Namun, dalam pembuatan bihun goreng, bihun biasanya harus dimasak dua kali, yang sering kali membuatnya menjadi benyek dan kurang menarik. Jangan khawatir, karena kini ada trik khusus agar bihun tetap tidak lembek meskipun tanpa direbus.

Apakah ada bahan khusus yang digunakan? Temukan jawabannya dalam pembahasan yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (8/8/2024) berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trik Memasak Bihun Agar Kenyal dan Tidak Lembek

1. Cuci Bihun Hingga Bersih

Langkah pertama, cukup cuci bihun tanpa perlu merebusnya. Dengan cara ini, tekstur bihun akan tetap kokoh dan tidak menjadi lembek karena tidak terkena panas dari air rebusan.

2. Siapkan Bumbu Bihun

Selanjutnya, campurkan bumbu ke dalam bihun goreng seperti biasa. Pastikan bumbu yang ditambahkan cukup banyak agar bihun memiliki tekstur yang lebih lembut dan tidak terlalu keras.

3. Masukkan Bihun ke dalam Wajan

Ketika bumbu yang dimasak sudah mengeluarkan aroma yang harum, tambahkan bihun ke dalam wajan. Perhatikan bahwa tekstur bihun yang dimasukkan masih sangat kokoh karena belum direndam dalam air panas.

4. Tambahkan Secangkir Air

Untuk membuat bihun yang masih keras menjadi lebih lunak, tambahkan sedikit air ke dalam wajan. Penting untuk tidak menggunakan terlalu banyak air agar bihun tidak menjadi terlalu lembek.

Seperti biasa, aduk bihun secara terus-menerus hingga tercampur rata dengan bumbu. Setelah air di dalam wajan habis, matikan api dan bihun siap disajikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.