Sukses

11 Cara Awet Muda yang Mudah Dilakukan Siapa Saja, Gaya Hidup Terpenting

Cara agar tetap tampak muda dapat dilakukan dengan mudah dan tanpa mengeluarkan banyak uang. Penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Selalu awet muda adalah impian banyak orang, dan tidak sedikit yang rela melakukan berbagai usaha untuk mencapainya. Namun, sebenarnya ada banyak cara mudah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit.

Dengan melakukan perubahan sederhana dalam gaya hidup, kamu bisa memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit tetap sehat, segar, dan bercahaya. Fokuslah pada menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia beragam cara sehat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap terlihat awet muda. Kamu juga bisa memulai dari kebiasaan sehari-hari yang berhubungan dengan perawatan kulit hingga pola hidup sehat yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (2/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Rawat kulit dengan lembut

Penanganan yang kasar dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kemerahan, bintik-bintik kering, atau berjerawat. Jaga agar tetap lembut dengan meminimalkan penggunaan air panas pada wajah, memilih sabun yang lembut, dan menepuk-nepuk kulit hingga kering alih-alih menggosoknya

3 dari 12 halaman

2. Banyak tidur

Kelelahan bisa bikin kulit kamu jadi kendur, sehingga garis-garis halus dan kerutan makin kelihatan. Buat kulit lebih muda dan cerah, dengan kamu tidur cukup di malam hari. Minimal 7 atau 8 jam tidur tanpa gangguan bakal memberikan hasil terbaik.

 

4 dari 12 halaman

3. Tetap terhidrasi

Jangan lupa tetap terhidrasi ya! Minum banyak cairan bisa bikin kulit kamu tetap kenyal dan elastis. Meskipun setiap ahli punya rekomendasi yang berbeda-beda, biasanya kamu butuh setengah galon atau sekitar 2 liter cairan, yang setara dengan 8 gelas air sehari. 

5 dari 12 halaman

4.Cobalah teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocationchin gallate (EGCG), yang dapat melindungi sumber kolagen kulit. Minuman ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Meskipun teh hijau tersedia dalam berbagai suhu, kamu mungkin lebih memilih pilihan es, karena minuman panas dapat menyebabkan reaksi kemerahan pada kulit.

6 dari 12 halaman

5. Hati-hati dengan produk susu

Produk susu, termasuk produk susu skim, tampaknya dikaitkan dengan wabah jerawat. Hormon alami yang terdapat dalam semua produk susu, termasuk minuman, keju cottage, dan makanan penutup seperti serbat, mungkin menjadi penyebabnya. Untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kulit tetap bersih, cobalah mengurangi konsumsi produk susu, atau bahkan menghilangkannya dari pola makan. 

7 dari 12 halaman

6. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak kulit dalam beberapa cara, seperti mengurangi produksi kolagen alami yang menurunkan elastisitas, dan penurunan aliran darah yang menyebabkan pucat dan menyebabkan distribusi nutrisi yang buruk. '

Merokok juga membawa risiko beberapa jenis kanker. Jika Sahabat Fimela merokok, berhentilah sekarang! Jika tidak, jangan mulai, dan kulit akan berterima kasih selama bertahun-tahun yang akan datang.

8 dari 12 halaman

7. Pilih pembersih yang tepat

Apalagi jika kamu memiliki kulit kering, pastikan sabun muka yang digunakan tidak membuat kulit terkelupas. Lebih baik menggunakan pembersih non-sabun untuk menggantikan penghalang kelembaban wajah, melindungi dari kekeringan, pengelupasan, dan eksim.

Oleskan pelembab setelah mencuci muka. Untuk menghindari iritasi, tunggu setidaknya 10 menit setelah mencuci muka untuk menggunakan obat jerawat. 

9 dari 12 halaman

8. Selalu gunakan tabir surya

Melindungi kulit dari sinar matahari akan membantu mencegah kanker di masa depan, serta meminimalkan perkembangan kerutan dan bintik hitam. Gunakan tabir surya berspektrum luas dengan SPF minimal 15, terutama di siang hari, apa pun musimnya. Menggunakan tabir surya secara teratur sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

10 dari 12 halaman

9. Ambil hari libur

Meskipun semua elemen rutinitas perawatan kulit ditujukan untuk mendukung kesehatan kulit, pembersihan harian, pencukuran, atau penggunaan kosmetik dapat menghilangkan minyak alami atau menyebabkan iritasi. Terkadang mengambil cuti sehari dari segala hal kecuali pembersihan dan pelembab paling dasar bisa menjadi ide yang bagus

11 dari 12 halaman

10. Kelola stres

Stres menyebabkan banyak masalah kulit, termasuk menjadi pemicu jerawat dan meningkatkan risiko keriput. Kelola stres dengan menyesuaikan rutinitas Sahabat Fimela, mencari dukungan, dan menyeimbangkan ekspektasi. Mengurangi stres memberi manfaat dalam banyak hal, tidak hanya memperbaiki kulit.

12 dari 12 halaman

11. Rutin Melakukan Pemeriksaan Kesehatan

Cara lainnya sebagai upaya awet muda adalah lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mendeteksi masalah kesehatan lebih awal. Kesehatan yang baik akan tercermin pada penampilanmu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.