Sukses

Kulit Sering Bermasalah Karena Polusi Udara? Ini 3 Tips yang Perlu Dilakukan

Tahukah kamu bahwa polusi udara bisa menjadi ancaman terbesar bagi kecantikan kulitmu? Benar sekali, polusi tidak hanya berdampak buruk pada lingkungan, tetapi juga dapat merusak kulitmu secara perlahan namun pasti.

Liputan6.com, Jakarta Paparan polusi udara yang buruk tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga dapat merusak kulitmu. Dampaknya tidak hanya terbatas pada jerawat atau komedo, tetapi juga bisa memicu masalah kulit lain seperti eksim atau dermatitis atopik.

"Polusi menghasilkan radikal bebas yang menjadi penyebab berbagai masalah kulit. Kulit dapat mengalami peradangan, membuat jerawat lebih sulit hilang dan eksim atau dermatitis atopik lebih mudah kambuh," jelas dokter Claudia Christin, dikutip Liputan6.com dari dream.co pada Jumat (2/8/2024).

Paparan polusi juga dapat merusak lapisan pelindung kulit (skin barrier), membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap berbagai masalah. Salah satu cara untuk mencegah berbagai masalah kulit adalah dengan menggunakan produk yang kaya akan antioksidan, seperti vitamin C.

“Vitamin C bisa menangkan dampak buruk radikal bebas. Aku juga jadi semakin sering pakai vitamin C, nggak cuma pagi aja, di malam hari juga," lanjut Claudia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Pakai Pelembap

Menggunakan pelembap adalah langkah krusial untuk melindungi kesehatan kulit dari ancaman polusi. Ketika kulit terpapar polusi, ia cenderung menjadi lebih kering, yang dapat membuat makeup tampak retak dan tidak rata.

"Meskipun kita hidup di lingkungan yang lembap, tetap penting untuk memakai pelembap yang dapat berfungsi sebagai pelindung kulit agar polusi tidak langsung mengenai kulit," jelasnya.

3 dari 4 halaman

2. Lakukan Double Cleansing

Tentu saja, kamu perlu lebih rajin membersihkan wajah dengan melakukan double cleansing setiap hari untuk memastikan kulitmu benar-benar bersih.

"Kamu harus lebih giat membersihkan wajah dan lakukan double cleansing. Dulu, aku bilang double cleansing itu opsional, tapi sekarang sangat disarankan agar pori-pori lebih bersih dan masalah kulit tidak mudah muncul," kata dr. Claudia.

4 dari 4 halaman

3. Gunakan Pembersih Berformula Ringan

Mulailah rutinitas double cleansing dengan menggunakan micellar water atau facial wash yang memiliki formula ringan serta bebas dari parfum dan alkohol, agar kulitmu tetap sehat meski menggunakan dua produk pembersih setiap hari.

Namun, pastikan kamu memilih micellar water dan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulitmu. "Sebenarnya, dampak buruk dari double cleansing tidak seberapa dibandingkan dengan manfaat baiknya, jadi lakukan saja," ujar Claudia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.