Sukses

8 Cara Efektif Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi, Cocok Bagi Kaum Pelupa

Jangan biarkan fokusmu melemah, pahami tanda-tandanya dan temukan trik jitu untuk mengatasi hal tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan yang serba cepat dan penuh distraksi saat ini, mempertahankan daya konsentrasi menjadi tantangan bagi banyak orang. Berbagai faktor, mulai dari teknologi yang mengganggu hingga stres, dapat mengurangi kemampuan manusia untuk fokus pada tugas yang ada.

Tanpa konsentrasi yang baik, produktivitas dan kualitas kerja bisa menurun, yang dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan, termasuk studi, pekerjaan, dan kesehatan mental. Oleh karena itu, penting untuk menemukan cara yang efektif untuk meningkatkan daya konsentrasi agar dapat berfungsi dengan optimal.

Jangan khawatir, dalam artikel ini mari mengulas beragam tips meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, pada Jumat (2/8/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Menghindari multitasking

Multitasking adalah kegiatan melakukan beberapa tugas secara bersamaan, yang melibatkan perpindahan antara satu tugas ke tugas lainnya secara berulang. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dalam menjalankan tugas-tugas tersebut karena terbatasnya kapasitas otak untuk mengelola banyak informasi secara bersamaan. Menghindari kebiasaan multitasking, dapat memberikan ruang yang lebih besar bagi otak untuk fokus pada satu tugas secara efisien, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.

3 dari 9 halaman

2. Meningkatkan kualitas tidur yang cukup

Memperoleh tidur yang cukup dapat membantu meningkatkan konsentrasi, karena kurang tidur dapat memengaruhi perhatian dan waktu respons. Banyak ahli merekomendasikan agar dewasa memperoleh 7 hingga 8 jam tidur setiap malam. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kualitas tidur: 

  • Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman dengan menjaga suhu ruangan yang sejuk dan mematikan alat-alat elektronik satu jam sebelum tidur.
  • Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur, seperti mendengarkan musik lembut, mandi air hangat, atau membaca buku.
  • Tetap konsisten dengan jadwal tidur, bahkan pada akhir pekan, dengan cara tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.Rajin berolahraga, tetapi hindari melakukan latihan berat menjelang tidur.
4 dari 9 halaman

3. Bermain permainan otak

Sebuah penelitian pada tahun 2015 yang melibatkan 4.715 orang dewasa menunjukkan bahwa menghabiskan 15 menit sehari, 5 hari seminggu, untuk aktivitas pelatihan otak dapat meningkatkan konsentrasi. Permainan otak juga dapat membantu mengembangkan kemampuan memori kerja dan jangka pendek, serta kemampuan pemrosesan dan pemecahan masalah.  Berikut rekomendasi permainan yang direkomendasikan;

  • sudoku
  • teka-teki silang
  • catur
  • puzzle
  • pencarian kata atau teka-teki acak
5 dari 9 halaman

4. Luangkan waktu untuk berolahraga

Sebuah penelitian pada tahun 2018 yang melibatkan 116 anak kelas lima menemukan bukti yang menyarankan bahwa aktivitas fisik harian dapat membantu meningkatkan baik konsentrasi maupun perhatian setelah hanya 4 minggu. Penelitian lain yang melibatkan orang dewasa yang lebih tua menunjukkan bahwa satu tahun melakukan aktivitas fisik aerobik sedang dapat membantu menghentikan atau bahkan membalikkan kehilangan memori yang terjadi akibat pengecilan otak yang terkait dengan usia. Yuk, luangkan waktu untuk berolahraga, agar daya ingat bisa meningkat.   

6 dari 9 halaman

5. Menjelajahi alam

Menurut American Psychological Association (APA), menghabiskan waktu di alam dapat memberikan dampak positif pada kesehatan fisik dan mental. Penelitian pada tahun 2014 menemukan bukti yang menyarankan bahwa menyertakan tanaman di ruang kantor membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, serta kepuasan kerja dan kualitas udara.

Cobalah untuk keluar setiap hari, bahkan hanya sebentar saja. Sahabat Fimela bisa mengambil jalan-jalan singkat melalui taman atau duduk di halaman atau pekarangan belakang rumah. Hal ini bisa meningkatkan daya ingat dan membuat hatimu menjadi lebih bahagia. 

7 dari 9 halaman

6. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik saat bekerja atau belajar dapat membantu meningkatkan konsentrasi, tetapi hal ini tergantung pada individu masing-masing. Meskipun demikian, menggunakan suara alam atau suara putih untuk menyamarkan suara latar belakang juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak lainnya, menurut penelitian. Jika ingin mendengarkan musik, berikut beberapa tipsnya:

  • Pilih musik instrumental daripada lagu dengan lirik.
  • Pertahankan volume musik sebagai latar belakang.
  • Pilih musik yang netral dan hindari musik yang disuka atau tidak suka.
8 dari 9 halaman

7. Variasikan pola makan

Variasi dalam pola makan dapat berpengaruh pada kemampuan kognitif seperti konsentrasi dan ingatan. Untuk meningkatkan konsentrasi, disarankan untuk menghindari makanan olahan, terlalu banyak gula, dan makanan berlemak atau berminyak. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak dari yang berikut ini:

  • Ikan berlemak (seperti salmon )
  • Telur (putih dan kuning)
  • BlueberryBayam
9 dari 9 halaman

8. Latihan meditasi atau mindfulness

Luangkan waktu untuk meditasi atau latihan mindfulness setiap hari. Ini dapat membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kemampuanmu untuk fokus pada tugas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.