Sukses

Bacaan Istighosah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Istighosah adalah bacaan doa yang sering dipanjatkan dalam tradisi Islam untuk memohon pertolongan dan ampunan dari Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Istighosah adalah bacaan doa yang sering dipanjatkan dalam tradisi Islam untuk memohon pertolongan dan ampunan dari Allah SWT. Bacaan ini umumnya dilakukan dalam konteks situasi yang memerlukan bantuan atau dalam acara-acara keagamaan sebagai bentuk permohonan perlindungan dan berkah. Istighosah merupakan cara bagi umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah dan menunjukkan ketergantungan sepenuhnya pada-Nya.

Manfaat dari bacaan istighosah sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Selain memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu, bacaan ini juga membantu membersihkan hati dan jiwa dari berbagai kesalahan serta mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdoa menggunakan istighosah, seseorang dapat merasakan ketenangan batin dan kekuatan dalam menghadapi berbagai ujian dan tantangan hidup.

Lebih jauh, bacaan istighosah juga dikenal memiliki efek positif dalam membangun rasa kebersamaan di antara umat Islam. Ketika dilakukan dalam suatu kelompok atau acara komunitas, istighosah memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan rasa persaudaraan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai bacaan Istighosah lengkap yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/8/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Bacaan Istighosah

Dalam bahasa Arab, istighosah berasal dari kata "thalab al-ghauts" (طَلَبُ الغَوْثِ) yang secara harfiah berarti meminta pertolongan kepada Allah SWT. Istighosah merupakan salah satu bentuk doa yang sangat dianjurkan dalam Islam. Bacaan doa istighosah sendiri adalah kumpulan dari berbagai doa, selawat, dan wirid atau zikir, yang utamanya adalah bacaan istighfar, yang diharapkan agar Allah SWT berkenan mengabulkan permohonan tersebut.

Pelaksanaan istighosah ini biasanya dilakukan atas dasar adanya kejadian tertentu yang dirasakan secara kolektif oleh sebuah komunitas atau jamaah. Misalnya, ketika menghadapi ujian yang berat, meminta perlindungan dari wabah penyakit atau bencana alam, ataupun memohon keselamatan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Rasulullah SAW bersabda tentang istighosah sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari berikut:

"Matahari akan mendekat ke kepala manusia di hari kiamat, sehingga keringat sebagian orang keluar mencapai telinganya, ketika mereka berada pada kondisi seperti itu mereka beristighosah (meminta pertolongan) kepada Nabi Adam, kemudian kepada Nabi Musa, kemudian kepada Nabi Muhammad."

Selain itu, pelaksanaan istighosah seringkali diawali dengan sholat sunnah hajat yang ditujukan secara khusus kepada Allah SWT, dengan harapan bahwa melalui sholat dan doa yang khusyuk ini, segala permohonan dan harapan yang disampaikan akan lebih mudah diijabah oleh Allah SWT.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Istighosah

Istighosah dimulai dengan membaca basmalah kemudian diikuti dengan membaca Al-Fatiha, dan beristighfar sebanyak 3 kali.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Arab Latin: Bismillaahir rahmaanir rahiim. Alhamdulillaahi rabbil aalamiin. Ar rahmaanir rahiim. Maaliki yaumiddin. Iyyaaka na'budu wa iyyaaka nasta'iin. Ihdinash shiraathal mustaqiim. Shiraathal ladziina an'amta alaihim ghoiril maghdhuubi'alaihim waladhaalliin.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Yang maha pengasih lagi maha penyayang. Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah, dan hanya kepada Engkaulah pula kami memohon pertolongan.

Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahi nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat, semoga Engkau kabulkan permohonan kami."

أَسْتَغْفِرُ ٱللّٰهَ الْعَظِيْمَ

Arab Latin: Astaghfirullahal adzhiim (3x)

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

 أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ

Arab Latin: Astaghfirullahalazim

Artinya: Saya mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِا للهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ 

Arab Latin: La haula wa la quwwata iilla billahil aliyyil azhim. (3x)

Artinya: Tiada daya untuk menjauhi maksiat kecuali dengan pemeliharaan Allah dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan kecuali dengan pertolongan Allah.

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ   

Arab Latin: Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammad wa alaa ali sayyidinaa Muhammad. (3x)

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarganya.

لَا إلهَ إلَّا أنْتَ سُبْحَانَكَ إنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ 

Arab Latin: Laillaha illa anta subhanaka inni kuntu minadhdhalimin. (40x)

Artinya: Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang telah berbuat dzalim.

يَا اَللهُ يَا قَدِيْمُ 

Arab Latin: Ya Allahu ya Qadiim. (33x)

Artinya: Wahai Allah, Wahai Dzat yang ada tanpa permulaan.

يَا سَمِيْعُ يَا بَصِيْرُ

Arab Latin: Ya sami’ yaa bashir. (33x) 

Artinya: Ya Allah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

يَا مُبْدِعُ يَا خَالِقُ

Arab Latin: Ya mubdi’u yaa kholiq. (33x)

Artinya: Wahai Dzat yang mewujudkan sesuatu dari tidak ada, wahai Dzat Yang Maha Pencipta.

يَا حَفِيْظُ يَا نَصِيْرُ يَا وَكِيْلُ ياَ اللهُ

Arab Latin: Yaa hafiizhu yaa nashiiru yaa wakiilu ya Allah. (33x)

Artinya: Wahai Dzat yang memelihara dari keburukan dan kebinasaan, wahai Dzat Yang Maha menolong, wahai Dzat yang menjamin rizki para hamba dan mengetahui kesulitan-kesulitan hamba, ya Allah.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أسْتَغِيْثُ 

Arab Latin: Yaa hayyu yaa qayyumu birahmatika astaghits.(33x)

Artinya: Wahai Dzat Yang Hidup, yang terus menerus mengurus makhluknya, dengan rahmat-Mu aku memohon pertolongan-Mu.

4 dari 4 halaman

Lanjutannya

يَا لَطِيْفُ

Arab Latin: Yaa lathiif. (41x)

Artinya: Wahai Dzat yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

أسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ إنَّهُ كَانَ غَفَّارًا

Arab Latin: Astaghfirullahalazhiima innahu kaana ghaffaraa. (33x)

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, sunggu Allah Dzat yang Maha Pengampun.

أللَّهُمَّ صَلِّي عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ قَدْ ضَاقَتْ حِيْلَتِي أدْرِكْنِي يَا اَللهُ

Arab Latin: Allahumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin qad dhaaqat hiilatii adriknii yaa Allah. (3x)

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kemuliaan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, sungguh telah habis daya dan upayaku maka tolonglah kami, Ya Allah Ya Allah Ya Allah.

أللّهُمَّ صَلِّي صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ الّذِي تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Arab Latin: Allahumma sholli sholaatan kaamilatan wa sallim salamaatan taamman ‘alaa sayyidinaa Muhammadilladzii tanhaalu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihilkurabu wa tuqdhaa bihilhawaa-iju wa tunaalu bihirraghaa ibu wa husnulkhawaatimi wa yustasqalghamaamu bi wajhihilkariimi wa ‘alaa aalihi wa shahbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi’adadi kulli ma’luumin laka.

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta khusnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau.

يَا بَدِيْعُ

Arab Latin: Yaa badii'u (41x)

Artinya: Wahai Dzat yang menciptakan makhluk tanpa ada contoh sebelumnya."

حَسْبُنَا اللّٰهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

Arab Latin: Hasbunallahu wani'mal wakiil (33x)

Artinya: Cukup bagi kami Allah, dan Dia sebaik-baik penolong.

Setelah membaca bacaan doa istighosah, bisa ditutup dengan melafalkan doa tahlil agar lebih sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.