Sukses

Cuma Butuh 10 Menit, Begini 4 Trik Lunakkan Ceker Ayam Cukup dengan 1 Bahan Dapur

Apakah Anda pecinta ceker ayam namun sering kesulitan melunakkannya? Tenang saja, kini ada trik sederhana yang bisa Anda coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Meski hanya memiliki sedikit daging, ceker ayam ternyata sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang unik, ceker ayam juga kaya akan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tekstur ceker yang kenyal dan lembut membuatnya semakin diminati.

Namun, mengolah ceker ayam hingga menjadi lembut bukanlah tugas yang mudah. Biasanya, ceker ayam harus direbus dalam waktu yang cukup lama atau dimasak dengan tekanan tinggi agar menjadi empuk.

Tapi jangan khawatir! Kini Anda bisa membuat ceker ayam lebih lunak hanya dengan menggunakan satu jenis bumbu dapur. Penasaran bagaimana caranya? Simak 4 trik yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber berikut ini, Jumat (2/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Trik Lunakkan Ceker Ayam

1. Rebus Ceker dengan Air Mendidih

Langkah pertama, didihkan air dalam jumlah yang cukup di sebuah panci besar. Setelah air mendidih, masukkan ceker yang telah dicuci bersih ke dalam panci. Rebus ceker tersebut selama lima menit dengan panci tertutup. Untuk menghilangkan bau amis pada ceker, tambahkan ½ - 1 ruas jahe ke dalam air rebusan.

2. Diamkan Selama Setengah Jam

Setelah mendidih selama lima menit, matikan kompor dan biarkan panci tetap tertutup. Diamkan ceker ayam selama tiga puluh menit tanpa membuka tutupnya.

3. Rebus Lagi Selama 5 Menit

Setelah didiamkan selama kurang lebih tiga puluh menit, nyalakan kembali kompor dan rebus ceker ayam selama lima menit. Meskipun pada tahap ini ceker ayam sudah cukup empuk, ada baiknya untuk direbus lagi agar lebih empuk dan lumer.

4. Ceker Jadi Lembut

Setelah air mendidih selama lima menit, segera matikan kompor. Pada saat ini, ceker sudah memiliki tekstur yang cukup empuk dan siap untuk diolah lebih lanjut. Metode ini juga dikenal dengan nama “5-30-5”. Teknik ini juga terbukti efektif untuk melembutkan bagian ayam yang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.