Sukses

4 Plus Minus Menggunakan Sheet Mask dengan Kandungan Retinol Setiap Hari

Dengan segala keajaiban yang dimilikinya, retinol menjadi senjata rahasia yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit, memberikan keindahan yang memukau pada penampilan kulit Anda.

Liputan6.com, Jakarta Sejak demam Korea melanda, berbagai tren dari Negeri Ginseng ini mulai diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Salah satu tren yang paling populer adalah penggunaan sheet mask, yang sering kita lihat dalam drama Korea. Sheet mask adalah masker wajah berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami seperti kertas, katun, selulosa, atau pulp kelapa.

Lembaran ini telah diperkaya dengan serum dan air sebagai bahan utamanya, serta beragam kandungan seperti vitamin, mineral, dan protein tertentu sesuai dengan jenis dan manfaat yang ditawarkan. Sheet mask ini dikemas secara praktis dan hanya untuk sekali pakai.

Walau terlihat sederhana, penggunaan sheet mask secara rutin ternyata dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kulit wajah. Sheet mask membantu melembapkan kulit wajah berkat kandungan serum dan airnya. Berbagai kandungan seperti vitamin, peptida, dan bahan aktif lainnya dalam sheet mask juga memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit.

Tidak hanya itu, sheet mask juga efektif dalam mengatasi kulit lelah dan dehidrasi, serta membuat kulit terasa lebih segar dan kenyal. Beberapa varian sheet mask bahkan diklaim mampu mencerahkan kulit wajah, membuatnya terlihat lebih bersih dan bercahaya. Sheet mask dengan kandungan tertentu juga dapat membantu memperbaiki elastisitas kulit.

Yang paling terbaru, ada sheet mask dengan kandungan retinol. Retinol adalah turunan dari vitamin A yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Bahan ini bekerja dengan cara mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat.

Berkat fungsinya ini, retinol banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan mempercantik tampilan kulit. Namun, apakah aman menggunakan sheet mask dengan kandungan retinol setiap hari? Simak plus minusnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber ini, Jumat (2/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Plus Minus Menggunakan Sheet Mask dengan Kandungan Retinol Setiap Hari

Penggunaan sheet mask yang mengandung retinol setiap hari memerlukan perhatian khusus. Retinol adalah bahan aktif yang cukup kuat, dan jika digunakan secara berlebihan atau tidak tepat, dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan meliputi:

1. Konsentrasi Retinol

Disarankan untuk memulai dengan konsentrasi retinol yang rendah, sekitar 0,01%, terutama jika kamu baru pertama kali menggunakan produk dengan kandungan retinol. Setelah kulit beradaptasi, konsentrasi retinol dapat ditingkatkan secara bertahap.

2. Pemakaian pada Malam Hari

Produk skincare yang mengandung retinol sebaiknya digunakan pada malam hari. Hal ini karena retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga penggunaannya di pagi hari dapat meningkatkan risiko kulit menjadi lebih merah dan terbakar ketika terkena sinar matahari.

3. Pemakaian yang Tepat

Penggunaan retinol setiap hari tidak selalu dianjurkan, terutama untuk pemula. Kulit memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan bahan aktif ini. Hindari pemakaian retinol setiap hari secara langsung, terutama jika kamu baru pertama kali menggunakan produk dengan kandungan retinol.

4. Efek Samping dan Adaptasi Kulit

Retinol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif dan mengalami efek samping seperti kemerahan, mengelupas, atau iritasi. Penting untuk memantau reaksi kulit dan memberikan waktu bagi kulit untuk beradaptasi dengan kandungan retinol.

Dari sini bisa dipahami bahwa penggunaan sheet mask dengan kandungan retinol setiap hari harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing individu. Jika perlu, konsultasikan dengan ahli dermatologi atau praktisi perawatan kulit untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu sebelum menggunakan sheet mask dengan kandungan retinol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.