Sukses

5 Makanan Lezat yang Efektif Mengatasi Gejala Flu dan Membantu Pemulihan

Menghadapi flu bisa sangat melelahkan, tetapi memilih makanan yang tepat dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan meredakan gejala.

Liputan6.com, Jakarta Menghadapi flu bisa sangat melelahkan, tetapi memilih makanan yang tepat dapat membantu mempercepat proses pemulihan dan meredakan gejala. Makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral dapat mendukung sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, serta memberikan efek menenangkan pada tenggorokan yang iritasi.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, Anda dapat membuat hidangan yang tidak hanya lezat tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Artikel ini akan membahas lima makanan enak yang bisa membantu mengatasi gejala flu dan mempercepat pemulihan.Mulai dari sup ayam yang klasik hingga teh jahe yang hangat, pilihan makanan yang tepat dapat membuat perbedaan besar saat Anda merasa tidak enak badan.

Sup ayam, misalnya, dikenal efektif meredakan hidung tersumbat dan memberikan keleluasaan pada sistem pencernaan. Di sisi lain, makanan seperti buah-buahan yang kaya vitamin C dan teh herbal dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan memilih dan mengonsumsi makanan yang tepat, Anda tidak hanya meredakan gejala flu tetapi juga mendukung tubuh dalam proses penyembuhan yang optimal, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (3/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Teh Jahe Hangat

Teh jahe hangat adalah makanan pertama yang bisa mengatasi gejala flu. Jahe memiliki kandungan antioksidan dan nutrisi yang luar biasa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, aroma jahe yang harum juga dapat memberikan rasa lega pada tenggorokan yang gatal akibat flu. Tidak hanya bisa diseduh sebagai minuman hangat, jahe juga dapat ditambahkan ke dalam sup, kue kukus, dan berbagai masakan lainnya untuk meredakan gejala flu.

3 dari 6 halaman

2. Sup ayam

Sup ayam menjadi pilihan ideal untuk meredakan gejala flu yang mengganggu. Kandungan nutrisi yang melimpah dalam sup ayam tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi juga memberikan kelembutan pada lidah. Selain itu, sup ayam juga menjadi sumber cairan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh saat sedang berjuang melawan flu.

Tak hanya itu, sup ayam yang disajikan dengan sayuran segar akan memberikan manfaat luar biasa dalam proses pemulihan tubuh. Kombinasi sempurna antara ayam yang lezat dan sayuran yang segar memberikan khasiat yang begitu mengesankan.

Dalam setiap sendok sup ayam yang hangat, dapat merasakan kehangatan dan kelezatan yang membangkitkan semangat anda untuk sembuh dengan cepat. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk menjadikan sup ayam sebagai makanan andalan saat sedang mengalami flu. Nikmati kelezatan dan manfaatnya yang luar biasa, serta rasakan pemulihan tubuh yang begitu memuaskan.

4 dari 6 halaman

3. Bawang Putih

Ahli meyakini bahwa bawang putih adalah salah satu makanan super yang harus dikonsumsi setiap hari dengan takaran yang tepat. Bawang putih mengandung banyak nutrisi dan antioksidan terbaik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan meredakan gejala flu.

Selain itu, bawang putih juga dikatakan dapat mengontrol gula darah, tekanan darah tinggi, dan kolesterol dengan lebih baik. Jika Anda mengonsumsi 1 hingga 2 siung bawang putih yang dibakar setiap hari, manfaat yang luar biasa bagi kesehatan bisa Anda dapatkan.

5 dari 6 halaman

4. Buah-buahan Sitrus

Buah-buahan sitrus dengan kadar asam yang melonjak, memberikan berlimpah manfaat untuk kesehatan. Buah-buahan ini, seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan saudaranya, mampu menenangkan gejala flu dengan kecepatan kilat. Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah-buahan ini, sungguh ideal untuk memperkuat stamina dan memulihkan kesehatan yang sedang terguncang.

6 dari 6 halaman

5. Yogurt

Yogurt menjadi pilihan terbaik dalam meredakan gejala flu yang mengganggu. Makanan ajaib ini mampu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kecepatan dan efektivitas yang luar biasa. Sambil daya tahan tubuhmu semakin kuat, gejala flu yang meresahkan akan perlahan-lahan menghilang.

Nah, itulah beberapa makanan yang bisa menjadi penyembuh cepat dan tepat untuk flu yang mengganggu. Selain itu, beragam manfaat lainnya juga tersimpan dalam aneka makanan ini, seperti menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol yang melonjak. Jadi, informasi ini sangat berharga dan bisa memberikan manfaat yang besar .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.