Sukses

12 Tips Awet Muda yang Mudah Dicoba Siapa Saja, Dari Perawatan Kulit hingga Gaya Hidup

Meningkatkan perawatan kulit dapat membantumu mendapatkan kesan pertama sebagai orang yang lebih muda dan sehat.

Liputan6, Jakarta Penuaan merupakan proses alami yang dialami setiap orang. Kamu mungkin memperhatikan rambut memutih atau kulit mulai kendur dan berkerut. Kulit adalah salah satu atribut yang paling terlihat karena mempengaruhi kesan pertama orang terhadapmu.

Oleh karena itu, meningkatkan perawatan kulit dapat membantumu mendapatkan kesan pertama yang lebih muda dan sehat. Kamu bisa memilih untuk memperlambat atau memperbaiki tanda-tanda penuaan dengan pola makan seimbang, perawatan kulit, dan aktivitas fisik teratur.

Di bawah ini akan dipaparkan dengan mendalam mengenai tips dan trik perawatan kulit agar tetap awet muda. Tanpa berbasa-basi, berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dilansir Liputan6.com dari  berbagai sumber, pada Senin (19/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 13 halaman

1. Banyak tidur

Untuk memiliki kulit yang lebih muda dan cerah, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Setidaknya 7 atau 8 jam tidur tanpa gangguan akan memberikan hasil terbaik. Selain itu, minum banyak cairan akan menjaga kulitmu tetap kencang dan elastis.

Asupan sekitar setengah galon, atau 2 liter, setara dengan sekitar 8 gelas air sehari, sangat dianjurkan. Penting juga untuk minum secukupnya saat mengonsumsi alkohol untuk menghindari dehidrasi.

3 dari 13 halaman

2. Cobalah teh hijau

Teh hijau mengandung epigallocationchin gallate (EGCG), yang dapat melindungi sumber kolagen kulit. Minuman ini juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Meskipun teh hijau tersedia dalam berbagai suhu, Kamu mungkin lebih memilih pilihan es, karena minuman panas dapat menyebabkan reaksi kemerahan pada kulit.

4 dari 13 halaman

3. Berhenti merokok

Merokok dapat merusak kulit dalam beberapa cara, seperti mengurangi produksi kolagen alami yang menurunkan elastisitas, dan penurunan aliran darah yang menyebabkan pucat dan menyebabkan distribusi nutrisi yang buruk.  Merokok juga membawa risiko beberapa jenis kanker.  Jika kamu merokok, berhentilah sekarang! Jika tidak, jangan mulai, dan kulit akan berterima kasih selama bertahun-tahun yang akan datang.

5 dari 13 halaman

4. Ambil hari libur

Meskipun semua elemen rutinitas perawatan kulit ditujukan untuk mendukung kesehatan kulit, pembersihan harian, pencukuran, atau penggunaan kosmetik dapat menghilangkan minyak alami atau menyebabkan iritasi. Terkadang mengambil cuti sehari dari segala hal kecuali pembersihan dan pelembab paling dasar bisa menjadi ide yang bagus

6 dari 13 halaman

5. Selalu gunakan tabir surya

Meskipun semua elemen rutinitas perawatan kulit ditujukan untuk mendukung kesehatan kulit, pembersihan harian, pencukuran, atau penggunaan kosmetik dapat menghilangkan minyak alami atau menyebabkan iritasi. Terkadang mengambil cuti sehari dari segala hal kecuali pembersihan dan pelembab paling dasar bisa menjadi ide yang bagus

7 dari 13 halaman

6. Rawat kulit dengan lembut

Penanganan yang kasar dapat mengiritasi kulit, menyebabkan kemerahan, bintik-bintik kering, atau berjerawat. Jaga agar tetap lembut dengan meminimalkan penggunaan air panas pada wajah, memilih sabun yang lembut, dan menepuk-nepuk kulit hingga kering alih-alih menggosoknya

8 dari 13 halaman

7. Tetap terhidrasi

Minum banyak cairan akan menjaga kulitmu tetap kencang dan elastis. Meskipun pedoman yang berbeda memberikan rekomendasi berbeda-beda, biasanya asupan sekitar setengah galon, atau 2 liter, setara dengan sekitar 8 gelas air sehari. Salah satu efek samping alkohol adalah dehidrasi, jadi minumlah secukupnya, dan pastikan untuk menemani minuman beralkohol dengan banyak air.

9 dari 13 halaman

8. Hati-hati dengan produk susu

Produk susu, termasuk produk susu skim, tampaknya dikaitkan dengan wabah jerawat. Hormon alami yang terdapat dalam semua produk susu, termasuk minuman, keju cottage, dan makanan penutup seperti serbat, mungkin menjadi penyebabnya. Untuk menghilangkan jerawat dan menjaga kulit tetap bersih, cobalah mengurangi konsumsi produk susu, atau bahkan menghilangkannya dari pola makan.

10 dari 13 halaman

9. Pilih pembersih yang tepat

Apalagi jika kamu memiliki kulit kering, pastikan sabun muka yang digunakan tidak membuat kulit terkelupas. Lebih baik menggunakan pembersih non-sabun untuk menggantikan penghalang kelembaban wajah, melindungi dari kekeringan, pengelupasan, dan eksim. Oleskan pelembab setelah mencuci muka. Untuk menghindari iritasi, tunggu setidaknya 10 menit setelah mencuci muka untuk menggunakan obat jerawat.

11 dari 13 halaman

10. Kelola stres

Stres menyebabkan banyak masalah kulit, termasuk menjadi pemicu jerawat dan meningkatkan risiko keriput. Kelola stres dengan menyesuaikan rutinitasmu, mencari dukungan, dan menyeimbangkan ekspektasi. Mengurangi stres memberi manfaat dalam banyak hal, tidak hanya memperbaiki kulit.

12 dari 13 halaman

11. Aktif Secara Sosial

Kesehatan mental yang baik berkontribusi pada penampilan fisik yang segar dan awet muda. Mengelola kesehatan mental melalui terapi, konseling, atau teknik relaksasi dapat membantu menjaga keseimbangan emosi dan memperlambat proses penuaan.

13 dari 13 halaman

12. Perhatikan Kesehatan Mental

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan menjaga hubungan yang sehat dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan emosional. Keterlibatan sosial juga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan rasa kebahagiaan yang memengaruhi penampilan fisik.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.