Sukses

Cara Menyimpan Jagung Agar Tetap Segar dan Tahan Hingga 3 Minggu, Tanpa Freezer

Anda bisa menjaga kesegaran jagung dan membuatnya tahan hingga 3 minggu dengan cara penyimpanan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Jagung adalah bahan makanan serbaguna yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mulai dari digoreng, ditumis, hingga dijadikan bubur, jagung menawarkan variasi rasa yang menggugah selera. Selain itu, jagung juga dapat menjadi alternatif makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang mirip dengan nasi.

Menurut informasi dari John Hopkins, jagung kaya akan serat, baik yang larut maupun tidak larut. Serat larut dalam jagung membentuk gel di dalam usus yang membantu mengatur kadar kolesterol, sehingga baik untuk kesehatan.

Dengan segala manfaat tersebut, tidak heran jika banyak orang memilih untuk menyimpan persediaan jagung di rumah. Beberapa orang bahkan menyimpannya di dalam freezer untuk menjaga kesegarannya. Namun, menyimpan jagung di dalam freezer terkadang tidak praktis dan bisa membuat jagung menjadi keriput jika terlalu lama dibekukan.

Tetapi, pemilik kanal YouTube Keluarga Pakdono memiliki teknik khusus untuk menyimpan jagung. Ia mengklaim bahwa dengan metode ini, jagung dapat tetap segar hingga tiga minggu ke depan, seperti yang dilansir oleh Liputan6.com pada Senin (19/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Pakai plastik wrap

Langkah pertama, siapkan lapisan plastik terlebih dahulu. Berdasarkan informasi dari Federasi Plastik Inggris (BPF), lapisan plastik ini setidaknya dapat menjaga kesegaran serta menyimpan barang atau makanan selama 5-10 hari.

Hal ini sangat wajar, mengingat lapisan plastik mampu menutup dengan rapat dan mencegah paparan oksigen. Selain itu, bahan plastik tersebut juga efektif dalam menangkal aroma makanan.

3 dari 5 halaman

2. Jangan cuci dan kupas jagung

Untuk memastikan jagung tetap segar dan berkualitas tinggi selama penyimpanan, sebaiknya jagung tidak dikupas terlebih dahulu.

Langkah ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh paparan oksigen. Oleh karena itu, proses pembersihan jagung tidak perlu dilakukan karena kulitnya masih utuh.

4 dari 5 halaman

3. Bungkus jagung

Letakkan jagung di tengah-tengah selembar plastik pembungkus. Lipat bagian kanan plastik ke arah tengah dan kencangkan di bawah jagung.

Setelah itu, lipat bagian kiri plastik hingga jagung tertutup rapat. Jangan lupa untuk menutup ujung-ujung plastik dengan selotip agar lebih kokoh.

5 dari 5 halaman

4. Simpan di chiller

Lebih disarankan untuk menyimpan jagung yang telah dibungkus dengan plastik wrap di dalam chiller daripada di freezer. Dengan bungkus plastik yang rapat, suhu dingin di chiller dapat mempertahankan kesegaran jagung hingga tiga minggu tanpa membuatnya menjadi keriput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.