Sukses

Cara Cepat dan Mudah Melunakkan Ceker Ayam dalam 10 Menit dengan 1 Bahan Saja

Coba cara praktis dan cepat untuk melunakkan ceker ayam hanya dengan satu bahan dapur. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Siapa sangka, meskipun hanya memiliki sedikit daging, ceker ayam ternyata sangat digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang khas, ceker ayam juga kaya akan kolagen yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Tekstur ceker yang kenyal dan lembut pun menambah daya tariknya.

Namun, mengolah ceker ayam hingga lembut dan empuk bukanlah perkara mudah. Biasanya, ceker ayam harus direbus dalam waktu yang cukup lama atau dimasak dengan tekanan tinggi agar mencapai tekstur yang diinginkan.

Tapi, seorang pengguna TikTok dengan akun @sakuraku9 telah menemukan cara praktis untuk mengempukkan ceker ayam hingga lumer di mulut. Menariknya, ia hanya menggunakan satu jenis bumbu dapur saja.

Penasaran bumbu dapur apa yang ia gunakan? Mari simak ulasan lengkapnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com pada Senin (19/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rebus ceker dengan air mendidih

Langkah pertama, panaskan air dalam jumlah yang cukup di sebuah panci besar hingga mendidih. Setelah air mendidih, masukkan ceker yang telah dicuci bersih ke dalam panci tersebut. Rebus ceker selama lima menit dengan panci dalam keadaan tertutup. Untuk menghilangkan bau amis pada ceker, tambahkan ½ hingga 1 ruas jahe ke dalam air rebusan.

3 dari 5 halaman

2. Diamkan selama setengah jam

Panaskan ceker ayam dengan api besar hingga mendidih selama lima menit. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan panci tetap tertutup. Diamkan ceker ayam di dalam panci selama tiga puluh menit tanpa membuka tutupnya.

4 dari 5 halaman

3. Rebus lagi selama 5 menit

Setelah dibiarkan selama sekitar tiga puluh menit, hidupkan kembali kompor dan rebus ceker ayam selama lima menit. Meskipun pada tahap ini ceker ayam sudah cukup empuk, sebaiknya direbus lagi agar semakin lembut dan lumer di mulut.

5 dari 5 halaman

4. Ceker jadi lembut

Begitu air mendidih selama lima menit, segera matikan kompor. Pada tahap ini, ceker sudah mencapai tekstur yang cukup empuk dan siap untuk diolah lebih lanjut.

Metode yang diperkenalkan oleh TikToker @sakuraku9 ini dikenal dengan sebutan “5-30-5”. Teknik ini juga terbukti efektif dalam melembutkan bagian ayam lainnya.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.