Sukses

Mengungkap 5 Manfaat Kesehatan Daun Kemangi yang Perlu Anda Ketahui

Ternyata, daun kemangi yang sering dijumpai dalam sajian lalapan memiliki manfaat yang tak terduga!

Liputan6.com, Jakarta Daun kemangi, sering dianggap sebagai tanaman herbal yang hanya mempercantik hidangan, sebenarnya memiliki berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Dengan aroma segar dan rasa yang khas, daun kemangi tidak hanya memberikan cita rasa pada makanan tetapi juga menawarkan berbagai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Tanaman ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan semakin mendapatkan perhatian dalam dunia kesehatan modern.

Manfaat kesehatan dari daun kemangi mencakup kemampuan untuk membantu mengatasi masalah kesehatan seperti asam urat dan kolesterol tinggi. Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam daun kemangi memiliki potensi untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berbagai studi dan praktik tradisional menunjukkan bahwa daun kemangi dapat memberikan efek positif yang signifikan jika dikonsumsi secara teratur.

Dalam artikel ini, akan diungkapkan lima manfaat utama dari daun kemangi yang perlu diketahui. Mulai dari potensi dalam meredakan peradangan hingga kemampuannya dalam mengontrol kadar kolesterol, informasi ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana daun kemangi dapat menjadi tambahan yang bermanfaat dalam diet dan perawatan kesehatan sehari-hari.

Dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan, Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menghindari Penyakit Kanker

Kehadiran antioksidan yang melimpah di dalam kemangi sangat efektif dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mencegah timbulnya kanker.

3 dari 6 halaman

2. Memantau Kadar Gula Darah

Mengonsumsi kemangi sangat disarankan bagi individu yang menderita diabetes karena dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan mempercepat penurunan tingkat glukosa dan mengurangi risiko diabetes bagi mereka yang rajin mengonsumsinya.

4 dari 6 halaman

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang dapat membantu mengurangi risiko kegagalan jantung akibat tekanan darah tinggi. Selain itu, mengonsumsi daun kemangi secara teratur juga dapat mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Membuat Pikiran Tenang

Daun kemangi memiliki aroma yang bermanfaat untuk merilekskan pikiran, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kualitas tidur.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Proses Penuaan yang Terlalu Cepat

Daun kemangi memiliki manfaat tidak hanya untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kulit karena kandungan antioksidannya yang mencegah penuaan dini serta menjaga kelembapan kulit yang kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.