Sukses

Cara Mudah Merebus Daun Singkong Biar Empuk dan Tetap Hijau, Cuma Pakai 3 Bahan Dapur

Ada cara untuk membuat daun singkong tetap lembut dan tidak berubah warna meskipun tidak direndam air es.

Liputan6.com, Jakarta Selain bisa membangkitkan selera, daun singkong juga memberi manfaat besar bagi kesehatan jika dikonsumsi. Di antara sederet manfaat daun singkong untuk kesehatan misalnya meningkatkan kekebalan tubuh, merangsang selera makan, dan meredakan gejala rematik.

Daun singkong sering dihadirkan dalam berbagai hidangan, seperti lalap atau gulai, untuk menambah cita rasa yang lezat. Meskipun demikian, daun singkong harus direbus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Dengan direbus dengan sempurna, daun singkong akan menjadi sangat lembut dan dengan warna hijau yang menarik, meningkatkan kenikmatan rasa.

Meski begitu, beberapa orang mungkin mengalami kesulitan saat merebus daun singkong karena berbagai faktor, yang dapat mengakibatkan hasil yang kurang memuaskan. Tetapi, memasak daun singkong sebenarnya tidaklah terlalu sulit, seperti yang terbukti dalam tutorial yang dibagikan oleh pengguna TikTok @nafiiis.22.

Dalam tutorial tersebut, dia hanya menggunakan tiga bahan dapur untuk menjaga kelezatan dan kelembutan daun singkong.  Jadi, apa saja bahan yang dia gunakan? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cra mudah untuk merebus daun singkong agar empuk dan tetap hijau, Jumat (16/8/2024).

   

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rebus Air Sampai Mendidih

Langkah pertama adalah menyiapkan panci untuk direbus. Kemudian, air harus dituangkan ke dalam panci dengan jumlah yang cukup untuk merendam daun singkong. Setelah itu, kompor harus dinyalakan dan air direbus hingga mendidih. Meskipun sudah mendidih, kompor tidak boleh dimatikan dan langkah selanjutnya harus dilakukan.

3 dari 5 halaman

2. Tambahkan Minyak dan Garam

Langk ah selanjutnya adalah mencaampurkan sekitar satu sendok makan minyak goreng dan sedikit garam ke dalam air mendidih. Penambahan garam bertujuan untuk mempercepat proses pemasakan daun singkong yang direbus. 

4 dari 5 halaman

3. Tambahkan Baking Soda

Agar daun singkong tetap segar, tambahkan setengah sendok teh baking soda ke dalam rebusan. Pastikan untuk mengaduk secara merata setelah memasukkan baking soda agar semua bahan tercampur dengan baik.

5 dari 5 halaman

4. Rebus Daun SIngkong

Masukkan daun singkong yang telah dicuci ke dalam air mendidih, lalu aduk rata. Diamkan daun singkong direbus selama tiga hingga lima menit. Setelah itu, matikan kompor dan angkat daun singkong. Saring airnya. Sekarang daun singkong sudah lembut dan tetap hijau, siap untuk diolah menjadi hidangan enak.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.