Sukses

Ingin Dapatkan Nasi Pulen Ala Restoran? Ikuti 3 Langkah Mudah Ini!

Meski kehadiran rice cooker telah memudahkan proses memasak nasi, banyak orang masih mengalami kendala dalam menanak nasi yang sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Nasi merupakan makanan pokok yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, terutama bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi sumber utama karbohidrat, nasi putih juga sarat dengan vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, mangan, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

Meski kehadiran rice cooker telah memudahkan proses memasak nasi, banyak orang masih mengalami kendala dalam menanak nasi yang sempurna. Tak jarang, nasi yang dihasilkan bertekstur lembek, cepat basi, dan beraroma kurang sedap.

Menurut informasi dari TikTok/@kulinerandalan, salah satu rahasia untuk mendapatkan nasi yang lezat terletak pada pemilihan beras yang berkualitas.

"Kualitas beras juga harus diperhatikan!" ungkap akun tersebut. Memilih beras yang berkualitas tinggi akan sangat mempengaruhi hasil akhir dari nasi yang Anda masak.

Berikut adalah langkah-langkahnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (07/10/2024).

2 dari 4 halaman

1. Cuci Beras dengan Benar

Agar nasi tidak lengket, penting untuk mencuci beras hingga air bilasannya menjadi jernih. Proses ini juga berguna untuk menghilangkan kotoran dan kelebihan pati.

3 dari 4 halaman

2. Tambahkan Bahan Pengawet Alami

Melansir dari healthline.com, jeruk nipis diketahui mengandung antioksidan tinggi dan senyawa fenolik yang dapat membantu mencegah oksidasi dan mengurangi bau tidak sedap pada nasi, sehingga direkomendasikan untuk menambahkan perasan jeruk nipis atau beberapa tetes cuka ke dalam beras yang sudah dicuci agar nasi lebih pulen dan tidak cepat basi.

4 dari 4 halaman

3. Masak dengan Rice Cooker

Setelah menambahkan jeruk nipis atau cuka, masukkan beras ke dalam rice cooker. Pastikan takaran air sesuai, bisa menggunakan jari untuk mengukur level air di atas beras. Pilih opsi memasak dan tunggu sampai rice cooker selesai memasak nasi.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence