Sukses

Modal 2 Bumbu Dapur, Simak Trik Menghilangkan Bau Tanah Ikan Patin saat Dimasak

Ternyata ada cara untuk menghilangkan bau tanah pada ikan patin yang sering membuat kesal.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membeli ikan air tawar di pasar, mungkin kamu tidak tahu apakah daging dari hewan tersebut ada rasa tanahnya. Salah satu yang sering membuat kesal karena bau tanahnya adalah ikan patin. Ya, patin sendiri menjadi salah satu ikan yang rentan bau tanah ketika dimasak.

Bau tanah tersebut tak jarang sangat mengganggu sekali ketika sudah diolah menjadi masakan yang siap disantap. Padahal di sisi lain pasti kamu ingin menyantap masakan olahan ikan yang rasa dagingnya gurih tanpa ada aroma maupun rasa tanah.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan trik simpel dan mudah dilakukan untuk menghilangkan bau tanah pada ikan patin. Bahan yang dibutuhkan hanya dua, bahkan tanpa membutuhkan jeruk nipis yang biasanya digunakan untuk menghilangkan bau amis ikan. Yuk coba, ini dia caranya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (16/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Persiapkan Bahan

  1. 1 kg ikan patin
  2. 2 sdm garam
  3. 3 sdm tepung terigu
  4. air secukupnya
3 dari 3 halaman

2. Langkah mengurangi aroma tanah pada ikan

  1. Potong-potong ikan patin. Bersihkan dari isi perut dan darah ikan. Tiriskan di wadah.
  2. Tambahkan garam, tepung terigu, dan air secukupnya untuk merendam ikan.
  3. Aduk rata ikan hingga terlumuri oleh campuran garam dan tepung terigu.
  4. Simpan di kulkas dan biarkan merendam selama 1 jam.
  5. Bilas ikan patin hingga bersih, siap untuk diolah menjadi berbagai menu. Daging ikan juga akan lebih lembut saat dimasak.

Itulah cara mengurangi aroma tanah pada ikan patin yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat. Untuk mendapatkan rasa yang lebih gurih, disarankan untuk mengolah ikan dengan bumbu rempah yang beraroma kuat.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.