Sukses

Doa HUT RI ke-79 Kemenag untuk Indonesia Maju, Tak Terbatas Pada Satu Kepercayaan

Doa HUT RI ke-79 Kemenag menjadi momentum penting, untuk merefleksikan perjalanan bangsa dan menatap masa depan dengan optimisme.

Liputan6.com, Jakarta Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-79 merupakan momen yang sangat berarti bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam rangkaian perayaan ini, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia turut berperan aktif, dengan menyelenggarakan acara doa bersama yang melibatkan berbagai elemen masyarakat dan pemuka agama dari seluruh penjuru tanah air.

Kegiatan ini tidak hanya menjadi simbol persatuan dalam keberagaman, tetapi juga sebagai wujud syukur atas perjalanan panjang bangsa Indonesia, dalam membangun dan mempertahankan kemerdekaannya. Doa HUT RI ke-79 Kemenag memiliki makna yang mendalam, bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Melalui momen ini, seluruh komponen bangsa diajak untuk merenungkan kembali nilai-nilai luhur yang menjadi fondasi negara, seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan semangat persatuan yang telah diwariskan oleh para pendiri bangsa. Doa HUT RI ke-79 Kemenag juga menjadi sarana untuk memohon bimbingan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Esa, agar Indonesia dapat terus maju dan berkembang di tengah berbagai tantangan global.

Dalam pelaksanaannya, doa HUT RI ke-79 Kemenag tidak hanya terbatas pada satu agama atau kepercayaan tertentu. Sebaliknya, acara ini mencerminkan keberagaman Indonesia dengan melibatkan perwakilan dari berbagai agama yang diakui di Indonesia. 

Berikut ini contoh doa HUT RI ke-79 Kemenag yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/8/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa HUT RI ke-79 Kemenag oleh Yaqut Cholil Qoumas

Doa HUT RI ke-79 Kemenag ini biasanya dibacakan oleh Menteri Agama RI. Berikut teks doa di upacara 17 Agustus yang dimaksudkan:

" Bismillāhirrahmānirrahīm. Alhamdulillāhirabbil ‘ālamin.

Allāhumma shalli ‘alā Sayyidinā Muhammad wa ‘alā āli Sayyidinā Muhammad.

Ya Allah, ya Tuhan kami,

Wahai Keindahan yang menciptakan sendiri segala yang indah. Wahai Pencipta yang melimpahkan sendiri segala anugerah.  Wahai Maha Pemurah yang telah menganugerahi kami negeri sangat indah dan bangsa yang menyukai keindahan. Ya Allah yang telah memberi kami kemerdekaan yang indah,

Demi nama-nama agungMu Yang Maha Indah.

Demi sifat-sifat suciMu Yang Maha Indah.

Demi ciptaan-ciptaanMu yang serba indah.

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami, kepekaan menangkap dan mensyukuri keindahan anugrahMu.

Keindahan merdeka dan kemerdekaan.

Keindahan hidup dan kehidupan.

Keindahan manusia dan kemanusiaan.

Keindahan kerja dan pekerjaan.

Keindahan sederhana dan kesederhanaan.

Keindahan kasih sayang dan saling menyayang.

Keindahan kebijaksanaan dan keadilan.

Keindahan rasa malu dan tahu diri.

Keindahan hak dan kerendahan hati.

Keindahan tanggung jawab dan harga diri

Anugerahilah kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami,

Kemampuan mensyukuri nikmat anugerahmu dalam sikap-sikap indah yang Engkau ridhai.  Selamatkanlah jiwa-jiwa kami, dari noda-noda yang mencoreng keindahan martabat kami, pemimpin-pemimpin kami dan bangsa kami ke jalan indah menuju cita-cita indah kemerdekaan kami.

Kuatkanlah lahir batin kami, untuk melawan godaan keindahan-keindahan imitasi, yang menyeret diri-diri kami dari keindahan sejati kemanusiaan dan kemerdekaan kami. Merdekakanlah kami dari belenggu penjajahan apa saja selain Allah, termasuk diri kami sendiri. Kokohkanlah jiwa raga kami untuk menjaga keindahan negeri kami.

Ya Nuuru, wahai Cahaya di atas segala cahaya, Pancarkanlah cahayaMu di mata dan pandangan kami. Pancarkanlah cahayaMu di telinga dan pendengaran kami. Pancarkanlah cahayaMu di mulut dan perkataan kami

Pancarkanlah cahayaMu di hati dan keyakinan kami.

Pancarkanlah cahayaMu di pikiran dan sikap kami.

Pancarkanlah cahayaMu di kanan dan kiri kami.

Pancarkanlah cahayaMu di atas dan bawah kami.

Pancarkanlah cahayaMu di dalam diri kami.

Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya,

Agar kami dapat menangkap keindahan ciptaanMu dan meresapinya. Dapat menangkap keindahan anugerahMu dan mensyukurinya. Dapat menangkap keburukan jalan sesat setan dan menghindarinya.

Pancarkanlah cahayaMu, ya Maha Cahaya, Agar kami dapat menangkap keindahan, kebenaran dan mengikutinya. Dapat menangkap keburukan, kebatilan dan menjauhinya. Agar kami dapat menangkap keindahan, kejujuran dan menyelaminya. Dapat menangkap keburukan, kebohongan dan mewaspadainya.

Pancarkan cahayaMu, ya Maha Cahaya,

Sirnakan dan jangan sisakan sekelumit pun kegelapan di batin kami. Ya Allah, kami berdoa dengan menyebut nama-nama indahMu, seperti yang Engkau perintahkan. Maka kabulkanlah doa kami, seperti yang Engkau janjikan.

Rabbanā ātinā fiddunya hasanah, wafil ākhirati hasanah, waqinā adzābannār.

Walhamdulillāhirabbil ‘alamin."

3 dari 4 halaman

Contoh Doa HUT RI ke-79 Kemenag Singkat

Bismillahirrahmanirrahim,

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Pada hari yang bersejarah ini, kami seluruh bangsa Indonesia bersujud di hadapan-Mu, memanjatkan puji dan syukur atas segala nikmat dan karunia yang Engkau limpahkan kepada kami. 79 tahun yang lalu, Engkau memberikan kekuatan dan petunjuk kepada para pahlawan kami untuk meraih kemerdekaan dari belenggu penjajahan. Kami mengenang jasa-jasa mereka yang telah berjuang tanpa kenal lelah, mengorbankan jiwa dan raga demi tanah air tercinta.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Hari ini, kami berdiri di ambang babak baru dalam sejarah bangsa kami. Kami melangkah menuju Nusantara Baru, sebuah ibu kota yang kami harapkan menjadi simbol kemajuan dan persatuan. Berikanlah petunjuk dan kekuatan kepada para pemimpin kami, agar mereka dapat memimpin bangsa ini dengan bijaksana, adil, dan penuh tanggung jawab.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Adil,

Kami memohon kepada-Mu, jadikanlah Indonesia sebagai negara yang maju, adil, dan sejahtera. Jauhkanlah bangsa kami dari perpecahan, kebencian, dan segala bentuk ketidakadilan. Tumbuhkanlah rasa cinta tanah air, semangat persatuan, dan toleransi di antara kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Bimbinglah generasi muda kami agar menjadi generasi yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan inovatif. Jadikanlah mereka penerus bangsa yang mampu membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih gemilang.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Terimalah amal ibadah kami dan jadikanlah kami hamba-hamba-Mu yang selalu bersyukur atas nikmat-Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Mendengar,

Kabulkanlah doa dan permohonan kami. Semoga peringatan HUT ke-79 RI ini menjadi momentum untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, serta meningkatkan semangat untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina adzabannar.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Doa HUT RI ke-79 Sederhana

Bismillahirrahmanirrahim,

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Dengan penuh kerendahan hati, kami seluruh bangsa Indonesia mempersembahkan puji syukur kehadirat-Mu. Engkaulah Sang Pencipta alam semesta ini, Engkaulah Dzat yang mengatur alam seisinya, dan Engkau pulalah yang menentukan segala-galanya. Oleh karena itu, hanya kepada-Mu kami berserah diri dan memohon pertolongan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Rahim,

Atas segala rahmat dan karunia-Mu, hari ini kami seluruh bangsa Indonesia, kembali dapat memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79. Tambahkanlah curahan kasih sayang-Mu sebagai berkah bagi kami mengisi kemerdekaan menuju negeri yang adil dan makmur di bawah Ridho-Mu.

Ya Allah, Tuhan Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah bangsa kami dari buruk sangka, percekcokan, perselisihan, dan perpecahan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Masih panjang perjuangan bangsa kami dan masih jauh pula perjalanan sejarah bangsa kami, oleh karena itu hindarkanlah bangsa dan negara kami dari fitnah dan marabahaya. Mantapkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa, agar menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, adil, makmur, dan sejahtera.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa ibu bapak kami, para pemimpin dan para pejuang kami. Terimalah amal dan perjuangan mereka, karena Engkau Dzat Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, Kabulkanlah permohonan dan doa kami, agar kami semua tergolong hamba-hamba-Mu yang beruntung.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina adzabannar... Rabbana taqabbal minna innaka anta sami'ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrahim... Walhamdulillahirabbilalamin.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.