Sukses

9 Ciri Sikapmu Sangat Menyenangkan dan Bikin Nyaman Siapa Saja, Pancarkan Aura Positif

Orang lain tidak lagi mudah meremehkanmu karena kamu memiliki karakter yang kuat dan tangguh.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, ada banyak sikap-sikap kecil dan sederhana yang bisa membuat seseorang menjadi lebih menarik dan sulit untuk diabaikan. Cara setiap orang menunjukkan perilaku juga selalu bisa menciptakan penilaian tersendiri di dalam hati, baik secara positif atau pun negatif.

Ketika seseorang melakukan sesuatu yang dianggap baik, pasti itu akan menjadikan sosok tersebut menarik sehingga kita sulit membencinya, bahkan tak bisa berpaling darinya. Tapi seperti apa sikap yang sering membuatmu tak bisa berpaling dari seseorang?

Ternyata ini tanda-tandanya jika kamu adalah seseorang yang susah dibenci dan membuat orang lain tidak bisa berpaling. Berikut ini adalah sembilan ciri kepribadian yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kekuatan karakter dan tidak mudah diremehkan oleh orang lain sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (8/8/2024). Mari simak penjelasannya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Tatapan mata yang hangat

Bukan hanya senyuman yang harus dilakukan ketika bertemu dengan orang, tapi juga kontak mata yang hangat dan penuh perhatian. Tatapan mata yang ramah, ringan dan tanpa menghakimi seringkali akan membuatmu lebih disukai banyak orang.

Sikap sederhana ini menunjukkan bahwa dirimu menghargai orang lain yang sedang bertatapan atau berinteraksi denganmu. Bahkan untuk pertemuan tak sengaja semisal berpapasan, tatapan mata yang hangat selalu bisa menjadi komunikasi non-verbal yang membuat orang merasa lebih nyaman denganmu. 

3 dari 10 halaman

2. Baik tapi tidak berlebihan

Sikap baik hati selalu membuatmu mudah diterima di segala situasi dan kondisi, tapi menjadi terlalu baik bisa membuatmu rentan dimanfaatkan sehingga mudah sakit hati. Cara yang tepat adalah 'bersikap baik tapi tidak terlalu baik'.

Ada perbedaan antara bersikap 'baik' untuk menjaga keharmonisan dan bersikap 'baik' untuk menyenangkan semua orang. Sikap baik yang pertama yang harus dimiliki. Kamu memiliki prinsip dan moral yang menjadi patokan, bersikap baik pada batasnya, dan berani bersikap nyata jika orang mulai kelewatan. 

4 dari 10 halaman

3. Mengingat detail kecil

Menghargai dan mengingat detail kecil tentang orang lain, seperti nama mereka, hobi, atau cerita yang pernah dibagikan ternyata dapat membuatmu dipandang secara berbeda di mata orang lain. Ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli dan memperhatikan mereka.

Ketika seseorang merasa dihargai dan diingat, ia cenderung merasa lebih dekat dan tertarik padamu. Ia akan memastikan menghargai dan bersikap baik pula padamu karena ada kedekatan emosional yang tak sengaja terbangun.

5 dari 10 halaman

4. Senyuman yang tulus

Senyum adalah salah satu bentuk komunikasi non-verbal yang paling kuat. Senyum yang tulus dapat membuat orang merasa lebih nyaman dan diterima. Ketika kamu melemparkan tersenyum yang tulus, secara alami kamu akan memberi kesan ramah dan terbuka, yang pada gilirannya membuat orang lain lebih tertarik untuk mendekat dan berinteraksi denganmu. Senyuman mungkin sesuatu hal yang simpel dan sederhana, tapi ternyata mampu memberi dampak luar biasa, terutama untuk menciptakan citra diri yang lebih baik dan positif.

6 dari 10 halaman

5. Bicara dengan pelan dan jelas

Salah satu sikap yang juga membuatmu disukai banyak orang adalah cara bicara yang pelan dan jelas serta pemilihan kata yang tepat dan sopan. Bahasa tubuh yang terbuka, seperti posisi tubuh menghadap orang yang diajak bicara dan postur yang santai juga dapat membantumu terlihat lebih ramah dan mudah didekati.

Tidak perlu banyak bicara untuk bisa disukai banyak orang, asal sesuai porsi dan tempatnya saja. Orang akan merasa lebih nyaman dan tidak bisa berpaling dari sikapmu yang baik dan ramah. 

7 dari 10 halaman

6. Sikap rendah hati

Kerendahan hati adalah kualitas yang sangat dihargai oleh banyak orang. Seseorang yang rendah hati tidak akan menunjukkan keangkuhan dan kesombongan, atau merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Cara bicaranya juga tidak tidak atau dilebih-lebihkan, bahkan tak mencoba disukai banyak orang.

Orang seperti ini juga tipe yang bersedia mendengarkan, belajar hal baru, terbuka terhadap perspektif lain dan menghargai kontribusi orang lain. Sikap rendah hati membuatmu lebih mudah diterima dan dihargai oleh siapa pun. 

8 dari 10 halaman

7. Humor yang tepat

Humor adalah cara yang efektif untuk mencairkan suasana dan membuat orang merasa lebih nyaman. Bukan candaan yang menjatuhkan orang lain, dengan tema yang sarkastik atau pun menyindir, tapi candaan yang tidak melukai hati siapa pun.

Penting untuk menggunakan humor dengan tepat dan tidak sensitif terhadap situasi dan perasaan orang lain karena itulah titik berat yang akan menentukan apakah humormu bisa diterima banyak orang atau tidak. Humor yang baik dapat mengurangi ketegangan, menciptakan ikatan sehingga membuatmu lebih menarik dan menyenangkan untuk diajak bicara. 

9 dari 10 halaman

8. Kejujuran

Ketulusan dan kejujuran adalah dasar dari hubungan sosial yang kuat dan sehat. Ketika berbicara dan bertindak dengan jujur, orang lain akan merasa lebih mudah untuk mempercayaimu. Kejujuran menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat diandalkan dan memiliki integritas.

Orang cenderung tertarik padamu karena sikapmu yang tidak menipu atau membohongi, cukup menjadi diri sendiri dengan versi yang baik. Pembawaan diri yang jujur itulah yang menjadi magnet agar orang lain mendekat padamu.

10 dari 10 halaman

9. Konsistensi dan Keberadaan

Kamu yang memiliki kepribadian menyenangkan bagi orang juga memiliki tanda-tanda konsisten pada apa yang kamu lakukan. Maksudnya kamu akan selalu ada untuk teman-temanmu, baik dalam suka maupun duka, yang menciptakan rasa kepercayaan dan loyalitas. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.