Sukses

Solusi Mudah Mencegah Pakaian Hitam Kusam Hanya dengan Satu Bahan

@casanaf_ memberikan trik mencuci pakaian hitam agar tetap terjaga kehitamannya dengan menggunakan sampo dan cuka putih.

Fimela.com, Jakarta Mencuci pakaian hitam dengan benar sangat penting agar tetap awet dan cerah. Untuk itu, pengguna akun Instagram @casanaf_ membagikan trik jitu dalam mencuci pakaian hitam. Dalam video yang diunggahnya, ia menjelaskan langkah-langkah khusus yang melibatkan bahan-bahan pembersih non-tradisional seperti cuka putih dan sampo berwarna hitam.

Metode ini tidak hanya menggunakan detergen, tetapi juga memanfaatkan bahan dapur untuk menjaga kualitas warna pakaian. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mempertahankan kecerahan pakaian hitam Anda dan menghindari kekusaman.

Pakaian hitam sering kali menjadi pilihan favorit karena tampilannya yang elegan dan mudah dipadukan. Namun, masalah umum yang sering dihadapi adalah pakaian hitam yang cepat tampak kusam dan kehilangan kilau aslinya setelah beberapa kali dicuci. Kotoran, debu, dan residu deterjen dapat membuat warna hitam pada pakaian menjadi pudar, mengurangi daya tarik visualnya dan membuat pakaian terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak orang mencari solusi yang efektif namun sederhana agar pakaian hitam tetap terlihat seperti baru. Salah satu metode yang mudah dan ekonomis adalah menggunakan satu bahan yang dapat membantu menjaga warna hitam tetap tajam dan cerah. Dengan teknik perawatan yang tepat, pakaian hitam bisa dipertahankan kualitas warnanya tanpa perlu investasi besar dalam produk perawatan khusus seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tahap Pertama : Persiapan dan Perendaman.

Menurut pemilik akun Instagram @casanaf_, untuk memulai, ia merendam 3 sampai 5 lembar pakaian hitam dalam baskom yang berisi air dingin. Selanjutnya, ia menambahkan sekitar 2 sachet sampo berwarna hitam ke dalam air. Ia menekankan pentingnya menggunakan sampo yang juga berwarna hitam. Dalam video yang dikutip oleh BrilioFood pada Selasa (6/8), ia menjelaskan bahwa biasanya ia menggunakan metode ini untuk mencuci hijab warna hitamnya.

3 dari 5 halaman

Tahap Kedua : Tambahkan Cuka Putih pada.

Aduk rata sekitar 2 cup atau 2 tutup botol cuka putih ke dalam baskom untuk menjaga warna pakaian hitam tetap awet. Cuka putih adalah bahan dapur utama yang harus ditambahkan agar sampo dan cuka tercampur dengan baik dalam air.

4 dari 5 halaman

Tahap ketiga : Membersihkan Baju.

"Pastikan pakaian hitam ini tidak dicuci bersama pakaian berwarna lainnya," ingat @casanaf_, sambil mengucek pakaian hitam selama beberapa saat hingga noda-noda pada pakaian hilang.

5 dari 5 halaman

Tahap Keempat : Lakukan Proses Pembilasan dan Pengeringan.

Menurut saran @casanaf_, sebaiknya pakaian hitam yang sudah dicuci dibilas hingga tidak ada lagi sisa sampo dan cuka. Untuk hasil yang lebih baik, pakaian tersebut juga dapat direndam di air larutan pewangi. Setelah itu, pakaian tersebut sebaiknya dijemur di tempat yang tidak terlalu terpapar sinar matahari langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.