Sukses

9 Sikap yang Tanpa Disadari Bisa Bikin Sakit Hati Orang Lain, Perbaiki Diri

Orang lain akan terluka oleh sikap yang tidak berempati dan egois.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, pentingnya hubungan antar manusia tidak dapat disangkal dalam menciptakan lingkungan yang harmonis dan penuh kebahagiaan. Namun, terkadang kamu pasti tidak menyadari bahwa sikapmu dapat menyakiti perasaan orang lain.

Sikap yang tidak empatik dan egois hanya akan menambah derita bagi orang-orang di sekitarmu. Oleh karena itu, sangat penting bagimu untuk mengenali tanda-tanda ini dan berupaya melakukan perubahan yang positif.

Berikut adalah sembilan tanda sikap yang dapat menyakiti hati banyak orang, beserta cara-cara untuk mengatasinya dengan lebih empatik dan penuh kasih sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Kamis (8/8/2024). Yuk, mari simak penjelasannya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Kurang Fokus saat Mendengarkan

Salah satu tanda utama bahwa sikapmu bisa melukai orang lain adalah ketika kamu tidak mendengarkan dengan sepenuh hati saat mereka berbicara. Mengabaikan atau memotong pembicaraan seseorang menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai apa yang mereka katakan.

Untuk menjadi pendengar yang baik, belajarlah memberikan perhatian penuh saat seseorang berbicara. Hindari gangguan seperti ponsel, dan tunjukkan minat dengan mengajukan pertanyaan yang relevan. Dengan cara ini, orang akan merasa dihargai dan didengarkan.

3 dari 10 halaman

2. Selalu Membicarakan Diri Sendiri

Jika kamu terlalu sering membicarakan diri sendiri dan jarang memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara, ini menunjukkan sikap egois yang melukai orang lain. Orang-orang di sekitarmu mungkin merasa tidak dihargai.

4 dari 10 halaman

3. Mengkritik tanpa Memberikan Solusi

Memberikan kritik tanpa memberikan solusi yang konstruktif dapat membuat orang lain merasa tidak dihargai dan terhina. Kritik yang tidak membangun seringkali lebih merusak daripada membantu. Oleh karena itu, jika kamu perlu memberikan kritik, pastikan kamu melakukannya dengan cara yang konstruktif. Berikan saran konkret dan positif yang dapat membantu orang lain memperbaiki kesalahan mereka. Jangan lupa untuk menghargai usaha mereka juga.

5 dari 10 halaman

4. Tidak Menghargai Waktu dan Perasaan Orang Lain

Menunjukkan sikap tidak menghargai waktu dan perasaan orang lain, sering kali terlambat, membatalkan rencana secara tiba-tiba, atau tidak menepati janji. Hal ini dapat membuat orang lain merasa diabaikan dan tidak dihormati.

Oleh karena itu, penting untuk menjadi orang yang dapat diandalkan dan menghargai waktu orang lain sebagaimana kamu menghargai waktumu sendiri. Jika ada perubahan rencana, segera beritahu dan berikan alasan yang jelas.

6 dari 10 halaman

5. Mengambil Keputusan tanpa Melibatkan Orang yang Terdampak

Jika keputusan yang mempengaruhi orang lain diambil tanpa melibatkan mereka dalam proses pengambilan keputusan, mereka mungkin merasa tidak dihargai dan dianggap tidak penting. Oleh karena itu, penting untuk melibatkan mereka dalam diskusi sebelum mengambil keputusan yang akan berdampak pada mereka. Dengarkanlah pendapat dan pertimbangan mereka. Dengan melakukannya, kamu akan menunjukkan bahwa kamu menghargai kontribusi dan pandangan mereka.

7 dari 10 halaman

6. Menghindari Tanggung Jawab

Jika kamu sering menghindari tanggung jawab dan menyalahkan orang lain atas kesalahanmu, ini menunjukkan kurangnya empati dan rasa tanggung jawab. Sikap ini bisa sangat melukai perasaan orang lain dan merusak kepercayaan mereka padamu. Sebaliknya, belajarlah untuk bertanggung jawab atas tindakanmu, mengakui kesalahanmu, dan meminta maaf. Tunjukkan niat untuk memperbaiki dan belajar dari kesalahan tersebut.

8 dari 10 halaman

7. Tidak Memberikan Pengakuan atau Apresiasi

Tidak memberikan pengakuan atau apresiasi atas usaha dan prestasi orang lain bisa membuat mereka merasa tidak dihargai dan kurang bersemangat. Pengakuan dan apresiasi adalah motivasi penting bagi kebanyakan orang. Berikan pujian dan apresiasi yang tulus kepada orang-orang di sekitarmu. Akui usaha dan prestasi mereka, sekecil apapun itu. Ini akan meningkatkan semangat dan kebahagiaan mereka.

9 dari 10 halaman

8. Menganggap Rendah Perasaan Orang Lain

Menganggap remeh atau menyepelekan perasaan orang lain, misalnya dengan mengatakan "Itu bukan masalah besar" atau "Kamu terlalu sensitif," dapat membuat mereka merasa tidak dihargai dan terluka. Hargai perasaan orang lain dengan menunjukkan empati. Cobalah untuk memahami sudut pandang mereka dan berikan dukungan emosional yang mereka butuhkan. Terkadang, mendengarkan dan berada di sana sudah cukup untuk membuat mereka merasa lebih baik.

 

10 dari 10 halaman

9. Bersikap Negatif atau Pesimis

Jika terus-menerus menunjukkan sikap negatif atau pesimis, ini dapat mempengaruhi suasana hati orang di sekitarmu. Sikap ini dapat membuat orang merasa terbebani dan tidak nyaman saat berinteraksi denganmu. Ketika kamu selalu melihat sisi buruk dari situasi, hal ini dapat mengurangi semangat dan motivasi orang lain.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.