Sukses

Rahasia Nasi Kuning Tahan Lama, Ini 3 Tips Ampuh yang Harus Anda Coba

Agar nasi kuning tetap tahan lama, ada beberapa tips yang bisa diikuti, yaitu memanfaatkan jeruk nipis, memastikan santan mendidih, dan mengukus dengan benar.

Liputan6.com, Jakarta Nasi kuning, dengan warna cerah dan aroma harum, merupakan salah satu hidangan yang sangat populer dalam kuliner Indonesia. Sering disajikan pada berbagai acara spesial seperti perayaan dan upacara adat, nasi kuning memiliki tempat istimewa di hati banyak orang. Namun, tantangan sering muncul ketika nasi kuning tidak habis dan harus disimpan untuk konsumsi di kemudian hari. Menyimpan nasi kuning agar tetap lezat dan tidak kehilangan kualitasnya bisa menjadi tantangan tersendiri tanpa metode yang tepat.

Untuk memastikan nasi kuning tetap enak dan tidak mudah basi, beberapa rahasia dapat diterapkan. Salah satu tips utama adalah cara penyimpanan yang benar, yang bisa mencegah bakteri berkembang biak dan menjaga rasa serta tekstur nasi. Selain itu, teknik pemanasan kembali yang efektif juga sangat penting agar nasi kuning tetap nikmat saat disajikan kembali.

Artikel ini akan membagikan tiga tips ampuh untuk menjaga nasi kuning tetap tahan lama dan lezat. Dengan menerapkan langkah-langkah sederhana namun efektif ini, nasi kuning akan tetap segar dan siap dinikmati kapan saja tanpa mengorbankan kualitasnya seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (8/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masukkan Santan Saat Mendidih

Menurut pemilik akun TikTok/@triascatering, penggunaan jeruk nipis pada nasi bersantan dapat membuat nasi bersantan lebih tahan lama. Untuk itu, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah memastikan santan sudah mendidih sebelum memasukkan beras, agar nasi kuning tidak cepat basi.

3 dari 4 halaman

2. Perasan Jeruk Nipis

Dijelaskan olehnya bahwa penggunaan perasan jeruk nipis saat memasak beras bersama santan dan rempah-rempah dapat membuat nasi bersantan lebih tahan lama.

4 dari 4 halaman

3. Mengukus Dengan Cara yang Tepat

Pastikan kukusan sudah mendidih dan mengeluarkan banyak uap sebelum memasukkan nasi aron agar nasi tidak lembek karena terlalu lama di kukusan. Untuk memastikan panas merata, buatlah lubang di bagian tengah nasi kuning. Hal ini akan membantu nasi matang secara merata dan lebih tahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.