Sukses

Deretan Peran Terbaik Laura Basuki dalam Film, Raih Beragam Penghargaan Bergengsi

Laura Basuki berhasil mendapatkan nominasi dan piala di ajang penghargaan film tanah air berkat beberapa perannya dalam layar lebar.

Liputan6.com, Jakarta Laura Basuki adalah salah satu artis ternama di Indonesia yang memiliki kualitas akting yang sangat mumpuni. Hal ini membuatnya sering mendapatkan peran utama dalam banyak judul film, serial, web series, hingga FTV.

Selama karier sebagai seorang artis, Laura Basuki selalu menunjukkan kemampuan aktingnya yang luar biasa. Bahkan, aktingnya dalam beberapa film tersebut mampu membuatnya mendapatkan pujian dan penghargaan.

Artikel ini akan membahas beberapa peran Laura Basuki dalam layar lebar yang mengantarkannya mendapatkan nominasi juga piala di ajang penghargaan film tanah air. Apa saja? Mari simak  penjelasannya berikut sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Gara-Gara Bola

Laura Basuki membuat debutnya dalam film ini yang tayang pada 13 Agustus 2008. Dalam film tersebut, ia beradu peran dengan Winky Wirayan, Herjunot Ali, Aming, Tarzan, dan lainnya. Peran Laura sebagai Laura membuatnya berhasil meraih piala Pendatang Baru Wanita Terbaik dan Pendatang Baru Wanita Terfavorit pada Indonesia Movie Actors Awards 2009.

3 dari 8 halaman

2. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta

Laura Basuki berperan sebagai Delia dalam film yang rilis pada 1 Juli 2010. Ia berhasil memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik pada FFI 2010. Selain itu, ia juga mendapatkan nominasi sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Terfavorit di Indonesian Movie Actors Awards 2010, serta Pemeran Utama Wanita Terpuji Film Bioskop di Festival Film Bandung 2010.

4 dari 8 halaman

3. Haji Backpacker

Laura Basuki berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik di ajang Indonesian Movie Actors Awards 2014 pada film Haji Backpacker. Ia juga berhasil masuk sebagai nominasi di ajang lainnya seperti FFI 2014 dan Piala Maya 2014.

5 dari 8 halaman

4. Susi Susanti: Love All

Film Susy Susanti Love All berhasil mengantarkan Laura Basuki pada dua penghargaan bergengsi. Yaitu Pemeran Utama Wanita Terbaik pada Indonesian Movie Actors Awards 2019 dan Pemeran Utama Wanita Terbaik FFI 2020. 

6 dari 8 halaman

5. Before, Now & Then

Laura Basuki berhasil meraih empat piala dari ajang penghargaan yang berbeda. Salah satunya adalah Best Supporting Performance di Berlin International Film Festival 2022. Selain itu, ia juga meraih penghargaan sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terpuji Film Bioskop dalam Festival Film Bandung 2022. Laura Basuki juga dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Pilihan dalam Festival Film Tempo 2022, dan Aktris Pendukung Terpilih di ajang Piala Maya 2022.

7 dari 8 halaman

6. Sleep Call

Film Sleep Call membawa Laura Basuki mendapatkan dua piala dalam dua penghargaan bergengsi. Yaitu sebagai Aktris Utama Terbaik-Genre Film Horor dalam gelaran Festival Film Wartawan Indonesia 2023. 

8 dari 8 halaman

Ragam Nominasi Laura Basuki

Selain film-film di atas, Laura Basuki juga memberikan akting yang begitu mengagumkan dalam berbagai judul film yang dibintanginya. Sebut saja Love & Faith, Cek Toko Sebelah 2, Berbalas Kejam Terbang, Menembus Langit, dan terbaru Heartbreak Motl. Ia masuk ke dalam beberapa kategori di ajang penghargaan. 

Belum lagi beberapa serial web seperi Brata (2018, 2020), Sunshine (2018), Kisah Tanah Jawa (2019), Sementara Selamanya (2020), Perjalanan Terbaik Sepanjang Masa (2022), hingga Merajut Dendam (2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.