Sukses

9 Ciri Seseorang Sedang Meremehkanmu, Kontribusi Sering Tak Dianggap

Apabila kamu sering mengalami sikap-sikap seperti ini dalam kehidupan sehari-hari, itu menunjukkan bahwa mereka sedang mengabaikan dan meremehkanmu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pasti ingin merasa dihargai dan diakui oleh orang-orang di sekitarmu. Namun, ada kalanya kamu mungkin merasa bahwa usaha dan kontribusimu tidak dihargai sepenuhnya. Beberapa orang terkadang memandang sebelah mata usahamu atau sikap baik yang kamu lakukan.

Tidak jarang hal ini memengaruhi kondisi mentalmu secara negatif, tapi di sisi lain kamu juga tak bisa mengendalikan sikap atau perlakuan orang lain terhadapmu. Jika merasa tidak dihargai, coba kenali tanda-tanda apakah kamu selama ini sering dipandang sebelah mata oleh orang lain.

Dengan memahami tanda-tanda tersebut, kamu bisa lebih sadar akan lingkungan sosial dan berusaha untuk meningkatkan hubungan dengan orang-orang di sekitarmu. Berikut selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Pendapatmu sering diabaikan

Kamu mungkin sering diabaikan saat mengungkapkan pendapat dalam percakapan lingkaran pertemanan, rapat tim kerja, atau diskusi komunitas. Ini menunjukkan bahwa kamu dipandang sebelah mata. Meskipun kamu memiliki ide-ide brilian, mereka tidak memperhatikan apa yang kamu katakan. Jika kamu terus merasa tidak dihargai, maka sudah waktunya untuk mengevaluasi apakah lingkungan tersebut cocok untuk Anda.

3 dari 10 halaman

2. Tidak pernah dipercaya untuk tugas penting

Dalam pekerjaanmu, terdapat banyak tugas yang harus dilaksanakan. Namun, tampaknya kamu jarang diberi tanggung jawab. Jika sering kali kamu tidak dipercaya untuk menangani tugas-tugas penting atau proyek besar, ini menunjukkan bahwa orang lain meragukan kemampuan atau kompetensimu.

Mereka mungkin lebih suka memberikan tanggung jawab tersebut kepada orang lain yang dianggap lebih mampu. Mungkin kamu merasa dianggap remeh, namun kamu juga perlu mengevaluasi seberapa baik kemampuanmu.

4 dari 10 halaman

3. Tidak ada pengakuan atas prestasi

Saat kamu mencapai sesuatu yang signifikan namun tidak mendapatkan pengakuan atau pujian yang pantas, itu bisa menunjukkan bahwa orang lain mungkin tidak menghargai usaha dan kerja kerasmu. Meskipun sudah mencapai prestasi yang luar biasa, tetapi dianggap remeh bisa menyakitkan hati.

Kurangnya atau bahkan tidak ada pengakuan dapat membuatmu merasa tidak dihargai. Mungkin perlu mengevaluasi lingkunganmu dan mencari lingkungan yang lebih sesuai dan lebih mendukungmu.

5 dari 10 halaman

4. Sering ditinggalkan dalam keputusan kelompok

Jika kamu sering mengalami kejadian ini, kemungkinan besar kamu dianggap sebelah mata. Ada beberapa alasan mengapa kamu tidak terlibat dalam pengambilan keputusan penting dalam kelompok atau tim, entah karena kurangnya kompetensimu atau memang kamu dianggap tidak memiliki pengaruh yang besar.

Jika merasa kontribusimu tidak dianggap penting, sebaiknya jangan langsung kecewa. Hal yang bisa kamu lakukan adalah meningkatkan kualitas diri dan fokus untuk mengembangkan keterampilanmu sendiri.

6 dari 10 halaman

5. Tidak dianggap serius dalam percakapan

Kamu seringkali tidak dianggap serius atau bahkan ditertawakan ketika kamu berbicara atau mencoba menyampaikan sesuatu. Jika situasinya dalam konteks bercanda, mungkin kamu bisa menerimanya dengan lapang dada.

Namun, jika tawa mereka terkesan menghina dan meremehkan, itu berarti kamu diabaikan. Mereka mungkin merasa bahwa apa yang kamu sampaikan tidak penting atau tidak relevan. Untuk mengatasi hal ini, teruslah belajar dan tingkatkan keterampilanmu.

7 dari 10 halaman

6. Diberikan tugas yang tidak menantang

Jika kamu merasa sering diberikan tugas-tugas yang tidak menantang atau terlalu mudah, ini mungkin menunjukkan bahwa orang lain tidak memiliki keyakinan pada kemampuanmu dalam menangani tugas yang lebih kompleks. Mereka kemungkinan meremehkan kemampuan dan potensimu.

Jika kamu merasa seperti ini, cobalah untuk menjadi proaktif dan jangan ragu untuk mengambil inisiatif menawarkan diri untuk mengambil tugas yang lebih kompleks. Dengan melakukan hal tersebut, kamu mungkin akan mendapatkan lebih banyak pertimbangan dan membuktikan bahwa kamu mampu menyelesaikannya dengan baik.

8 dari 10 halaman

7. Tidak mendapatkan kesempatan untuk berkembang

Jika ada seseorang yang mencoba menghalangi kesempatanmu untuk berkembang atau meningkatkan keterampilan, ini bisa menjadi tanda bahwa orang itu tidak menghargaimu. Untuk mengatasi hal ini, cobalah berkomunikasi dengan jelas dan tegas. Jika ada orang yang menggunakan cara licik untuk menghambat kesempatanmu di sini, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk tetap berada di lingkungan ini.

9 dari 10 halaman

8. Sering tidak diundang dalam acara penting

Mungkin kamu sakit hati ketika mengalami hal yang kerap tidak diundang di acara penting, tapi simpan saja energimu itu. Gunakan untuk kegiatan yang lebih positif dan bisa membahagiakan dirimu sendiri. Hidupkan hidupmu, ketahuilah bahwa bukan hanya mereka yang bisa memandangmu sebelah mata, kamu pun bisa.

Bisa jadi mereka bukanlah orang-orang yang tepat untuk dipertahankan. Temukan orang-orang yang menghargai dan mendukungmu karena merekalah yang bisa menjadi sumber motivasi dan dukungan yang kamu butuhkan untuk terus maju.

10 dari 10 halaman

9. Selalu menjadi target lelucon

Jika kamu sering dijadikan bahan lelucon, terutama dalam konteks negatif, itu bisa menjadi tanda bahwa orang lain tidak menghargai dirimu. Meskipun lelucon bisa menjadi hal yang menyenangkan, jika kamu terus-menerus menjadi sasaran, itu bisa menyakitkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.