Sukses

9 Tanda Orang Banyak Harta yang Merasa Bahagia Menikmati Hidup Sederhana

Terdapat serangkaian tanda bahwa kamu sebenarnya kaya raya tapi hidup sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Mengapa hidup sederhana sering kali dihubungkan dengan kebahagiaan yang sejati? Dalam menghadapi dunia yang serba mengejar kekayaan material, hidup sederhana bisa tampak seperti pilihan yang kontra-intuitif.

Terkadang memang ada hal-hal kecil yang justru dirasa lebih bermakna ketika manusia mulai menghargai dan menikmati kesederhanaan di sekitarnya. Hati menjadi lebih damai karena mereka tidak serakah akan hal-hal yang tidak dimiliki. Bahkan jika dia hidup dengan harta melimpah, memilih hidup sederhana seringkali lebih mampu menciptakan ketenangan batin yang luar biasa.

Namun seperti apa pertandanya jika seseorang yang memilih hidup sederhana akan merasa lebih bahagia? Begini sembilan tanda jika kamu sebenarnya kaya raya tapi hidup sederhana justru bisa membuatmu bahagia sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Tidak mudah stres dan cemas

Kehidupan yang sederhana seringkali membuat kamu tidak mudah stres dan khawatir karena tidak ada banyak hal yang menjadi beban pikiran. Jumlah barang yang kamu miliki dan aktivitas yang kamu lakukan seringkali menciptakan rasa damai dan kesenangan yang nyata.

Dengan memiliki lebih sedikit barang yang harus dirawat dan lebih sedikit komitmen yang harus dipenuhi, kamu dapat mengurangi sumber stres dan kecemasan dalam hidup. Tanpa beban yang berlebihan, kamu dapat lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dan memberikan kebahagiaan sejati.

3 dari 10 halaman

2. Lebih banyak waktu untuk keluarga dan teman

Ketika kamu tidak terjebak dalam siklus konsumtif duniawi dan kesibukan yang tiada henti, kamu memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama orang-orang yang kamu cintai. Hubungan yang kuat, hangat, dan mendalam dengan keluarga dan teman-teman adalah salah satu sumber kebahagiaan terbesar dalam hidup.

Kebutuhan sosial kamu tidak dapat dipenuhi melalui media sosial yang fana, tetapi melalui interaksi nyata yang mampu membangkitkan semangat. Dengan hidup sederhana, kamu dapat memperkuat hubungan ini dan menikmati momen-momen berharga bersama.

4 dari 10 halaman

3. Menemukan kepuasan dalam hal-hal kecil

Hidup sederhana seringkali mengajarkan kamu untuk menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil yang sering terlewatkan saat kamu sibuk dengan kehidupan yang penuh kemewahan. Misalnya, menikmati keheningan pagi, menyeruput secangkir kopi hangat, atau berjalan santai di taman sambil menikmati udara segar.

Hal-hal seperti ini sudah cukup membuat kamu bahagia, bersyukur, dan belajar menghargai momen-momen sederhana ini. Namun, jika kamu memilih hidup dalam kemewahan material, kamu seringkali tidak akan pernah merasa puas dengan apa yang sudah kamu miliki karena selalu ingin mendapatkan lebih dan lebih lagi.

5 dari 10 halaman

4. Mengurangi beban finansial

Dengan hidup sederhana, kamu dapat mengurangi pengeluaran dan menghindari utang yang tidak perlu. Dengan beban finansial yang lebih ringan, kamu tidak perlu khawatir tentang pembayaran tagihan atau melunasi utang, yang pada akhirnya akan mengurangi stres dan meningkatkan rasa aman dan nyaman. Selain itu, kebebasan finansial yang diperoleh dari kekayaan memberi kamu banyak pilihan hidup, termasuk memilih untuk hidup sederhana agar lebih bahagia.

6 dari 10 halaman

5. Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Tanpa bergantung pada kekayaan dan harta, kamu akan secara perlahan melepaskan nafsu duniawi. Hidup sederhana sering kali membuat kamu lebih memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan mental. Dengan mengurangi stres dan mengambil lebih banyak waktu untuk diri sendiri, kamu dapat fokus pada menjaga kesehatan tubuh dan hati. Ini berarti memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga, makan makanan sehat, dan istirahat yang cukup, yang semuanya berkontribusi pada kebahagiaan kamu.

7 dari 10 halaman

6. Meningkatkan rasa syukur dan kebijaksanaan

Ketika kamu tidak terjebak dalam keinginan yang berlebihan untuk mengejar harta duniawi dan kesibukan yang tak berkesudahan, kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk merenung dan bersyukur. Hidup yang sederhana akan memberikan kamu waktu dan energi yang cukup untuk mengeksplorasi minat, bakat, dan hobi yang dapat memberi kepuasan batin.

Secara alami, kamu akan menemukan sumber kebahagiaan dan kepuasan yang lebih nyata karena merasa puas. Rasa terima kasih yang tumbuh dari gaya hidup yang sederhana juga dapat membawa kamu pada penemuan-penemuan dan pengalaman baru yang akan memperkaya pemahaman dan kebijaksanaanmu.

8 dari 10 halaman

7. Menemukan makna dan tujuan hidup

Dengan menjalani kehidupan yang sederhana, kita dapat lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting dalam hidup dan menemukan makna serta tujuan hidup yang lebih dalam. Dengan mengurangi gangguan dari kekayaan materi dan kesibukan yang tidak perlu, kamu dapat merenung dan memahami apa yang benar-benar membuat kita bahagia. Menemukan makna dan tujuan hidup adalah kunci utama untuk mencapai kebahagiaan yang sejati dan langgeng.

9 dari 10 halaman

8. Kedamaian hati dan jiwa

Akhirnya, hidup sederhana akan membawa kamu pada kedamaian yang sejati. kamu tidak lagi terpengaruh oleh tren, validasi, atau popularitas yang ingin kamu kejar agar tetap diperhatikan oleh orang lain. Kamu menjadi lebih menerima hidup yang tenang, tanpa banyak kegaduhan, dan menikmati kedamaian yang hanya bisa dirasakan ketika kamu tidak lagi menggantungkan kebahagiaan pada pengakuan orang lain dan kekayaan yang kamu perlihatkan kepada publik. Dengan memahami dan menerapkan prinsip hidup sederhana, kamu dapat menemukan kebahagiaan yang lebih dalam dan abadi.

10 dari 10 halaman

9. Berinvestasi dalam Pengalaman

Kamu lebih memilih menghabiskan uang untuk pengalaman, seperti traveling atau kelas seni, daripada barang-barang mewah. Pengalaman ini memberikan kenangan berharga yang lebih berharga daripada materi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.