Sukses

5 Langkah Ampuh Menghilangkan Noda Kunyit dari Wadah Bekas Memasak

Menghilangkan noda kunyit pada mangkuk plastik dengan cuka putih dan baking soda adalah cara yang mudah.

Liputan6.com, Jakarta Noda kunyit pada wadah plastik bisa menjadi masalah yang membandel dan sulit diatasi, terutama jika dibiarkan terlalu lama. Namun, tidak perlu khawatir, karena hanya dengan menggunakan dua bahan sederhana, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan mudah.

Trik-trik ini tidak hanya efektif tetapi juga ramah lingkungan, menghindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak wadah plastik atau menimbulkan risiko kesehatan. Salah satu bahan yang sering digunakan untuk mengatasi noda kunyit adalah baking soda. Baking soda dikenal dengan kemampuannya mengangkat noda dan bau, serta bersifat abrasif ringan yang dapat menghilangkan sisa-sisa kunyit tanpa merusak permukaan plastik.

Kombinasikan baking soda dengan cuka putih untuk hasil yang lebih maksimal. Cuka putih memiliki sifat asam yang membantu melarutkan noda dan menghilangkan kekuningan yang membandel pada wadah plastik. Metode lainnya melibatkan penggunaan lemon dan garam, di mana lemon memberikan efek pemutihan alami sementara garam bertindak sebagai abrasif untuk menggosok noda. Dengan mengikuti trik-trik ini, Anda bisa mengembalikan kebersihan wadah plastik Anda dengan cepat dan efisien.

Cukup dengan dua bahan yang mudah didapat, noda kunyit yang bandel dapat diatasi tanpa perlu repot atau mengeluarkan biaya tambahan, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum'at (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Menggunakan Cuka Putih

Menurut akun TikTok @myversionofzen dalam video yang diunggah pada Jumat (30/9), langkah pertama adalah memasukkan cuka putih ke dalam mangkuk plastik untuk menutupi seluruh area yang terkena noda kunyit, karena cuka putih memiliki kemampuan untuk memecah noda kuning yang membandel.

3 dari 6 halaman

2. Campurkan dengan Air Panas

Setelah menuangkan cuka putih, biarkan campuran ini beristirahat selama satu hingga dua jam setelah ditambahkan air panas ke dalam mangkuk plastik. Hal ini akan memberikan waktu yang cukup bagi cuka dan air panas untuk bekerja menghilangkan noda kunyit.

4 dari 6 halaman

3. Tambahkan Baking Soda dan Buang Air.

Setelah proses perendaman selesai, buang air dan cuka dari mangkuk plastik tanpa perlu membilasnya. Kemudian, taburkan baking soda di seluruh permukaan yang terkena noda kunyit. Fungsi baking soda adalah sebagai abrasif ringan yang membantu mengangkat noda.

5 dari 6 halaman

4. Menggunakan Spons Cuci.

Anda dapat menggunakan spons cuci piring untuk menggosok area yang terkena noda kunyit agar lebih efektif dalam mengangkat noda tersebut dengan bantuan baking soda.

6 dari 6 halaman

5. Gunakan Sabun Cuci Piring.

Setelah itu, bersihkan mangkuk plastik dengan menggunakan sabun cuci piring seperti yang biasa digunakan. Pastikan bahwa tidak ada lagi sisa baking soda dan cuka yang tertinggal di permukaan mangkuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.