Sukses

6 Tips Simpan Kemangi Sehat dan Tahan Lama Tanpa Memasukkannya ke Kulkas

Agar daun kemangi tetap segar selama 5 hari, ada cara mudah untuk menyimpannya tanpa menggunakan kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Daun kemangi, dengan aroma lembut dan khasnya, telah lama menjadi bahan favorit dalam berbagai masakan tradisional dan modern. Keberadaannya sering kali menjadi penambah rasa yang mampu menggugah selera makan. Namun, tantangan utama dalam menggunakan daun kemangi adalah kemampuannya untuk cepat layu dan kehilangan aroma jika tidak disimpan dengan benar.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara penyimpanan yang efektif agar daun kemangi tetap segar dan mempertahankan cita rasanya. Untuk membantu menjaga kesegaran daun kemangi lebih lama, Edy Rahmat, seorang YouTuber yang sering membagikan tips dapur, mengungkapkan metode penyimpanan yang praktis dan alami. Dalam video yang diunggah di saluran YouTube-nya, Edy menunjukkan cara menyimpan daun kemangi tanpa menggunakan kulkas, dan metode ini diklaim dapat membuat daun kemangi tetap segar hingga lima hari.

Dalam ulasan kali ini, mari membahas langkah-langkah yang direkomendasikan oleh Edy Rahmat untuk memastikan daun kemangi tetap hijau dan segar, serta bagaimana cara yang tepat untuk menyimpannya. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com pada Selasa (13/8/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pilih dan Bersihkan Daun Kemangi

Langkah pertama adalah memetik daun kemangi yang berada di bagian bawah batang. Pastikan untuk membuang daun yang sudah kuning dan memeriksa adanya hama yang menempel. Hal ini penting agar hanya daun kemangi yang segar dan sehat yang akan disimpan.

3 dari 6 halaman

2. Ikat Batang Daun Kemangi

Cara berikutnya, setelah daun kemangi dipilih, ikat batangnya menggunakan tali atau karet. Pengikatan batang daun kemangi ini diketahui bertujuan untuk memudahkan proses penyimpanan dan menjaga agar daun tetap terorganisir. 

4 dari 6 halaman

3. Siapkan Air untuk Perendaman

Persiapkan setengah gelas air dan masukkan daun kemangi yang sudah diikat ke dalam gelas tersebut, pastikan agar batang daun kemangi terendam sepenuhnya dalam air. Hal ini akan membantu menjaga agar daun kemangi tetap lembap dan segar.

5 dari 6 halaman

4. Bungkus dengan Plastik

Kemudian, lindungi daun kemangi dengan membungkusnya menggunakan plastik transparan. Pastikan plastik membungkus daun dengan rapat agar udara tidak masuk. Gunakan karet gelang untuk mengikat bagian bawah gelas agar kedap udara.

6 dari 6 halaman

5. Simpan dan Periksa Kesehatan Daun

Simpan daun kemangi dalam suhu ruang. Setelah lima hari, buka plastik dan periksa kondisi daun kemangi. Menurut Edy Rahmat, "Saya ingin membagikan cara mengawetkan kemangi tanpa menggunakan lemari es, tapi kemangi tersebut tetap segar hingga 5 hari. Cara ini pun sudah sering saya praktikkan." Daun kemangi seharusnya masih tampak segar, hijau, dan tidak ada yang layu. 

Menambahkan tips dari sumber lain yang dihimpun Liputan6.com, agar penyimpanan maksimal, sebaiknya jangan simpan kemangi bersamaan dengan sayuran lain yang menghasilkan gas etilen, seperti tomat atau pisang. Gas ini dapat mempercepat pembusukan daun kemangi. Simpan kemangi terpisah untuk memperpanjang umur simpan.

 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.