Sukses

Resep Puding Gula Merah Santan, Lembut, Manis, dan Gurih

Resep puding gula merah menggabungkan manisnya gula merah dengan kelembutan santan, menciptakan harmoni rasa yang sulit dilupakan.

Liputan6.com, Jakarta Puding gula merah adalah hidangan penutup dengan cita rasa tradisional Indonesia yang sempurna untuk mengakhiri sesi makan. Resep puding gula merah menggabungkan manisnya gula merah dengan kelembutan santan, menciptakan harmoni rasa yang sulit dilupakan. Keunikan puding gula merah terletak pada penggunaan bahan-bahan yang sederhana namun menghasilkan rasa yang begitu khas dan autentik.

Salah satu keistimewaan dari resep puding gula merah keseimbangan rasa manis dan gurihnya. Dengan takaran yang seimbang, gula merah dan santan menghasilkan cantik dan harmonis dalam rasa. Untuk mempercantik penampilannya, gunakan agar-agar bubuk warna cokelat. Agar-agar bubuk warna cokelat akan membuat tampilan warna puding makin pekat dan menggugah selera.

Resep puding gula merah sangat cocok untuk disajikan sebagai penutup dalam berbagai kesempatan, dari acara keluarga hingga pertemuan khusus. Berikut resep puding gula merah yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Resep Puding Santan Gula Merah

  • 1 bungkus (7 gram) agar-agar bubuk cokelat
  • 150 ml santan
  • 700 ml air
  • 150 gram gula merah, sisir halus
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun pandan, simpulkan
3 dari 3 halaman

Cara Membuat Resep Puding Santan Gula Merah

  1. Dalam panci besar, campurkan agar-agar bubuk cokelat, santan, air, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  2. Masak campuran bahan tersebut dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Pastikan agar-agar larut sepenuhnya dan gula merah serta gula pasir larut dengan baik.
  3. Setelah mendidih, angkat panci dari kompor dan tuang adonan ke dalam loyang besar yang telah disiapkan. Biarkan adonan dingin dan mengeras pada suhu ruangan.
  4. Setelah puding agak set, simpan dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau hingga puding benar-benar dingin dan mengeras.
  5. Setelah puding dingin dan mengeras, potong sesuai selera dan sajikan sebagai hidangan penutup yang menyegarkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.