Sukses

8 Tips Menghadapi Rasa Sakit Usai Putus dari Pasangan, Enggan Patah Hati Berlarut

Meskipun patah hati terasa sangat menyakitkan, namun tips ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang kamu alami.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun hubungan asmara sering kali berakhir dengan patah hati, siapa pun ingin hubungan tersebut membawa kebahagiaan yang tak terbatas. Namun, takdir memisahkan hubungan tersebut.

Patah hati adalah pengalaman emosional yang berat. Meskipun demikian, patah hati bisa sembuh dengan waktu dan usaha.  Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa strategi yang dapat membantu meringankan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi patah hati dan melanjutkan hidup dengan lebih baik. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (25/9/24):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Silahkan untuk Bersedih, Namun Ketahui Batasnya

Mulailah dengan membiarkan dirimu merasakan emosi yang muncul. Jangan menekan perasaan atau berpura-pura bahwa semuanya baik-baik saja. Merasa sedih, marah, atau kecewa adalah bagian normal dari proses penyembuhan.

Izinkan dirimu untuk merasakan emosi tersebut dan berikan waktu untuk dirimu sendiri. Nikmati waktu untuk bersedih, namun ingatlah untuk mengetahui batasnya.

3 dari 10 halaman

2. Cari Dukungan dari Teman dan Keluarga

Berbicara dengan teman dan keluarga yang dipercaya bisa sangat membantu. Mereka mungkin akan memberikan dukungan emosional, mendengarkan keluh kesahmu, dan memberikan perspektif yang berbeda.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dan berbagi perasaanmu dengan orang-orang terdekat. Salah satu cara terbaik untuk melepaskan sakit hati dan beban di dada, adalah dengan bercerita ke orang lain atau bila perlu ahlinya. 

4 dari 10 halaman

3. Hindari Membuat Keputusan Besar

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi patah hati sendiri, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. Terapis atau konselor akan memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan untuk membantumu melalui masa sulit ini. Langkah ini akan membantumu sembuh dari patah hati setelah putus cinta.

5 dari 10 halaman

Jangan lupa, proses penyembuhan membutuhkan waktu.

Jangan terburu-buru dalam proses penyembuhan, berikan waktu yang cukup untuk pulih. Setiap orang memiliki waktu penyembuhan yang berbeda, jadi biarkan waktu mengalir dan ikuti alirannya. Ini akan membantu kamu merasa lebih tenang meskipun perasaanmu sedang meradang. Mengatasi patah hati membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Dengan mengikuti tips di atas, kamu akan sembuh dari luka patah hati itu. Bersabarlah dan tetap tegar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

6 dari 10 halaman

4. Jauhkan Diri dari Mantan

Meskipun mungkin sulit, menjauhkan diri dari mantan adalah langkah penting untuk penyembuhan. Hindari kontak langsung, berhenti mengikuti media sosial mereka, dan hapus nomor telepon mereka jika perlu.

Ini akan membantumu menghindari godaan untuk terus-menerus memikirkan mereka dan memberi ruang bagi dirimu untuk sembuh. Pastikan pula untuk tidak mencari tahu kabar terbaru mantan. Hal ini hanya akan semakin sulit melepaskannya dan memungkinkanmu patah hati secara berlebihan.

7 dari 10 halaman

5. Fokuslah pada Diri Sendiri

Gunakan waktumu setelaha putus cinta untuk fokus pada diri sendiri dan kebutuhanmu. Lakukan kegiatan yang membuatmu bahagia, seperti menekuni hobi, berolahraga, atau mencoba hal-hal baru. Merawat diri sendiri secara fisik dan emosional akan membantumu merasa lebih baik dan lebih kuat.

8 dari 10 halaman

6. Pertimbangkan untuk Mendapat Bantuan Profesional

Jika kamu merasa kesulitan untuk mengatasi patah hati sendiri, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. Terapis atau konselor akan memberikan panduan dan dukungan yang diperlukan untuk membantumu melalui masa sulit ini. Langkah ini akan mempermudahmu sembuh dari patah hati setelah putus cinta.

9 dari 10 halaman

7. Ingat, Penyembuhan Butuh Waktu

Penyembuhan tidak terjadi dalam semalam. Berikan waktu bagi dirim untuk pulih dan jangan terburu-buru untuk merasa baik-baik saja. Setiap orang memiliki waktu penyembuhan yang berbeda, dan itu adalah hal yang normal. Biarkan waktu mengalir dan ikuti alirannya, ini akan membantumu lebih tenang meskipun sebenarnya perasaanmu meradang. 

10 dari 10 halaman

8. Tetapkan Tujuan Baru

Mengalihkan fokusmu pada pencapaian tujuan baru dapat membantu membangkitkan semangat dan motivasi. Baik itu tujuan dalam karier, pendidikan, atau pengembangan diri, memiliki sasaran yang jelas memberimu rasa arah dan membantumu bergerak maju. Ini juga memberimu kesempatan untuk menemukan kebahagiaan baru.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.