Sukses

5 Tips Menciptakan Banyak Momen Tak Terlupakan Saat Liburan Bersama Anak

Perjalanan keluar rumah untuk jalan-jalan merupakan waktu yang sangat dinantikan oleh banyak keluarga,

Liputan6.com, Jakarta Banyak keluarga, terutama anak-anak kecil, sangat menantikan perjalanan keluar rumah. Ini adalah kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama dan mempererat hubungan antara orangtua dan anak-anak mereka.

Selain itu, berkegiatan di luar rumah juga memberikan manfaat bagi perkembangan anak, seperti memperluas pemahaman mereka tentang dunia, merangsang rasa ingin tahu, serta mengembangkan keterampilan motorik, sosial, dan kognitif. Untuk itulah penting mengetahui bagaimana menciptakan momen seru bersama keluarga agar memiliki dampak positi yang maksimal.

Artikel ini akan membahas tips saat jalan-jalan bersama balita, rekomendasi kegiatan, dan hal yang harus dihindari sebagaimana dilansir Liputan6.com dari Pathways, Today.com, Medium,Take Them Outside, fimela, dan sumber lainnya pada Sabtu (10/8/2024). Yuk simak penjelasannya!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pastikan untuk selalu mengawasi.

Tips pertama, orangtua harus selalu mengawasi anak. Hal ini sangat penting untuk memastikan keamanan bermain di luar ruangan jika anak-anak bermain di sekitar air. Jika anak-anak bermain di bangunan seperti taman bermain, tunjukkan kepada mereka cara menggunakan peralatan tersebut dengan aman sebelum mereka bermain.

3 dari 6 halaman

2. Bawalah mainan dalam ruangan favoritnya ke luar ruangan

Cukup banyak anak yang memiliki mainan favoritnya. Orangtua jangan sampai lupa untuk membawanya. Mainan tersebut bisa menjadi penolong jika buah hati tantrum karena beberapa kondisi. Selain itu, Menghadirkan mainan favorit dari dalam rumah ke luar ruangan dapat membuat pengalaman bermain lebih menyenangkan. 

4 dari 6 halaman

3. Pastikan anak-anak tetap terdehidrasi

Saat jalan-jalan perhatikan jumlah hidrasi pada anak. Berlari di siang hari yang terik dapat membuat tubuh cepat lelah. Jadi Anda harus pastikan anak-anak beristirahat pada hari-hari hangat dan minum banyak air.

5 dari 6 halaman

4. Ikuti Minat Mereka

Faktanya, 'menyeret' mereka keluar untuk melakukan aktivitas yang tidak mereka sukai biasanya berdampak negatif dan membuat mereka enggan keluar rumah. Orangtua bisa menelusuri bakat buah hati terlebih dahulu, atau bertanya kepada mereka tempat apa yang ingin dikunjungi. 

6 dari 6 halaman

5. Jangan lupa gunakan sunscreen

Meskipun sinar matahari memberikan banyak manfaat, seperti memberikan vitamin D, tetapi paparan berlebihan dapat meningkatkan risiko terbakar matahari, penuaan dini, dan bahkan kanker kulit. Oleh karena itu, orangtua harus mengambil langkah-langkah perlindungan, seperti menggunakan tabir surya dengan SPF yang cukup tinggi, mengenakan topi dan pakaian pelindung, serta memilih waktu bermain di luar ruangan saat sinar matahari tidak terlalu intens, seperti pagi hari atau sore hari.  

Rekomendasi Kegiatan Outdoor untuk Pertumbuhan Balita: 

1. Bersepeda

2. Bermain di pasir

3. Jalan-jalan di alam

4. Mengunjungi pertenakan

5. Menjelajahi perkotaan dan menelusuri museum

Hal yang Harus Dihindari Saat Membawa Balita Jalan-Jalan:

1. Hindari menyentuh tanaman/barang asing atau mencicipi apa pun

2. Hindari keluar rumah saat cuaca ekstrim

3. Hindari area ramai dengan orang asing

4. Hindari tempat dengan fasilitas yang tidak memadai atau rusak

5. Hindari lokasi berasap rokok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.