Sukses

Masjid di Jogja Ini Beri Layanan Antar Jemput Jemaah Lansia, Penuh Inspirasi

Masjid Jogokariyan Yogyakarta beri layanan antar jemput jemaah lansia pakai kendaraan listrik.

Liputan6.com, Jakarta Lagu 'Risalah Hati' milik Dewa19 yang dinyanyikan oleh Yura Yunita tengah populer dijadikan backsound oleh pengguna di media sosial. Tak sedikit warganet yang menggunakan kata-kata 'aku bisa Yura' dalam keterangan videonya.

Salah satunya juga dipakai oleh pengelola Masjid Jogokariyan Yogyakarta yang diunggah melalui laman Instagram @masjidjogokariyan pada Jumat (9/8/2024). Dalam unggahannya, memperlihatkan para lansia yang semangat ke masjid.

Hal itu tentu menjadi penyemangat untuk anak-anak muda agar tidak boleh kalah dengan yang sudah lanjut usia. Dalam keterangan Instagram, lansia yang pergi ke masjid merasa sedih karena kondisi badan sudah tidak kuat untuk berjalan kaki dari rumah ke masjid.

Pihak masjid pun tampak memberikan solusi dengan menyediakan kendaraan berjenis buggy car. Mereka menyediakan kendaraan tersebut agar bisa ditumpangi oleh para lansia yang ke masjid.

"Beberapa Lansia kami sedih, sebab kondisi badan jadi ndak kuat jalan kaki lagi dari rumah ke masjid," tulis keterangan Instagram @masjidjogokariyan, dikutip Liputan6.com pada Sabtu (10/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inovasi yang inspiratif

Solusi dari pihak masjid yang menyediakan buggy car untuk para lansia membuat mereka senang dan bisa tersenyum bahagia. Mereka bisa tetap ke masjid untuk shalat jemaah, ikut kajian hingga silaturahmi dengan sesama jemaah.

Menurut keterangan video, penyediaan kendaraan tersebut merupakan layanan masjid Jogokariyan yaitu antar jemput jemaah lansia. Layanan tersebut diadakan karena mereka tersentuh dengan keinginan para lansia untuk tetap ke masjid.

"Alhamdulillah, karena tersentuh oleh keinginan kuat beliau-beliau untuk tetap ke masjid, Masjid Jogokariyan memutuskan untuk memberi layanan antar jemput shalat jamaah untuk lansia," tulisnya.

 

3 dari 4 halaman

Digunakan untuk antar jemput jemaah lansia

Dikatakan dalam keterangan, kendaraan listrik tersebut harganya terjangkau, sehingga pihak masjid bisa langsung beli dan digunakan untuk antar jemput para lansia. Pihak masjid pun meminta doa agar ikhtiar kecil ini diridhai Allah ya.

Juga untuk memberikan kesadaran kepada anak-anak muda agar diberi hidayah kemauan untuk salat jemaah di masjid. Karena yang lansia saja masih bersemangat pergi ke masjid. Istikamah dengan berjamaah sampai kita lansia bahkan sampai akhir hayat.

 

4 dari 4 halaman

Komentar warganet

Meihat unggahan penuh inspiratif tersebut, warganet pun ikut memberikan tanggapannya dalam berbagai komentar.

"Masyaallah hebat bangeet inovasinya selalu aja memanusiakan jamaah. Keren," tulis warganet.

"Alhamdulillah ya allah, pernah lihat pak bandi sama bu bandi jalan dari masjid dan harus transit dulu karena mungkin sudah lelah, duduk di pertigaan belakang rumah putih 😇, dan skrng suudah ada bantuan, masyaAllah," tulis warganet.

"Yang muda, masih sehat malah terkadang susah untuk menggerakkan kakinya ke masjid," tulis warganet lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.