Sukses

6 Potret Kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN, Pertama dalam Sejarah

Prosesi kirab Duplikat Bendera Merah Putih dan Naskah Teks Proklamasi diarak dari kawasan Monas menuju Bandara Halim Perdanakusuma dan diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Liputan6.com, Jakarta Perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI akan dirayakan dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. Upacara bendera akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Momen tersebut juga menjadi pertama kalinya dalam sejarah.

Bendera merah putih dan teks proklamasi menjalani prosesi kirab dari Monumen Nasional (Monas) Jakarta menuju Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (10/8/2024). Momen ini juga mencatat sejarah, sebab kali pertamanya duplikat bendera pusaka dan teks proklamasi dibawa keluar Jakarta menuju IKN.

Hal itu juga diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam unggahan Instagram. Dalam keterangan foto, dijelaskan bahwa kirab ini adalah bagian dari peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

Berbagai elemen masyarakat terlibat, termasuk 180 Abang-None Jakarta, 122 Purna Paskibraka DKI Jakarta, serta siswa IPDN, politeknik, dan pamong praja. Kesenian dan kearifan lokal turut memeriahkan kirab ini, menghadirkan nuansa budaya yang kental sepanjang perjalanan.

Estimasi perjalanan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke IKN yaitu 1 jam 15 menit dengan jarak tempuh kira-kira 14 kilometer. Berikut ini potret kirab Bendera Merah Putih dari Monas ke IKN, yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (10/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kirab duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi dimulai dari Monas dan berakhir di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta. Kemudian diterbangkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

3 dari 7 halaman

2. Bendera merah putih dan teks proklamasi dibawa menggunakan kendaraan taktis.

4 dari 7 halaman

3. Bendera pusaka dibawa dengan menggunakan baki oleh Kachina Ozora dari Provinsi Kalimantan Tengah. Dan, teks proklamasi dibawa Keyla Azzahra Purnama dari Provinsi Sumatera Selatan.

5 dari 7 halaman

4. Setibanya di Halim, bendera merah putih serta teks proklamasi akan diterbangkan ke IKN dengan pesawat boeing milik TNI AU.

6 dari 7 halaman

5. Nantinya, setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan Kalimantan Timur, bendera dan teks proklamasi akan dibawa ke Istana Negara di IKN.

7 dari 7 halaman

6. Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 nanti akan dilakukan di dua lokasi, IKN dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.