Sukses

Temukan Keindahan Ekowisata Turki di Musim Panas yang Memesona

Dikenal sebagai taman bunga di Türkiye, Isparta telah menjelma menjadi destinasi ekowisata yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Dikenal sebagai taman bunga di Turki, Isparta telah menjelma menjadi destinasi ekowisata yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Pengunjung berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan taman mawar dan hamparan ladang lavender ungu yang memukau di kawasan ini.

Aroma manis bunga dan keajaiban alam yang menakjubkan menjadikan Isparta sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Selain itu, provinsi ini menawarkan beragam aktivitas olahraga, masakan mewah, dan taman-taman yang indah. Isparta juga terletak di perbatasan Distrik Danau Turki yang terkenal, yang masuk dalam daftar 50 Tempat Terbaik untuk Berwisata di 2023.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (23/8/2024), menjadi pusat produksi mawar di Turki, Isparta memiliki kapasitas untuk menghasilkan 65% minyak mawar dunia. Produk makanan lezat seperti manisan dan selai mawar juga diproduksi dari mawar-mawar di daerah ini dengan proses modern. Berbagai produk kosmetik seperti air mawar, minyak mawar, parfum, dan krim mawar juga dihasilkan di sini. Panen mawar tahunan yang berlangsung pada akhir Mei dan Juni dirayakan dengan meriah oleh warga dan pengunjung.

Tidak hanya terkenal dengan mawar, Isparta kini juga dikenal dengan produksi lavendernya. Kebun lavender di desa Kuyucak, distrik Keçiborlu, Isparta, menyumbang 90% dari produksi lavender di Turki. Setelah dipanen, lavender diolah menjadi berbagai produk seperti krim, sabun, minyak, parfum, dan lainnya. Panen lavender dimulai dari akhir Juli hingga pertengahan Agustus, setelah panen mawar selesai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bintang yang bersinar terang di cakrawala perdanauan

Pesona Isparta tidak hanya terbatas pada taman mawar dan lavender yang melimpah, tetapi juga meliputi sebagian besar Kawasan Danau, sebuah area di Basin Mediterania yang memiliki beberapa danau. Selama perjalanan Anda ke Isparta, Anda dapat mengunjungi Eğirdir, danau terbesar di wilayah ini, dan Kovada, yang terletak di taman nasional.

Di distrik Eğirdir, kota “CittaSlow” Eğirdir yang berada di tepi Danau Eğirdir, merupakan keajaiban alam indah yang dikelilingi oleh kebun apel terkenal di distrik tersebut. Anda dapat berjalan kaki atau bersepeda mengelilingi danau, menikmati wisata perahu, dan menyantap ikan segar di restoran tepi danau. Ada dua pulau di Danau Eğirdir: Pulau Can yang relatif sepi yang sering digunakan untuk berkemah dan piknik.

Pulau Yeşil yang memiliki desa dengan rumah-rumah kayu dan jalan-jalan sempit, terkenal dengan Gereja Aya Stefanos, yang merupakan situs Kristen terkemuka. Selain Danau Eğirdir, distrik ini juga memiliki Kastil Eğirdir, yang berasal dari zaman Romawi Timur, dan Masjid Hızırbey yang berusia 800 tahun. Kovada menawarkan pemandangan indah dengan flora dan faunanya yang unik, dan taman nasional di sekitar danau yang merupakan destinasi favorit untuk fotografi alam, observasi satwa liar, penggemar hiking, dan berkemah.

3 dari 3 halaman

2. Petualangan trekking di tengah sejarah dan alam

Di kawasan Danau ini, terdapat beberapa kota kuno yang bisa Anda kunjungi melalui jalur pendakian yang seru dan menyenangkan. Jalur Saint Paul dan Pisidia melintasi situs-situs arkeologi di provinsi Isparta. Jalur Saint Paul, salah satu rute pendakian terpanjang di Turki, dimulai dari Perge di Antalya dan melewati Canyon Yazılı di desa Çandır, Isparta.

Canyon Yazılı adalah gudang oksigen dengan nilai sejarah yang tinggi, berkat kuil dan prasasti batunya. Panjat tebing di Canyon Yazılı sangat populer, begitu pula dengan arung jeram di Sungai Göksu. Jalur Saint Paul juga melewati kota kuno Adada serta distrik Eğirdir dan Yalvaç, dan berakhir di kota kuno Pisidia Antiocheia.

Setelah mengunjungi situs-situs suci seperti Kuil Trajan dan Kaisar-kaisar serta Kuil Zeus Megistos-Serapis di Adada, Anda bisa melihat struktur bangunan mengesankan seperti Kuil Augustus, Pemandian Romawi, dan Air Mancur Monumental di Pisidia Antiocheia, yang terletak dekat kota Yalvaç, anggota jaringan CittaSlow.

Antiocheia, tempat Santo Paulus menyampaikan khotbah pertamanya, juga terkenal dengan gereja yang didedikasikan untuk santo tersebut. Temuan dari kota kuno ini dipamerkan di Museum Yalvaç. Selain itu, saat berada di Yalvaç, Anda bisa mencicipi hidangan tradisional lokal seperti Yalvaç hamursuzu, yang terbuat dari mentega, tahini, dan kentang tumbuk, serta Yalvaç güllacı, yang diolah dengan sejenis keju tertentu.

Jalur pendakian Pisidia yang menarik lainnya menawarkan kesempatan untuk mengunjungi kota-kota kuno Adada dan Antiocheia di Isparta serta kota-kota sekitarnya. Beberapa situs paling mencolok di rute ini termasuk Kota Kuno Sagalassos. Di distrik Ağlaun Burdur, Sagalassos memiliki Air Mancur Antonine yang berusia 1.800 tahun. Ngarai Köprülü di Antalya juga patut dikunjungi, begitu pula Selge yang berada dalam perbatasan Taman Nasional dan Termessos, salah satu kota kuno yang paling terpelihara di Turki.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.