Sukses

3 Trik Memasak Telur Agar Minyak Goreng Tidak Berbusa, Mudah Dipraktikkan

Anda dapat mengatasi busa pada minyak goreng dengan mudah menggunakan tips tepung terigu dari TikTok.

Liputan6.com, Jakarta Minyak goreng yang berbusa saat digunakan memang bisa menjadi masalah yang sering dihadapi di dapur, terutama bagi mereka yang gemar menggoreng makanan. Busa pada minyak ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kontaminasi minyak, api yang terlalu besar atau terlalu kecil, penggunaan minyak yang berulang kali, atau kualitas minyak yang kurang baik. Bahkan, kadang minyak langsung berbusa saat pertama kali digunakan, misalnya ketika menggoreng telur.

Ketika menggoreng telur, busa pada minyak sering muncul karena kandungan dalam telur itu sendiri. Busa ini bisa mengganggu proses memasak karena menutupi permukaan telur yang digoreng, sehingga sulit untuk mendapatkan hasil gorengan yang sempurna.

Mengatasi busa ini sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk meminimalkan busa dan membuat proses memasak lebih efektif. Berikut adalah beberapa cara yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (20/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tambahkan tepung terigu atau tepung kanji

Salah satu trik yang banyak beredar di media sosial adalah dengan menambahkan tepung terigu atau tepung kanji ke dalam telur sebelum digoreng. Pengguna TikTok dengan akun @jsx_official membagikan tips ini setelah menghadapi masalah serupa.

Dalam video yang diunggahnya, dia menunjukkan cara menambahkan sedikit tepung terigu ke dalam telur yang akan digoreng, kemudian mengocoknya hingga merata. "Cukup efektif, tidak terlalu banyak busa," ujar @jsx_official dalam video yang telah ditonton jutaan kali pada Senin (10/10).

3 dari 4 halaman

2. Gunakan minyak tambahan

Selain menambahkan tepung, kamu juga bisa mencoba menambahkan sedikit minyak ke dalam kocokan telur. Langkah ini akan membantu mengurangi jumlah busa yang terbentuk saat proses menggoreng, sehingga hasilnya lebih sempurna.

4 dari 4 halaman

3. Atur ukuran api

Saat menggoreng telur, penting untuk menggunakan api sedang. Jika api terlalu besar atau terlalu kecil, minyak bisa menghasilkan lebih banyak busa. Dengan mengatur suhu dengan tepat, Anda bisa mengurangi pembentukan busa secara signifikan.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini