Sukses

8 Pohon Terunik di Dunia, Ada yang Disebut Bisa Jalan Pakai Akar

Pohon teraneh dari seluruh dunia yang jarang ditemukan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak fakta mengenai makhluk hidup di dunia ini yang menarik untuk dikulik. Salah satunya tentang pepohonan. Beberapa mungkin menganggap hidup pohon sangat membosankan. Mereka hanya berdiam diri, menumbuhkan dedaunan, ranting dan sesekali menghasilkan buah.

Meski rata-rata pohon yang tumbuh di taman setempat menarik perhatian banyak orang, namun ada beberapa pohon unik di dunia yang lebih bikin terkejut setelah mengetahui faktanya.

Beberapa tumbuh menjadi bentuk yang aneh, yang lain memiliki warna yang aneh, dan ada pula yang kemungkinan bisa membunuh hanya karena berada di dekatnya. Semua itu tumbuh di suatu tempat di dunia dan bahkan hampir langka.

Seperti kayu putih pelangi, pohon ini dibalut dengan warna-warna cerah dari akar hingga puncak pohon. Sedangkan manchineel, secara alami setiap bagian pohon itu beracun. Bahkan getahnya sangat mengiritasi kulit. Dilansir Liputan6.com dari Oddee, berikut pohon unik yang ditemukan di seluruh dunia, Rabu (14/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Pohon Darah Naga

Pohon Darah Naga, juga disebut Pohon Naga, adalah salah satu pemandangan paling terkenal di Kepulauan Canary. Pohon-pohon yang tampak funky ini memiliki bentuk khas seperti payung ketika sudah dewasa.

Namun, ciri yang paling aneh adalah mereka 'berdarah'. Saat ditebang, pohon naga mengeluarkan resin merah, yang secara historis telah digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari pewarna hingga salep wasir.

Resin inilah yang memberi nama pada pohon itu. Selain itu, mitos lokal menceritakan bahwa pohon itu tumbuh di tempat darah naga purba terciprat saat melawan gajah.

3 dari 9 halaman

2. Kayu Putih Pelangi

Pada sebagian besar pohon, percikan warna selain coklat atau hijau berasal dari bunga dan/atau buahnya. Namun kayu putih pelangi dibalut dengan warna-warna cerah dari akar hingga puncak pohon.

Pohon Filipina ini memiliki kulit kayu yang tebal dan berlapis-lapis. Setiap lapisan mengembangkan warna yang berbeda, yang terlihat saat pohon secara bertahap melepaskan kulitnya sepanjang tahun.

Akibatnya, batang kayu putih pelangi memiliki bercak-bercak warna cerah yang bervariasi. Anda dapat melihat bagian hijau, kuning, merah, oranye, ungu, dan bahkan biru pada pohon.

4 dari 9 halaman

3. Baobab Raksasa

Baobab raksasa sangat menyenangkan untuk dilihat. Mereka menumbuhkan batang yang sangat tebal dan berkulit halus yang tampaknya dapat menopang cabang paling subur dan paling luas yang pernah Anda lihat.

Namun, pohon baobab tersebut hanya ditumbuhi beberapa cabang yang aneh dan berbonggol-bonggol. Kadang-kadang mereka dijuluki "pohon terbalik" karena puncak pohonnya terlihat seperti sistem akar.

5 dari 9 halaman

4. Telapak Tangan Berjalan

Berbicara tentang sistem akar, pohon palem di Amerika Tengah dan Selatan merupakan salah satu yang paling aneh. Pohon itu menumbuhkan akar-akar panggung yang sangat tinggi yang menopang batangnya beberapa meter di udara.

Akar ini aneh karena tidak ada yang tahu mengapa pohon itu memilikinya. Ia tidak tumbuh di lahan basah yang mengharuskannya berada di atas permukaan air, itulah sebabnya sebagian besar pohon memiliki akar panggung.

Salah satu teori menyatakan bahwa pohon ini dapat menggunakan akarnya untuk "berjalan" melintasi hutan, menumbuhkan akar baru di satu sisi dan melepaskannya di sisi lain. Meski menakjubkan, tidak ada bukti faktual bahwa satu pohon palem pernah berjalan di mana pun.

6 dari 9 halaman

5. Pinus Wollemi

Pinus Wollemi adalah pohon yang terkenal karena dua alasan. Pertama, ini adalah salah satu tanaman paling langka di dunia, dengan hanya sekitar 60 pohon yang tumbuh di Blue Mountains Australia.

Pohon ini sangat terancam punah sehingga lokasi pasti setiap pohon pinus menjadi rahasia yang dijaga ketat. Kerahasiaan ini membawa kita pada alasan kedua mengapa pohon pinus Wollemi agak aneh.

Mereka sangat tua sebagai suatu spesies. Faktanya, meski belum terbukti secara meyakinkan, ada kemungkinan dinosaurus pernah berjalan di bawah naungan pohon pinus Wollemi.

7 dari 9 halaman

6. Manchineel

Manchineel yang tumbuh di Karibia menjadi ancaman bagi manusia karena setiap bagian pohon itu beracun. Secara alami, memakan buah manchineel bisa berakibat fatal, namun tidak berhenti sampai di situ.

Anda bahkan tidak boleh menyentuh pohonnya, karena getahnya sangat mengiritasi kulit. Saking kuatnya sehingga Anda tidak bisa berlindung di bawah manchineel karena getahnya membuat air yang menetes ke tubuh Anda menjadi beracun.

Jadi mengapa tidak membakar pohon itu saja? Bisa saja, tapi asap yang dihasilkan bisa merusak mata dan paru-paru Anda. Manchineel tidak mengenal siapa pun - kecuali iguana berduri hitam yang entah kenapa kebal terhadap racun mengerikan itu.

8 dari 9 halaman

7. Cochlospermum adjanyae

Sulit melihat hutan dari balik pepohonan. Hal ini juga berlaku jika Anda melihat hutan Cochlospermum adjanyae di Angola. Itu karena Anda tidak akan melihat pohon apa pun karena tumbuh di bawah tanah.

Spesies pohon yang baru ditemukan ini tergolong aneh karena 90% dari sebagian besar pohonnya terkubur di bawah tanah. Hanya ujung dahannya yang mengintip di atas pasir, sesekali bermekaran bunga berwarna kuning.

Anda mungkin berpikir ini bahkan bukan sebuah pohon, tapi ia mempunyai akar, semacam batang, dan cabang. Pohon itu memutuskan untuk tetap berada di bawah tanah untuk membantu menjaga kelembapan di gurun Angola.

9 dari 9 halaman

8. Pohon Kehidupan

Pohon Kehidupan adalah pohon ghaf setinggi sekitar 32 kaki yang tumbuh di Bahrain. Sebenarnya, tidak ada yang aneh dengan hal ini, karena pohon ghaf banyak ditemukan di Timur Tengah. Namun, yang aneh tentang Pohon Kehidupan adalah pohon itu seharusnya tidak ada.

Pohon itu tumbuh di sebuah bukit di daerah gurun Arab yang benar-benar tandus. Untuk menggambarkan betapa anehnya pohon ini, ini adalah satu-satunya pohon yang lebih besar dari semak kecil yang dapat Anda temukan bermil-mil jauhnya.

Tidak ada yang tahu bagaimana Pohon Kehidupan bisa tetap hidup. Akarnya mencapai kedalaman 165 kaki, namun seharusnya tidak cukup dalam untuk mencapai air tanah di wilayah ini.

Meski begitu, pohon itu setidaknya berusia 400 tahun. Karena umurnya yang ajaib, beberapa orang berteori bahwa tanaman ini tumbuh di sisa terakhir Taman Eden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.