Sukses

3 Trik Goreng Bawang Merah Agar Wangi dan Renyah, Topping Favorit Beragam Hidangan

Bawang goreng merupakan topping favorit yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari camilan hingga menu utama.

Liputan6.com, Jakarta Bawang goreng merupakan topping favorit yang sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari camilan hingga menu utama. Meskipun begitu, metode pembuatan bawang goreng bisa bervariasi, dan sering kali menimbulkan perdebatan tentang cara terbaik untuk mencapai hasil yang paling lezat.

Salah satu warganet bernama Cece baru-baru ini melakukan eksperimen menarik untuk mengetahui metode terbaik dalam menggoreng bawang merah. Dalam eksperimennya, Cece menguji tiga cara berbeda untuk menyiapkan bawang merah sebelum digoreng: tanpa dicuci, dicuci dengan air, dan dicuci dengan air cuka. 

Pada Rabu, 28 Desember 2023, Cece memulai eksperimennya dengan menyiapkan 800 gram bawang merah yang sudah dikupas. Bawang merah kemudian diiris tipis menggunakan pisau atau alat parutan khusus.

Setelah itu, Cece membagi bawang merah yang telah diiris menjadi tiga bagian yang berbeda untuk diuji metode persiapannya. Berikut triknya sebagaimana dirangkum Liputan6.com pada Jumat (20/09/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Bawang Merah Tanpa Dicuci

Cece mengambil satu potong bawang merah tanpa mencucinya atau merendamnya terlebih dahulu. Potongan ini langsung digoreng untuk melihat hasil akhirnya.

3 dari 5 halaman

2. Bawang Merah Dicuci dengan Air

Setelah dicuci dengan air biasa, bagian kedua dari bawang merah ditiriskan hingga kering. Diharapkan metode ini akan menghasilkan hasil yang berbeda dibandingkan dengan metode lainnya.

4 dari 5 halaman

3. Bawang Merah Direndam dengan Cuka

Bagian ketiga dari bawang merah direndam dalam larutan air cuka, lalu dicuci dengan air bersih. Teknik ini digunakan untuk mengamati dampak cuka terhadap warna dan rasa bawang goreng.

5 dari 5 halaman

4. Hasil dan Perbandingan

Usai menggoreng ketiga bagian bawang merah itu, Cece mencatat adanya perbedaan yang mencolok. Perbedaan mencolok tersebut terlihat dalam warna, rasa, dan aroma.

Bawang Merah Direndam Cuka

Hasil gorengan dari bawang merah yang direndam cuka cenderung lebih pucat dengan rasa yang lebih ringan. Cece bahkan menyebutkan bahwa rasa bawang goreng ini mirip dengan keripik biasa. 

Bawang Merah Dicuci Air

Bawang goreng yang dicuci dengan air memiliki warna yang lebih gelap dan rasa yang sedikit lebih kuat dibandingkan dengan bawang goreng yang direndam cuka. 

Bawang Merah Tanpa Dicuci

Bawang merah yang tidak dicuci sebelum digoreng menghasilkan warna yang lebih cokelat dan aroma yang lebih kuat. Cece mengungkapkan bahwa bawang goreng tanpa dicuci memiliki rasa dan aroma yang paling memuaskan.

“Renyah banget dan aroma bawangnya kuat, jadi tuh sedep banget yang nggak dicuci itu. Kalau menurut saya renyahnya sama yang dicuci dan nggak dicuci, cuma aroma bawangnya memang lebih kuat yang nggak dicuci,” jelas Cece. 

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.