Sukses

3 Langkah Efektif Menyimpan Ikan Teri di Kulkas Agar Tahan Lama Hingga Enam Bulan

Menurut Wiwit Venny, metode penyimpanan ikan teri di kulkas dapat membuatnya bertahan hingga enam bulan.

Liputan6.com, Jakarta Ikan teri, terutama jenis teri medan atau teri nasi, merupakan bahan makanan yang banyak disukai dalam masakan rumah tangga. Walaupun ukurannya kecil, ikan teri memiliki rasa yang nikmat dan menggugah selera, serta dapat diolah menjadi beragam hidangan lezat seperti teri tumis, teri balado, sambal teri, dan teri krispi. Selain rasanya yang menggoda, ikan teri juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berdasarkan informasi dari WebMD, ikan teri kaya akan asam lemak omega-3, niacin, riboflavin, vitamin B12, dan nutrisi penting lainnya yang berkontribusi pada kesehatan jantung, meningkatkan energi, serta memperbaiki fungsi pencernaan dan kesehatan mata. Agar ikan teri tetap segar dan tahan lama, penting untuk menyimpannya dengan cara yang benar.

Banyak orang memilih untuk menyimpan ikan teri di dalam freezer, namun Wiwit Venny, seorang pengguna YouTube, memberikan tips penyimpanan alternatif. Ia menjelaskan cara menyimpan ikan teri di kulkas yang dapat membuatnya bertahan hingga enam bulan. Dengan mengikuti langkah-langkah mudah yang dibagikan oleh Wiwit, Anda dapat memastikan ikan teri tetap dalam kondisi optimal dan siap untuk diolah kapan saja, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/8/2024)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Persiapan Sebelum Menyimpan

Menurut Wiwit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tidak mencuci ikan teri sebelum penyimpanan. "Ikan teri sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu agar tetap kering dan tidak mudah lembap saat disimpan," jelas Wiwit dalam video di YouTube, yang dikutip oleh BrilioFood pada Kamis (22/12). Sebaiknya, ikan teri dicuci hanya saat akan dimasak. Wiwit juga menyarankan agar ikan teri dijemur di bawah sinar matahari selama sekitar dua hari, dengan suhu yang tidak terlalu panas agar ikan tetap setengah kering.

3 dari 4 halaman

2. Mempersiapkan Kontainer untuk Penyimpanan

Setelah ikan teri dimasukkan ke dalam kontainer dan disimpan di wadah yang tertutup rapat, langkah berikutnya adalah menyimpannya di lemari es. Dengan cara ini, ikan teri akan terjaga dari paparan udara dan kelembapan yang dapat mempercepat kerusakan.

Penyimpanan di lemari es memastikan ikan teri tetap segar dan dapat bertahan hingga berbulan-bulan. Pastikan kontainer yang digunakan benar-benar kedap udara untuk menghindari kontaminasi dan menjaga kualitas ikan teri tetap optimal.

Setelah mengeringkan ikan teri, langkah berikutnya adalah mempersiapkan tempat penyimpanan. Wiwit menyarankan agar menggunakan wadah yang tertutup serta menempatkan alas tisu atau kertas di dasar wadah. Tisu ini berfungsi untuk menyerap kelembapan yang mungkin ada, sehingga ikan teri tetap kering. "Jangan lupa untuk meletakkan tisu di atas ikan teri sebelum menutup wadah," tambah Wiwit.

4 dari 4 halaman

3. Pengelolaan dan Perawatan Penyimpanan

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.